Z-10 - HELIKOPTER TEMPUR CANGGIH CINA TERBARU


Z-10 - HELIKOPTER TEMPUR CANGGIH CINA TERBARU

MahessaBlog | Z-10 adalah helikopter tempur tercanggih Cina terbaru yang perkembanganya dimulai sejak pertengahan tahun 1990-an. Helikopter tempur tercanggih Cina ini dirancang atas bantuan teknis yang besar dari Eurocopter dan Agusta serta dibantu juga oleh biro desain helikopter Kamov, Rusia. 


Prototipe Z-10 melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 2003 dan digunakan oleh tentara Cina sekitar tahun 2009-2010.

Z-10 adalah helikopter tempur tercanggih Cina terbaru yang sangat tangguh. Beberapa sumber mengatakan bahwa Z-10 berada pada kelas yang sama dengan AH-2 Rooivalk dan A-129 Mangusta namun masih dibawah ketangguhan AH-64E Apache Guardian. Misi Z-10 adalah sebagai helikopter tempur tangguh di medan perang dengan kemampuan tempur udara ke udara dan udara ke darat.


Z-10 - HELIKOPTER TEMPUR CANGGIH CINA TERBARU

Helikopter Z-10 memiliki konfigurasi tempur standar dengan badan pesawat yang sempit dan cockpit tandem yang digerakan. Gunner duduk di depan dan pilot duduk dibelakang, Badan pesawat memiliki sisi miring untuk mengurangi pendeteksian radar. Semua area vital diyakini terlindungi oleh pelat baja.


Z-10 dibekali dengan persenjataan yang cukup lengkap. yang terdiri dari meriam 30 mm, rudal anti-tank HJ-8 atau HJ-9 yang sebanding dengan TOW-2A, rudal anti-tank HJ-10 yang sebanding dengan AGM-114 Hellfire dan rudal udara ke udara TY-90. Z-10 juga mampu membawa roket yang tidak dioperasikan.

Z-10 - HELIKOPTER TEMPUR CANGGIH CINA TERBARU
Helikopter tempur tercanggih Cina ini ditenagai oleh dua mesin turboshaft Pratt & Whitney PT6C-67C Kanada yang masing-masing dapat mengembangkan 1.531 shp. 

Helikopter tempur Z-10 juga dilengkapi dengan kontrol fly-by-wire, penglihatan dipasang di helm untuk tampilan head-up, televisi dan sensor infra-merah yang menghadap kedepan, radar dan penerima peringatan laser dan jammer inframerah.










Editor: Rey Mahessa
Sumber: Military-Today.com


  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook