STEALTHY BLACKHAWK, HELIKOPTER SILUMAN PALING RAHASIA DI DUNIA


STEALTHY BLACKHAWK, HELIKOPTER SILUMAN PALING RAHASIA DI DUNIA

MahessaBlog | Stealthy Blackhawk atau Silent Hawk adalah helikopter siluman paling rahasia di dunia yang pertama kali terlihat pada tahun 2011 di Pakistan saat memburu Osama Bin Laden. Setidaknya dua helikopter digunakan selama serangan itu dengan membawa US Navy SEAL. Selama menjalankan operasi, salah satu dari helikopter siluman ini rusak dengan melakukan pendaratan darurat. Setelah operasi, SEAL meledakan helikopter siluman ini dengan bahan peledak. Namun bagian ekor dari helikopter ini tetap bertahan. Sama sekali tidak ada pengumuman resmi mengenai kejadian ini. Seluruh program pengembangan dan setiap rincian resmi tentang helikopter tak dikenal ini tetap terjaga kerahasiaannya.


Banyak yang percaya bahwa helikopter siluman ini telah digunakan oleh pasukan elit operasi khusus selama bertahun-tahun tanpa sepengetahuan masyarakat. Dan tampaknya semua misi mereka berhasil, atau setidaknya helikopter siluman paling rahasia ini berhasil kembali ke markas mereka. Cat hitam pada helikopter ini serta fitur desain lainnya seperti penampang radar yang dikurangi dengan tingkat kebisingan yang rendah menunjukkan bahwa helikopter pasukan khusus ini dimaksudkan untuk beroperasi di malam hari sehingga sangat sulit untuk menemukannya. 

STEALTHY BLACKHAWK, HELIKOPTER SILUMAN PALING RAHASIA DI DUNIA
Helikopter ini beroperasi dengan sangat cepat dengan ketinggian yang sangat rendah untuk menghindari terdeteksi oleh radar. Tampaknya helikopter siluman ini hanya digunakan pada misi dengan prioritas tinggi.

Ada yang mengatakan bahwa helikopter siluman ini adalah versi Blackhawk yang telah dimodifikasi. Namun puing-puing bagian ekor tidak memiliki kemiripan dengan MH-60 Blackhawk yang biasanya digunakan oleh Pasukan Khusus AS. Sangat mungkin bahwa helikopter paling rahasia di dunia ini memiliki desain yang sama sekali berbeda.

Atau mungkin saja helikopter siluman ini berevolusi dari Comanche RAH-66 yang dibatalkan. Camanhe adalah helikopter pengintai siluman dan helikopter serang ringan yang dikembangkan sejak awal tahun 1990-an. Helikopter ini memiliki badan pesawat siluman yang dibangun sebagian besar dengan bahan komposit dan sejumlah fitur canggih lainnya. Beberapa prototipe yang dibangun menunjukkan kinerja yang sangat luar biasa. 


Pada saat itu Camanche adalah langkah revolusioner dalam teknologi siluman. Namun program ini dibatalkan pada tahun 2004. Departemen Pertahanan AS berjanji untuk menggunakan teknologinya untuk proyek-proyel lainnya di masa depan.Namun program resmi untuk helikopter siluman ini tidak pernah dipublikasikan.

Helikopter siluman paling rahasia di dunia ini memiliki rotor khusus yang secara signitifkan mengurangi tingkat kebisingan. Bangkai rotor ekor menunjukkan bahwa helikopter ini menggunakan bilah yang lebih kecil, selain itu rotor ekor juga dilindungi dengan disk. Sepertinya suara helikopter ini dengan mudah menyatu dengan kebisingan latar belakang. Helikopter siluman ini sangat sunyi, sehingga musuh tidak bereaksi dan terlambat untuk mengetahuinya. Tetangga Osama Bin Laden mengatakan bahwa mereka tidak mendengar helikopter mendekat sampai mereka tepat berada di atas kepala.


Bentuk umum dari apa yang tersisa di lokasi kecelakaan menunjukkan bahwa helikopter memiliki sudut yang keras dengan permukaan rata yang sepertinya ini terbuat dari bahan berteknologi khusus yang mirip dengan yang digunakan pesawat tempur siluman F-22 Raptor. Helikopter siluman ini jelas dirancang untuk mengurangi penampang radar. Bentuk dan lapisannya menyerap dan mengubah sinar radar. Sangat mungkin bahwa bilah rotor juga memiliki semacam fitur penyerap radar atau distorsi. Radar pasukan pertahanan Pakistan tidak melihat Helikopter Siluman ini masuk ke wilayahnya.

Stealthy Blackhawk dioperasikan oleh dua atau tiga awak termasuk dua pilot dan satu penembak. Helikopter ini dapat mengangkut 10-12 penumpang. Helikopter pengangkut siluman semacam ini memungkinkan pasukan komando menyelinap masuk kesasaran wilayah musuh tanpa diketahui.

Kemungkinan besar helikopter siluman ini membawa semacam persenjataan untuk mendukung pasukan yang diturunkan. Kemungkinan memiliki ketentuan untuk senapan mesin yang dipasang dipintu. Atau mungkin juga dilengkapi dengan pod dengan roket yang tidak dioperasikan serta rudal udara ke permukaan dan rudal udara ke udara seperti AGM-114 Hellfire dan AIM-92 Stinger. Roket dan misil dapat dibawa di dalam teluk senjata khusus atau pada sayap rintisan.


Atau mungkin saja helikopter siluman pasukan khusus ini memiliki probe pengisian bahan bakar di udara. Fitur ini banyak hadir pada helikopter pasukan khusus AS seperti MH-60.

Sangat mungkin bahwa beberapa bagian reruntuhan helikopter siluman paling rahasia di dunia ini berakhir di Cina atau Rusia. Karena diketahui bahwa kedua negara ini berusaha untuk membuat pesawat tempur atau helikopter siluman.


Editor : Mahessa83
Sumber : Military-Today.com

 

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook