TIM ARKEOLOGI TEMUKAN PERISAI KULIT DARI ZAMAN BESI DI INGGRIS


TIM ARKEOLOGI TEMUKAN PERISAI KULIT DARI ZAMAN BESI DI INGGRIS
Perisi kulit dari zaman besi
Foto: Michael Bamforth 

MahessaBlog | Tim arkeolog dari Universitas Leicester berhasil menemukan perisai kulit dari zaman besi di dekat Enderby, sebuah kota di barat daya kota Leicester, Inggris. Penemuan ini merupakan bukti pertama bahwa orang pada zaman besi telah menggunakan bahan yang rapuh untuk perisai walaupun pada periode ini orang-orang membuat mangkuk dan kotak kulit kayu.


Penanggalan radiokarbon pada perisai kulit ini menunjukkan bahwa perisai ini dibuat antara tahun 395 - 225 SM yang berasal dari pertengahan zaman besi. Perisai ini dibuat dari kayu alder, willow, poplar, hazel atau spindle yang dikakukan untuk menahan tekanan dengan potongan-potongan apel, pir, quince atau kayu hawthorn. Perisai ini juga memiliki tenunan atau sepotong bahan yang dapat melindungi dari pukulan dan melindungi pegangannya. Sementara bagian luar perisai kulit ini memakai pola kotak-kotak dalam cat mineral merah.

Tim peneliti menemukan perisai kulit dari zaman besi ini disebuah lahan pertanian pada tahun 2015 lalu dilubang berair yang digunakan oleh orang-orang zaman besi dan Romawi. Para peneliti belum mengetahui kenapa perisai kulit ini ada di dasar lubang, Namun para peneliti hanya menilai bahwa perisai kulit ini telah rusak dan dibuang ditempat ini atau ditempatkan disana sebagai bagian dari ritual.

Saat ditemukan perisai kulit ini dalam keadaan rusak dan para peneliti sekarang mencoba untuk mencari tahu bagaimana perisai kulit ini bisa sampai rusak, Apakah perisai ini distusuk oleh tombak dalam sebuah pertempuran atau ada sesuatu yang lainnya.

Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa perisai kulit ini digunakan selama sekitar satu dekade sebelum dilemparkan ke dalam lubang.

Meskipun tidak biasa, Namun perisai kulit dari zaman besi ini masih bisa bertahan hingga hari ini. Itu mungkin bukan sejenis perisai biasa namun mungkin sejenis perisai yang umum digunakan pada saat itu.


TIM ARKEOLOGI TEMUKAN PERISAI KULIT DARI ZAMAN BESI DI INGGRIS
Tahun lalu para peneliti melakukan percobaan untuk menciptakan kembali perisai kulit terbuat dari kayu. dan para peneliti menemukan bahwa perisai ini memang sangat kuat dan tangguh untuk dapat menahan tusukan pisau dan panah. Meskipun kulit kayu tidak sekuat kayu atau logam, namun perisai ini terlihat lebih ringan memungkinkan para prajurit menjadi lebih cepat dalam pertempuran.





Editor: Rey Mahessa
Sumber: LiveScience.com

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook