MENGENAL KANKER KELENJAR GETAH BENING PENYEBAB USTADZ ARIFIN ILHAM DAN OLGA SAPUTRA MENINGGAL


MENGENAL KANKER KELENJAR GETAH BENING PENYEBAB USTADZ ARIFIN ILHAM DAN OLGA SAPUTRA MENINGGAL

MahessaBlog | Setelah mendiang Olga Saputra dan Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu 22 Mei 2019 di Rumah Sakit Kanker Penang, Malaysia karena penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening. 

Sebenarnya apa itu Kelenjar Getah Bening?

Kelenjar Getah Bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh kita. Tubuh kita setidaknya memiliki sekitar 600 kelenjar getah bening. Fungsinya adalah untuk membantu sistem pertahanan tubuh dalam memproduksi leukosit yang menjadi faktor penentu mekanisme daya tahan tubuh. Ketika kelenjar getah bening mengalami gangguan, maka mekanisme daya tahan tubuh akan turut terganggu pula fungsinya.


Apakah Kanker Kelenjar Getah Bening itu?

MENGENAL KANKER KELENJAR GETAH BENING PENYEBAB USTADZ ARIFIN ILHAM DAN OLGA SAPUTRA MENINGGAL

Penyakit kanker kelenjar getah bening atau Kanker Limfoma adalah kanker pada sistem limfatik, yang merupakan bagian dari jaringan melawan kuman tubuh.  Ketika kelenjar getah bening mengalami kanker, maka yang terjadi adalah sel limfosit  (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limfa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Pada beberapa kondisi tertentu, karena pertumbuhan sel yang abnormal yang ada tersebut muncul benjolan di beberapa titik tubuh yang terdapat posisi kelenjar getah bening. Akibatnya mekanisme daya tahan pada tubuh akan terganggu.


Ada banyak jenis limfoma, Subtipe utama adalah :

Limfoma Hodgkin (sebelum disebut penyakit Hodgkin)
Limfoma non-Hodgkin.

Perawatan terbaik untuk Limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening adalah tergantung pada jenis Limfoma Anda dan tingkat keparahannya. Pengobatan Limfoma dapat melalui kemoterapi, obat-obatan imunoterapi, terapi radiasi, transplantasi sumsum tulang atau kombinasi dari semuanya.


Tanda dari Kanker Kelenjar Getah Bening meliputi :

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening tanpa rasa sakit di leher, ketiak atau selangkangan Anda.
  • Kelelahan terus menerus
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari
  • Sesak nafas
  • Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  • Gaya hidup
  • Pola makan
  • Faktor genetika
  • Infeksi Virus

 Penyebab kanker kelenjar getah bening

Hingga saat ini dokter belum yakin apa penyebab dari Limfoma tetapi kanker ini dimulai ketika sel darah putih yang melawan penyakit yang disebut limfosit mengembangkan mutasi genetik. Mutasi memberitahu sel untuk berkembang biak dengan cepat, menyebabkan banyak limfosit berpenyakit yang terus bertambah banyak.


Mutasi juga memungkinkan sel-sel untuk terus hidup ketika sel-sel lain akan mati. Hal ini menyebabkan terlalu banyak limfosit yang sakit dan tidak efektif di kelenjar getah bening Anda, menyebabkan kelenjar getah bening membengkak.

Faktor dan Resiko Kanker Kelenjar Getah Bening

Usia : Beberapa jenis Limfoma lebih sering terjadi pada orang dewasa muda, sementara yang lain paling sering didiagnosis pada orang di atas usia 55 tahun.

Jenis kelamin : Laki-laki sedikit lebih mungkin untuk mengembangkan Limfoma dari pada perempuan.

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu : Limfoma lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit sistem kekebalan tubuh atau pada orang yang menggunakan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh mereka.

Mengembangkan Infeksi tertentu : Beberapa infeksi berhubungan dengan peningkatan resiko limfoma, inclu.  


Bagaimana cara mencegahnya?

Selain menghindari faktor pencetus kanker kelenjar getah bening seperti yang kami sebutkan diatas, Pada prinsipnya kanker kelenjar getah bening dapat dihindari dengan mendeteksi diri kita sendiri. Karena semakin dini kanker kelenjar getah bening ini ditemukan, maka akan semakin mudah untuk penanganannya.



sumber : Mayoclinic.org

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook