10 MODEL PESAWAT PALING UNIK DI DUNIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Model Pesawat Paling Unik Di Dunia 


Mahessa83 | Sejak pertama kalinya mesin pesawat terbang ditemukan oleh Wright
Bersaudara yang bernama Flyer diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat hingga kini telah banyak pesawat-pesawat terbang lainnya diciptakan dengan bentuk yang lebih canggih dan modern untuk dunia transportasi pernerbangan dan militer seperti Pesawat Terbang Tercepat Di Dunia, Pesawat Terbang Terbesar Di Dunia, Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia dari model yang biasa hingga Model Pesawat Paling Unik Di Dunia seperti Northrop XB-35 berbentuk segitiga, Snecma Flying Coleoptere berbentuk gentong hingga pesawat Avro Canada Vz-9 Avrocar.

Berikut 10 Model Pesawat Paling Unik Di Dunia yang pernah diciptakan oleh manusia yang kami lansir dari berbagai sumber.

1. Northrop XB-35

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

Northrop XB-35 dan Northrop YB-35 adalah pesawat pembom berat eksperimental dengan Model Pesawat Paling Unik Di Dunia yang pernah dibuat. Pesawat ini dikembangkan oleh Northrop Corporation untuk United Stares Army Air Force selama dan setelah Perang Dunia II.

Pesawat ini menggunakan sayap terbang radikal dan berpotensi sangat efisien. dimana bagian ekor dan badan pesawat dieliminasi dan semua Payload dilakukan di sayap tebal. Hanya prototipe dan pesawat pra-produksi dibangun. Meskipun masih cukup kuat untuk menjamin pengembangan lebih lanjutdari desain sebagai pesawat bomber jet, dibawah penunjukkan YB-49.


2. Lockheed XFV  "The Salmon"

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

Lockheed XFV atau kadang-kadang juga disebut dengan "The Salmon" adalah pesawat tailsitter protipe dengan Desain Pesawat Paling Unik Di Dunia yang dibangun oleh Lockheed pada tahun 1950-an untuk menunjukkan operasi dari lepas landas dan mendarat secara vertikal untuk melindungi konvoi. 

3. De Lackner HZ-1

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

De Lackner HZ-1 atau yang lebih dikenal dengan YHO-2 adalah pesawat helikopter pribadi dengan Desain Pesawat Paling Unik yang dikembangkan oleh Da Lackner Helicopters dipertengahan tahun 1950-an.  Pesawat inikhusus di operasikan oleh pilot berpengalaman dengan minimal 20 menit instruksi. HZ-1 dibuat dan diharapkan menjadi mesin pengintai standart Angkatan Darat Amerika Serikat. 

Meskipun pada pengujian awal pesawat ini cukup menjanjikan dengan menyediakan berbagai mobilitas di medan perang atom, Pada pengembangan selanjutnya ternyata pesawat ini lebih sulit dikendalikan oleh pasukan infantri terlatih sehingga program pesawat ini dihentikan.

4. Snecma Flying Coleoptere

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

Snecma Flying Coleoptere adalah salah satu Model Pesawat Paling Unik Di Dunia dengan bentuk VTOL. Pesawat ini dikembangkan oleh perusahaan Perancis, Snecma pada tahun 1950-an. Ini adalah pesawat satu orang dengan sayap annular yang dirancang untuk mendarat dan lepas landas secara vertikal. Oleh karena itu pesawat ini tidak memerlukan landasan pacu dan ruang yang luas. Satu-satunya prototipe ini hancur pada penerbangan kesembilan. 


5. Avro Canada Vz-9 Avrocar

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

Avro Canada Vz-9 Avrocar adalah salah satu Model Pesawat Paling Unik Di Dunia yang pernah dibuat dalam sejarah. Pesawat berbentuk VTOL ini dikembangkan oleh Avro Aircraft Ltd (Kanada) sebagai bagian dari Proyek Rahasia Militer Amerika Serikat yang dilakukan diawal-awal tahun perang dingin. Pesawat berbentuk disk untuk memberikan kinerja VTOL seperti diantisipasi. Di udara, pesawat ini seperti Piring Terbang.

Awalnya pesawat ini dirancang untuk pesawat tempur yang memiliki kecepatan dan ketinggian sangat tinggi. Proyek ini berulang kali diturunkan dari waktu ke waktu dan akhirnya ditinggalkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. 

Pembangunannya kemudian diambil alih oleh Tentara AS untuk kebutuhan pesawat tempur taktis, semacan helikopter performa tinggi. Dalam pengujian penerbangan, Avrocar terbukti memiliki daya dorong yang belum terselesaikan dan masalah stabilitas yang terbatas. Dengan kinerja yang rendah akhirnya proyek ini dibatalkan pada tahun 1961.  

Baca Juga : 9 Pesawat Siluman Ini Mirip Dengan UFO

6. Dornier Do 31

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

Dornier Do 31 adalah pesawat jet transportasi dan salah satu Desain Pesawat Paling Unik Di Dunia dengan sistem VTOL. Pesawat asal Jerman Barat ini dibangun oleh Dornier Do 31 yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi NATO (BMR-4) untuk pesawat dukungan taktis untuk pesawat strike serangan VTOL VJ EWR 101. Dirancang dibawah kontrak NATO dari BMR-3. Proyek ini dibatalkan pada tahun 1970 karena tingginya biaya, masalah teknis dan perubahan persyaratan. 

7.Vought V-173


Model Pesawat Paling Unik Di Dunia


Vought V-173 atau sering disebut juga "Flying Pancake" adalah pesawat uji eksperimental Amerika yang dibangun sebagai bagian dari Vought XF5U "Flying Flapjack" Angkatan Laut Amerika Serikat dalam program pesawat tempur pada Perang Dunia II.

Kedua V-173 dan XF5U menampilkan sebuah ortodoks "semua sayap" didesain dengan bentuk datar dan badan berbentuk cakram yang berfungsi sebagai permukaan angkat. Dua mesin pinston tertimbun dalam tubuh melaju baling-baling yang terletak di tepi ujung sayap.

8. NASA Hyper III

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

NASA Hyper III adalah pesawat jarak jauh lifting body dikemudikan unpowered skala penuh Amerika yang dirancang dan dibangun oleh NASA Flight Research Center di Edwads Air Force Base, California.

NASA Hyper III dirancang untuk membantu program lifting body M2, dengan memiliki body dasar dan sisi, sayap lurus sederhana tanpa kontrol permukaan yang dirancang untuk mensimulasikan sayap pop-up yang telah diusulkan untuk masuk kembali kendaraan. 

Hyper III memiliki sirip kembanr dan kemudi miring di 40 derajad vertikal dan berengsel elevons pada permukaan horizontal. Landing gear adalah jenis roda tiga tetap, menggunakan kaki pegas baja dari sebuah pesawar Cessna. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem parasut darurat dan dikendalikan oleh Radio Link-5 Channel. Data instrumen yang downlinked menggunakan Radio-12 Cahnnel.

Pesawat ini diluncurkan untuk pertama kalinya pada 12 Desember 1969 yang diluncurkan dari sebuah Helikopter pada ketinggian 10.000 kaki yang dapat meluncur 5 km berbalik kembali dan mendarat. Setelah penerbangan selama 3 menit tersebut, program pesawat ini langsung dihentikan.  


9. Bartini Beriev VVA-14

Model Pesawat Paling Unik Di Dunia

Bartini Beriev VVA-14 adalah pesawat amfibi yang dikembangkan oleh Uni Soviet pada tahun 1970-an. Pesawat ini dirancang untuk dapat lepas landas di atas permukaan air dan terbang dengan kecepatan tinggi dengan jarak yang cukup jauh.  

Pesawat yang menggunakan efek tanah aerodinamis ini dirancang oleh pria kelahiran Italia, Robert Bartini untuk menjawab kebutuhan menghancurkan kapal selam rudal Angkatan Laut Amerika Serikat.
  
10. Stipa - Caproni  


Model Pesawat Paling Unik Di Dunia


Stipa-Caproni adalah salah satu Model Pesawat Paling Unik Di Dunia yang dirancang pada tahun 1932 oleh Luigi Stipa (1900 - 1992) dan dibangun oleh Caproni di Italia. Pesawat ini menampilkan model berongga dengan pesawat seperti gentong dengan mesin dan baling-baling benar-benar tertutup oleh badan pesawat.  

Meskipun Regia Aeronatica (Royal Air Force Italia) tidak tertarik dengan pengembangan Stipa-Caproni, Namun desain pesawat ini merupakan langkah penting dalam pengembangan pesawat bermesin jet.

Nah itulah 10 Pesawat Paling Unik Di Dunia yang pernah diciptakan manusia sepanjang sejarah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang dunia pesawat terbang untuk kita semua.


Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

1 Response to "10 MODEL PESAWAT PALING UNIK DI DUNIA"

  1. Souvenir Gelas Anniversary Murah bisa Anda pesan dan dapatkan Di Souvenir Gelas Murah Surabaya.


    Souvenir Gelas Murah Surabaya :
    Wa / SMS : 0877 - 5111 - 2520
    Pin BB : 5b931b3e

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.