7 GEJALA PREDIABETES YANG TIDAK HARUS KAMU ABAIKAN

MahessaBlog | Prediabetes adalah suatu kondisi dimana gula darah seseorang meningkat secara kronis, meskipun tidak setinggi yang mengindetifikasikan diabetes secara penuh. Namun hal ini juga dapat mengakibatkan resiko yang akan membawa Anda menuju Diabetes Type 2 dan semua konsekuensi kesehatan negatif lainnya yang ditimbulkan. Menurut perkiraan penyakit diabetes type 2 dapat memperpendek umur Anda hingga 10 tahun. Kabar baiknya adalah bahwa prediabetes dapat disembuhkan. Dengan semakin cepat Anda mengenalinya, semakin cepat pula Anda dapat disembuhkan. 


GEJALA PREDIABETES

Beberapa faktor yang dapat ditimbulkan oleh prediabetes ini antara lain kelebihan berat badan atau obesitas, menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan mengkonsumsi terlalu banyak gula tambahan. Namun ada juga komponen genetik yang tidak bisa Anda ubah, tetapi Anda masih bisa melindungi diri dengan memperhatikan diet ketat dan berolahraga secara teratur.

Baca Juga : 7 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Berikut 7 Gejala Prediabetes yang tidak harus kamu abaikan seperti yang kami lansir dari laman hhdreserach.org

1. Tekanan Darah Tinggi


GEJALA PREDIABETES

Orang dengan resiko tekanan darah tinggi beresiko lebih tinggi mengalami prediabetes karena hipertensi memaksa jantung bekerja lebih keras untuk menggerakkan darah keseluruh tubuh. Hal ini pada gilirannya membuat tubuh lebih sulit untuk menghilangkan kelebihan gula dari aliran darah.

Hipertensi dan prediabetes adalah kondisi yang memperburuk satu sama lain dan penelitian menunjukkan bahwa memiliki keduanya dapat meningkatkan resiko penyakit gagal jantung.

Namun sayangnya prePandangan Kaburdiabetes dan tekanan darah tinggi sebagian besar tidak menunjukkan gejala pada awalnya. Jika Anda tahu bahwa Anda menderita hipertensi, Anda harus secara serius mencegah prediabetes.

2. Pandangan Kabur


GEJALA PREDIABETES

Baik prediabetes maupun diabetes penuh dapat berdampak negatif pada penglihatan Anda. Ketika kadar gula darah mengalir secara liar dari tinggi ke rendah, hal ini dapat menyebabkan cairan bocor ke lensa mata. Hal ini terjadi karena tubuh Anda melakukan overdrive untuk menarik air sebanyak mungkin dari sel untuk menghilangkan kelebihan gula. Efeknya pada mata Anda adalah dapat membengkak dan merubah bentuk yang pada akhirnya mencegah mereka dari fokus dengan benar.

Ada banyak penyebab potensial lainnya untuk penglihatan kabur. tetapi jika Anda dapat menghubungkan gejala anda dengan gejala lain dalam daftar kami, prediabtes bisa menjadi penyebabnya.

3. Masalah Kulit


GEJALA PREDIABETES

Terkadang masalah di dalam tubuh kita bermanifestasi di luar. Prediabetes diketahui menyebabkan bercak mengkilap, bersisik atau bercak beludru gelap pada kulit karena meningkatnya kadar insulin dalam darah.

Prediabetes juga mulai mengganggu sirkulasi darah yang dapat menyebabkan rasa gatal pada ektremitas Anda, terutama kaki. Penderita diabetes yang penuh sesak beresiko kehilangan kaki karena sirkulasi yang sangat terganggu. Jadi Anda harus bertindak cepat jika Anda mencurigai masalah kulit Anda terkait dengan pradiabetes.

4. Encok


GEJALA PREDIABETES

Encok adalah bentuk radang sendi yang dapat menyebabkan kristal asam urat tajam tumbuh di dalam jaringan sendi yang hal ini tentunya sangat menyakitkan dam numgkin juga menandakan prediabetes.

Pernah dianggap sebagai penyakit raja (Henry VIII adalah penderita paling terkenal), asam urat sering terjadi karena diet yang berlebihan dan berlimpah. Hal ini cenderung dapat mempengaruhi orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesitas juga merupakan faktor resiko untuk prediabetes.

5. Peningkatan Rasa Lapar

GEJALA PREDIABETES

Gula atau Glukosa adalah sumber bahan bakar yang kita butuhkan untuk memberi daya pada tubuh kita. Tetapi ketika kita terlalu banyak insulin yang diproduksi oleh pankreas menjadi tidak dapat memproses glukosa secara efektif, hal ini membuat banyak gula mengambang disekitar darah. dimana hal ini tidak dapat digunakan untuk energi. Akibatnya Anda mungkin merasa cepat lapar segera setelah makan, karena tubuh Anda belum mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Kelaparan biasanya merupakan isyarat yang baik untuk makan lebih banyak, tetapi dalam kasus prediabetes, ini tidak akan membantu masalah. Lebih baik minum air putih untuk membantu mengeluarkan gula tambahan melalui urin Anda, dan melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan sensitivitas insulin tubuh Anda.

Baca Juga : 10 Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Oleh Wanita

6. Kelelahan Kronis

GEJALA PREDIABETES

Cara yang sama bahwa kelebihan gula darah dapat menyebabkan kelaparan dan juga kelelahan. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan, meskipun sudah makan banyak, Anda pasti merasa lelah. Gejala ini dapat memperburuk faktor resiko lain selain prediabetes, karena tentu saja ketika Anda kehabisan tenaga dan kelelahan, Anda perlu untuk beristirahat.

Tetapi pada kelelahan kronis, Anda dapat mengurangi aktivitas fisik yang diperlukan untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Hal ini juga umum untuk menggandakan makanan berlemak yang nyaman ketika Anda merasa terlalu lelah untuk memasak. Gaya hidup yang menetap dan pola makan yang buruk adalah dua faktor resiko terbesar untuk prediabetes.

7. Haus Yang Berlebihan

GEJALA PREDIABETES

Rasa haus yang berlebihan terutama setelah makan juga dapat menandakan Anda menderita Prediabetes. Tubuh Anda telah mulai bekerja dengan sangat keras untuk menghilangkan kelebihan glukosa dari aliran darah dan salah satu caranya adalah dengan mengencerkan darah dan membuang gula yang tidak di proses melalui urin. Untuk mendapatkan air itu, tubuh Anda akan seing menariknya dari sel-sel disekitarnya. membuat mereka deherdasi dan Anda akan cepat merasa haus secara kronis.

Ketika Anda terkunci dalam lingkaran setan ini, Anda mungkin mengalami dehidrasi dan tidak peduli berapa banyak Anda minum, Namun, ada beberapa bukti bahwa tetap terhidrasi dengan baik setiap hari dapat membantu mencegah perkembangan prediabetes dan akhirnya diabetes type 2. Pengaturan air dan gula darah berjalan beriringan.

Baca Juga: Anti Oksidan Jeruk Bali Dapat Memecah Asam Lemak & Diabetes Type 2

Kesimpulannya

Kesimpulannya adalah Prediabetes merupakan tanda peringatan bahwa sesuatu harus diubah agar tetap sehat. Jika setelah Anda membaca artikel ini Anda mendapati bahwa Anda mengalami beberapa gejala peringatan prediabetes, janganlah panik. Dengan perhatian yang tepat, hal ini dapat disembuhkan. Langkah pertama adalah membuat janji dengan dokter Anda untuk diperiksa. Dan dokter Anda dapat memberi saran yang bermanfaat tentang diet dan langkah-langjkah pencegahan lainnya. 

Disini kami hanya dapat menyarankan untuk melakukan serangkaian perubahan kecil dan berkelanjutan yang dapat Anda bangun. Mulailah dengan banyak minum air putih setiap harinya dan olahraga ringan seperti naik tanggak misalnya. Kemudian jauhkan minuman bersoda atau makanan cepat saji atau cemilan sebelum Anda tidur.  

     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook