SEJARAH SINGKAT NUBIA KUNO NENEK MOYANG BANGSA MESIR

Sejarah Singkat Nubia Kuno Nenek Moyang Bangsa Mesir 


Mahessa83 |  Nubia Kuno adalah orang-orang yang berjuang melawan Romawi, Memerintah Mesir sebagai Fir'aun yang membangun beberapa Piramida. Mereka adalah Nubia dan mereka bukanlah "Peradaban Yang Hilang" melainkan orang-orang yang bersama kita hari ini yang berada dengan apa yang disebut dengan Sudan dan Mesir Selatan sekarang.


Sejarah Singkat Nubia Kuno Nenek Moyang Bangsa Mesir

Pada zaman kuno, beberapa penguasa wanita yang kadang-kadang disebut dalam beberapa teks-teks kuno disebut "Candaces" atau "Kandakes" . Para arkeolog telah menemukan ukiran gambar dari mereka mengungkapkan bahwa mereka kadang-kadang memiliki kelebihan berat badan.

Nubia Kuno juga dikenal karena ketrampilan memanah mereka dan orang-orang Mesir menyebut Nubia Kuno dengan sebutan "Ta-Seti" atau "Tanah Busur". Penguasa Nubia Kuno termasuk penguasa perempuan , sering dikuburkan bersama peralatan panah seperti batu cincin yang dirancang untuk memudahkan untuk menembakan panah. 

Saat ini peninggalan sisa-sisa dari Nubia Kuno dapat ditemukan di seluruh wilayah Sudan dan Mesir Selatan yang berasal dari Zaman Prasejarah hingga Zaman Modern. Ada banyak proyek arkeologi dilakukan diwilayah ini untuk menyelidiki sisa-sisa dan penemuan baru dari Nubia Kuno.

Kerma

Hominid pertama yang pernah ditemukan adalah diwilayah Sudan dan Mesir Selatan yang berasal lebih dari 1 juta tahun yang lalu. 7.000 tahun yang lalu orang-orang diwilayah ini hidup dari berburu dan berternak, tulis Davids Edwards, seorang dosen arkeologi dari University of Leicester dalam bukunya "The Nubian Pas an Arkeologi From Sudan" (Routledge 2004). Pertanian dan Pemukiman muncul setelag sesudahnya.

Sekitar 4.500 tahun yang lalu pemukiman besar tumbuh di Kerma sebelah Utara Sungai Nil. Orang-orang di Kerma tidak menggunakan Sistem Penulisan Namun Orang Mesir Kuno ini disebut daerah bahwa mereka dikendalikan oleh "Kush"

Kerma telah digali oleh tim arkeologi Swiss selama 30 tahun lebih. Tim ini telah menemukan sisa-sisa Kuil, Pemakaman dan Dinding Kota dengan benteng.  enemuan mereka mengungkapkan bahwa Kerma adalah pusat perdagangan seperti emas, gading dan ternak serta komoditas lainnya penduduk Kerma.

Penduduk Mesir

Sejarah Singkat Nubia Kuno Nenek Moyang Bangsa Mesir

Pada sekitar 3.500 tahun yang lalu, Mesir tumbuh semakin kuat. Mereka kemudian menyerang Kerma yang menyebabkan hilangnya Penduduk Nubia Kuno. Firaun Mesir mengirimkan seorang Gubernur di Kerma untuk mengelola Nubia dan menggunakan serangkaian kota-kota sebagai hub untuk mengontrolnya.

Salah satu kota tersebut sekarang telah menjadi Situs Arkeologi yang disebut dengan "Amara Barat" yang digali oleh para arkeologi dari British Museum. Tim arkeolog menemukan bahwa orang-orang di Amara Barat dikuburkan dengan Scarabs yang tertulis nama Firaun Mesir pada mereka seperti "Ramses, Tercinta Amun-Ra" dan Ra-Horakhty, lahir dari para dewa yang mendirikan dua  wilayah.

Kemerdekaan dan Aturan Mesir

Kekuasaan Mesir yang terjadi pada 3.000 tahun yang lalu dengan pemerintahan pusat yang berantakan dengan sejumlah faktor termasuk serangan oleh kelompok yang kadang-kadang arkeologi menyebutnya dengan "Orang Laut" memainkan peran penting dalam keruntuhan pemerintahan fragmentasi.

Sebagian kekuatan Mesir berkurang. Nubia mulai kembali menegaskan kemerdekaan mereka. Sebuah kerajaan yang berbasis dikota Napata yang terletak katarak keempat dari Sungai Nil, tumbuh semakin kuat. Wilayah Napata diperluas. Dan puncaknya pada masa pemerintahan Raja Piye (743-712 SM) dapat menaklukan Mesir itu sendiri.

Raja-raja Nubia memerintah Mesir sebagai Firaun. Mendirikan apa yang kadang-kadang disebut dengan "25 Dinasti" Mesir. Raja-raja Nubia tidak hanya mengambil nama Mesir, tetapai juga menulis Mesir dan Piramida Mesir. Firaun Nubian menugaskan membuat prasasti panjang yang diceritakan dalam pembuatan mereka. saat membangun Piramida di Nubia. Para arkeologi juga telah menemukan Piramida baru disebuah situs yang sekarang bernama "Sedeinga". Di tempat ini sedikitnya terdapat 35 piramida.

Raja-Raja Nubia berjuang melawan Asyur Kuno yang dalam bagian dari sebuah Alkitab Ibrani menunjukkan bahwa salah satu pertempuran penting selama pemerintahan Taharqa (690-664 SM) yang tidak jauh dari Yerusalem.

Asyur terbukti menjadi musuh yang kuat yang pada akhirnya dapat menguasai Taharqa ibukota Mesir. Pada akhirnya Nubia kehilangan seluruh wilayah Mesir pada masa pemerintahan Tanutamani (664-653 SM).

Baca Juga :  Peneliti Temukan Benua Yang Hilang Di Samudra Hindia

Pindah ke Meroe

Setelah Nubia dikalahkan oleh Asyur, Mesir diperintah oleh suksesi kekuasaan asing termasuk Persia, Makedonia dan Romawi. Hanya ada beberapa periode singkat ketika Mesir pada akhirnya berdiri sendiri.

Nubia harus berjuang melawan kekuatan asing ke utara dan apada sekitar tahun 300 SM Nubia memindahkan ibukota mereka ke selatan dari Napata ke sebuah kota yang bernama Meroe. Pada sebuah kota baru merekaemudian Nubia membangun Istana, Kuil dan Piramida. Nubia juga mengembangkan penulisan mereka sendiri yang sekarang disebut "Meroitic".

Teks-teks kuno dan peninggalan arkeologis menunjukkan bahwa Nubia juga berjuang melawan Kekaisaran Romawi. Salah satu Penemuan Arkeologi Terkenal yang dibuat di Meroe pada tahun 1910 adalah Kepala Perunggu dari Kaisar Romawi Octavian (kemudian disebut Augustus). Para arkeolog berpendapat bahwa itu didapat saat terjadinya serangan Nubia ke Romawi Mesir dan diambil untuk di bawa ke Meroe sebagai semacam hadiah.  Pada Catatan Kuno menunjukkan bahwa Roma dan Meroe sepakat bahwa untuk melakukan Perjanjian Perdamaian sekitar tahun 20 SM.

Beberapa abad kemudian membawa periode yang relatif lebih stabil antara Roma dengan Meroe terutama dalam bidang perdagangan. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa Meroe menurun sekitar 300 masehi. Para ahli menyimpulkan penurunan ini akibat pengurunan dan hilangnya rute perdagangan.

Orang-orang di Kekaisaran Romawi menjadi Kristen dalam skala besar selama abad keempat dan kelima masehi dan Kristen juga telah membuka jalan ke Nubia. Ketika Meroe runtuh oleh serangkaian serangan Kerajaan Kristen termasuk Kerajaan Makuria. yang naik menggantikan Nubia. Kerajaan-kerajaan Kristen kemudian membangun katedral serta biara-biara baru. Sejumlah bahasa baru termasuk Koptik dan bahasa modern yang ulama menyebutnya dengan "Old Nubian" yang berkembang di Nubian.

Sejarah Nubian Kuno Nenek Moyang Bangsa Mesir

Nubian bukanlah "Peradaban Yang Hilang" dan hingga hari ini Nubian masih hidup di Mesir dan Sudan serta negara-negara lainnya di Afrika, Jumlah pasti keberadaan mereka tidak diketahui.

Dalam beberapa kali, Nubian memiliki masalah dengan perkembangan dan deskriminasi. Pembangunan Aswan High Dam (selesai tahun 1970) menyebabkan banjir di daerah Mesir Selatan yang merupakan bagian dari tanah Nubian Kuno. Selama pembangunan bendungan, Nubia dipindahan dari desa mereka dan mencari konpensasi sejak itu. Mereka juga mencari hak ke desa-desa yang tidak terkena banjir.

Di Sudan sedang merencanakan sejumlah bendungan yang jika dibangun akan membanjiri bagian lain dari tanah Nubian Kuno. Selain itu bendungan yang direncanakan yaitu Merowe Dam suah di operasikan menyebabkan 50.000 orang harus mengungsi.


Sumber : LiveScience
       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook