F-117 NIGHTHAWK. PESAWAT SILUMAN PERTAMA DI DUNIA


F-117 NIGHTHAWK. PESAWAT SILUMAN PERTAMA DI DUNIA

MahessaBlog | F-117 Nighthawk adalah pesawat tempur siluman pertama di dunia hasil program pesawat siluman Lockheed Have Blue yang merupakan pesawat tempur pertama yang dirancang khusus menggunakan teknologi siluman.

Dikembangkan dengan kerahasiaan besar, Lockeed's Skunk Works mengembangkan pesawat perang taktis operasional pertama di dunia dengan menggunakan teknologi yang tidak dapat diamati atau berteknologi siluman, untuk mengurangi kerentanan terhadap deteksi radar musuh.

Baca Juga: 9 Pesawat Siluman ini Mirip dengan UFO

F-117 dibangun secara rahasia selama akhir tahun 1970-an dan tidak dipublikasikan hingga tahun 1988. Prototipe pertama F-117 Nighthawk diperkenalkan untuk pertamakalinya pada tahun 1981 dan pada tahun 1983, unit pertama mulai operasional bersama USAF. F-117A secara resmi diakui oleh Pentangon pada tahun 1988 dan pada tahun 1989, F-117 Nighthawk mulai beraksi selama invasi AS ke Panama.

F-117 Nighthawk memberikan kontribusi yang signitifkan pada Operation Desert Storm. 42 unit F-117 Nighthawk terbang dari Arab Saudi dalam misi malam hari melawan target prioritas tinggi di Irak yang tengah menduduki Kuwait. Selain itu F-117 Nighthawk menyerang sasaran di Serbia dalam Operasi Pasukan Sekutu pada tahun 1999. 

Dalam misi di Serbia, F-117 Nighthawk tertembak jatuh oleh pasukan Serbia, yang pada akhirnya reruntuhan pesawat sampai ke Rusia dan Cina. Diperkirakan bahwa pesawat siluman Rusia dan Cina yang dibuat dengan penampang radar yang diperkecil mungkin menggunakan beberapa teknologi dari pesawat tempur siluman pertama di dunia, F-117 Nighthawk yang hancur.

Baca Juga: 10 Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

F-117 NIGHTHAWK. PESAWAT SILUMAN PERTAMA DI DUNIA

Dalam perencanaannya, USAF mendesain F-117 Nighthawk untuk digunakan menyerang pusat-pusat militer, pusat sektor pertahanan udara, jembatan utama dan lapangan udara. F-117 Nighthawk menggunakan sistem navigasi internal yang sangat akurat untuk menempatkan sasaran di posisi yang tepat untuk memulai serangan.

Inframerah yang diarahkan kedepan dan inframerah bawah yang digunakan untuk mendapatkan target. Amunisi dengan pemandu presisi dipandu langsung kesasaran oleh laser boresighted dengan inframerah bawah.

Baca Juga: 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia

F-117 NIGHTHAWK. PESAWAT SILUMAN PERTAMA DI DUNIA

Setelah Perang Teluk, F-117 Nighthawk keluar dari program rahasia ASF dan diintegrasikan ke dalam kemampuan perang dari Komando Tempur Udara. Pada tahun 1990, Lockheed memulai Program Peningkatan Kemampuan Ofensif untuk 57 unit F-117A yang tersisa dari 59 unit pesawat yang diproduksi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas tempur dengan mengurangi beban kerja kokpit. Peningkatan ini menambahkan sistem manajemen penerbangan baru, Instrumentasi kokpit baru dengan tampilan multi-fungsi penuh warna, peta bergerak digital, dan sistem akuisisi dan penunjukkan infra-merah yang dipasang di menara. 

Sistem navigasi internal digantikan dengan sistem gyro laser cincin baru yang kemudian mengintegrasikan GPS. Semua pesawat tempur F-117 Nighthawk telah ditingkatkan pada tahun 1995. F-117 Nighthawk kemudian ditempatkan di pangkalan udara Holloman, New Mexico.

Pesawat siluman pertama di dunia ini pensiun dari Angkatan Udara AS pada tahun 2008, karena adanya pesawat siluman terbaru AS lainnya yaitu F-22 Raptor dan pesawat tempur generasi kelima F-35 Lightning II.   


Editor: Rey Mahessa
Sumber: Military-Today.com

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook