PENEMUAN PALING MENAKJUBKAN DARI MESIR KUNO

MahessaBlog | Mesir Kuno mungkin telah lama hilang, tetapi para arkeolog tetap masih bisa menemukan harta karunnya, dari mulai Makam Raja Tut hingga Piramida Agung di Gizza. 


PENEMUAN PALING MENAKJUBKAN DARI MESIR KUNO

Baca Juga : 10 Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkanal Dalam Sejarah

Selama lebih dari 3.000 tahun, Nesir Kuno adalah salah satu peradaban terbesar yang pernah berkembang disepanjang Sungai Nil yang berliku di timur laut Afrika. Tetapi setelah Mesir jatuh dibawah Yunani pertama yang kemudian oleh Romawi dan akhirnya dikuasi oleh orang muslim, Kejayaan peradaban kuno Mesir terkubur dibawah lapisan budaya dan muncul kembali berabad-abad kemudian ketika para arkeolog dan sejarawan menemuak studi yang dikenal sebagai Egyptologi.

Di mulai pada abad ke-19, penemuan menakjubkan dari Mesir Kuno seperti Batu Rosetta dan makam mewah Tutankhamun di Lembah Para Raja serta penggalian Piramida di Giza telah membuka pintu ke pemahaman baru tentang misteri Mesir Kuno.

Baca Juga : 6 Penemuan Benda-Benda Peninggalan Zaman Mesir Kuno

Banyak penguasa Mesir Kuno yang sekarang dikenal dengan Firaun membangun monumen dan makam yang rumit, menuliskannya dengan nama pada hieroglif. Melalui peneltian, penggalian dan penerjemahan yang telaten, para sarjana modern telah menggunakan catatan tertulis ini untuk melacak sejarah Mesir Kuno dan membaginya menjadi tiga periode yang berbeda yang dikenal sebagai Kerajaan Lama, Kerajaan Tengah dan Kerajaan Baru.

Dengan setiap makam baru atau ruang bawah tanah rahasia ditemukan, para ahli Mesir Kuno mulai mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang daya tarik peradaban Mesir Kuno dengan kematian dan kehidupan setelah kematian termasuk praktek mumifikasi yang sangat canggih, Namun sayangnya para penjarah tiba di banyak makam sebelum para arkeolog modern tiba. Mereka merampok perhiasan emas dan barang berharga lainnya yang dimaksudkan untuk menemani orang mati dalam perjalanannya menuju alam baka. Banyak juga mumi yang telah hilang namun mereka dapat ditemuklan kembali seperti mumi King Tut. Ramses II dan Hatshepsut.

Baca Juga : 100 Prasasti Mesir Kuno Ditemukan di Situs Wadi el-Hudi

Penggalian situs-situs kuno Mesir terus berlanjut sejak awal abad ke-20 dengan setiap penemuan baru menawarkan wawasan tentang seluk beluk peradaban yang membuat kemajuan mencolok di hampir setiap bidang pengetahuan manusia termasuk seni, matematika, pertanian, teknik dan bahasa tertulis. Bahkan hingga hari ini masih banyak makam yang perlu di gali  yang menjanjikan penemuan yang lebih menakjubkan lagi dari Mesir Kuno.    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook