10 JEMBATAN PALING TERKENAL DI INDONESIA

10 Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia 


Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Mahessa83 |  Jembatan merupakan struktur bangunan yang dibuat untuk menyeberangi sungai, selat, jurang atau jalan raya. Jembatan juga dibangun unruk tempat penyeberangan para pejalan kaki, kendaraan roda dua atau empat ataupun kereta api. 


Di Indonesia, banyak dibangun jembatan-jembatan melintasi sungai atau selat untuk memperpendek jarak atau memperlancar hubungan antara daerah yang satu dengan yang lainnya seperti Jembatan Suamadu yang melintasi Selat Madura untuk menghubungkan Pulau Jawa di Jawa Timur dengan Pulau Madura.

Berikut 10 Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia yang kami lansir dari berbagai sumber.

1. Jembatan Nasional Suramadu


Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Nasional Suramadu adalah salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia yang melintasi Selat Madura, Menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, Indonesia. Jembatan sepanjang 5.438 meter, Jembatan Nasional Suramadu merupakan Jembatan Terpanjang Di Indonesia saat ini. 

Jembatan yang terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge) dan jembatan utama (main bridge) ini diresmikan pembukaanya pada tanggal 10 Juni 2009 oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah.

2. Jembatan Ampera

 Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Jembatan yang membelah Sungai Musi ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dengan daerah Seberang Ilir.

Jembatan yang memiliki panjang 1.117 meter, lebar 22 meter, tinggi 11,5 meter, tinggi menara 63 meter dengan berat sekitar 944 ton ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1965 dengan menghabiskan biaya sekitar $ 4.500.000.    
 
3. Jembatan Barelang


Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Barelang (Batam, Rempang dan Galang) adalah salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia lainnya yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di Provinsi Kepulauan Riau.   

Jembatan yang diprakasai oleh mantan Presiden Habibie ini merupakan Ikon Kota Batam serta Landmark Pulau Batam. Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari ahli tenaga luar negeri. Jembatan ini dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam sebagai regulator daerah industri Pulau Batam.

Jembatan yang dibangun pada tahun 1992 - 1998 sepanjang 54 kilometer ini diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp. 400 miliar.


4. Jembatan Cinta


Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Cinta merupakan salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia lainnya yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil di kawasan Kepulauan Seribu, Indonesia. Jembatan ini menjadi terkenal karena sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara saat berlibur di Kepulauan Seribu.  

Dari jembatan sepanjang sekitar 800 meter ini para wisatawan dapat melihat pemandangan dibawah permukaan laut seperti terumbu karang, ikan hias dan biota laut lainnya yang lincah berenang pada sisi-sisi jembatan. 

Pada saat pagi dan sore hari, jembatan ini menjadi tempat yang sangat romantis untuk melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) sehingga jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta.

Baca Juga : 10 Pesawat Paling Unik Di Dunia

5. Jembatan Barito

Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Barito merupakan Jembatan Terpanjang Di Pulau Kalimantan yang melintasi Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Jembatan sepanjang 1.082 meteryang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter ini merupakan akses jalan Trans Kalimantan dari kota Banjarmasin menuju kota Palangkaraya dan sebaliknya. 

Jembatan ini pertamakali diresmikan pada tanggal 24 April 1997 oleh mantan Presiden Soeharto. Jembatan yang masuk MURI sebagai Jembatan Gantung Terpanjang Di Indonesia. 

 6. Jembatan Merah Putih

Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Merah Putih adalah Jembatan Kabel Pancang yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jembatan ini membentangi Teluk Dalam, Kota Ambon yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kecil di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan. Jembatan ini merupakan Jembatan Terpanjang Di Indonesia Timur dan salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia.  

Jembatan sepanjang 1.140 meter mulai diresmikan pada 4 April 2016 oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan menghabiskan biaya sekitar 779,2 miliar.

7. Jembtan Kutai Kartanegara

Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Kutai Kartanegara merupakan salah satu Jembatan Gantung Terpanjang Di Indonesia yang melintasi Sungai Mahakam. Jembatan sepanjang 710 meter dengan bentang bebas atau area yang tergantung tanpa penyangga yang mencapai 270 meter merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan Kota Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang menuju Kota Samarinda. 

Jembatan yang sempat ambruk pada 26 November 2011 lalu, kemudian dibangun kembali pada tahun 2013 ini resmi dibuka untuk umum pada 8 Desmber 2015.

8. Jembatan Tayan

 Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Tayan merupakan Jembatan Terpanjang  Kedua Di Indonesia setelah Jembatan Nasional Suramadu. Jembatan yang melintas diatas Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia merupakan jembatan Tans Kalimantan yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Provinsi Kalimantan Tengah.

Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 2014 ini memiliki panjang 1.440 meter dengan lebar 11 meter dan tinggi 13 meter merupakan salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia. 

9.Jembatan Semanggi

Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Semanggi merupakan salah satu Jembatan Terindah Di Indonesia yang dibangun pada tahun 1951 pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Jembatan dengan bentuk yang sangat indah seperti daun pohon Semanggi ini dibangun di kawasan Karet Semanggi, Setabudi, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia untuk menyambut Asian Games 1964.

10. Jembatan Suroboyo

Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia

Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia terakhir dalam daftar kami adalah Jembatan Suroboyo yang menghubungkan Kawasan Pesisir Surabaya di Pantai Kenjeran, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Jembatan yang memiliki panjang 800 meter dengan lebar 18 meter dan tinggi 12 meter dengan 150 tiang pancang di desain melingkar dengan pemandangan air mancur di tengahnya.

Jembatan yang diresmikan pada 9 Juli 2016 diharapkan dapat memajukan industri pariwisata kota Surabaya. 

Nah itulah 10 Jembatan Paling Terkenal Di Indonesia yang kami lansir dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook