PEMAKAMAN KUNO BERUSIA 4.500 TAHUN DITEMUKAN DI DEKAT PIRAMIDA GIZA

MahessaBlog | Sebuah pemakaman kuno berusia 4.500 tahun telah ditemukan di dekat Piramida Giza oleh para arkeolog Mesir seperti yang kami lansir dari laman livescience.com.

PEMAKAMAN KUNO BERUSIA 4.500 TAHUN DITEMUKAN DI DEKAT PIRAMIDA GIZA


Dengan beberapa makam dan penguburan ditemukan di pemakaman kuno ini dengan salah satu makam tertua yang terdapat sisa-sisa dua kerangka manusia yang salah satunya bernama Behnui-Ka dan yang lainnya bernama Nwi. Sarkofagi mereka ditemukan utuh dan sisa-sisa mereka kemungkinan berada di dalam.  Namun tidak ada informasi tentang mereka. Analisis artefak makam dan prasasti hieroglif mengungkapkan bahwa kedua lelaki itu hidup hampir 4.500 tahun yang lalu, selama apa yang oleh para sejarawan sering disebut sebagai Dinasti Kelima, suatu masa dimana Piramida Giza selesai dibangun.

Menurut prasasti-prasasti yang juga ditemukan, Behnui-Ka adalah seorang imam dan hakim yang memegang sejumlah gelar seperti gelar panjang yang memanggilnya "pembersih raja: Khafre, Userkaf dan Niuserre".


Khafre adalah seorang fir'aun yang memerintahkan pembangunan salah satu Piramida Giza. Sementara Userkaf dan Niuserre adalah fir'aun yang memerintah Mesir selama Dinasti Kelima.

Sementara Nwi juga memegang sejumlah gelar seperti "kepala negara besar", "pengawas pemukiman baru", dan "pemurnian Raja Khafre". Analisis terhadap prasasti yang juga ditemukan di pemakaman kuno ini masih terus berlangsung.


Selain menemukan dua mumi di pemakaman kuno di dekat Piramida Giza ini para arkeolog juga banyak menemukan artefak lainnya seperti patung yang terbuat dari batu kapur yang menggambarkan sosok Behnui-Ka dan Nwi serta ukiran batu dan topeng kayu.

Para arkeolog menemukan bahwa pemakaman kuno di dekat Piramida Giza ini telah digunakan kembali sekitar 2.600 tahun yang lalu ketika beberapa orang dimakamkan kembali disana. Penggunaan lkembali makam ini sering terjadi pada zaman Mesir Kuno.

Menurut para arkeolog, Pemakaman kuno yang baru ditemukan ini terletak di sebelah kuburan yang menampung penguburan orang yang membangun Piramida Giza, kata Zahi Hawass, mantan Menteri Barang Antik Mesir dalam sebuah pernyataan.


Sebuah tim arkeologi Mesir yang dipimpin oleh Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Antiquities Mesir yang menemukan pemakaman kuno ini hingga saat ini masih terus menggali untuk mendapatkan temuan-temuan baru lagi. 

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook