M1 ABRAMS - TANK TEMPUR PALING CANGGIH DI DUNIA


M1 ABRAMS - TANK TEMPUR PALING CANGGIH DI DUNIA

MahessaBlog | General Dynamics M1 Abrams adalah tank tempur paling canggih di dunia yang awalnya dikembangkan pada tahun 1980. Tank tempur ini sangat gesit dan berteknologi canggih. Hal ini telah dibuktikannya saat Perang Teluk Persia dan Perang Global melawan teror, Tank-tank M1 Abrams telah mendemontrasikan kecanggihannya secara teknis dan taktis saat mereka mulai melenyapkan tank T-72 Rusia milik Pasukan Irak. Dengan kecepatannya yang sangat luar biasa dan keberhasilannya dalam Perang Teluk menjadikan M1 Abrams salah satu tank utama di dunia yang banyak diperhitungkan oleh negara-negara lainnya.


M1 Abrams merupakan tank tempur utama Angkatan Darat AS yang dikembangkan oleh Chrysler Defense. Produksi M1 Abrams dimulai pada tahun 1980 dan berhenti pada tahun 1992. Tank ini dinamakan M1 Abrams untuk menghormati Jenderal Abrams, Komandan Pasukan AS selama Perang Vietnam. Tank Tempur M1 Abrams didesain dan dikembangkan untuk menggantikan M60 Patton yang sudah tua. Saat ini Angkatan Darat AS memiliki lebih dari 2.500 tank tempur M1 Abrams.  

Performa

M1 ABRAMS - TANK TEMPUR PALING CANGGIH DI DUNIA

Tank Tempur M1 Abrams menggunakan mesin turbin multi-bahan bakar Honeywell AGT 1500C yang dapat menghasilkan 1.500 tenaga kuda. Tank ini memiliki kecepatan maksimum 42 mil per jam dengan jangkauan sekitar 265 mil. Transmisi Allison DDA X-1100-3B, M1 menyediakan rasio daya terhadap berat 24,5 hp / metrik ton. Hal ini ditambah dengan rakitan torsi bar tangki menghasilkan pengendaraan yang relatif mulus bahkan pada kecepatan tinggi. M1 juga dapat mempertahankan sistem stabilisasi menara khusus yang memungkinkan menara dan senjata utama tetap pada sasaran terlepas dari pergerakkan tangki.

Keandalan

M1 ABRAMS - TANK TEMPUR PALING CANGGIH DI DUNIA

Dengan berat mencapai 70 ton dengan mesin turbin yang kuat, M1 Abrams menggunakan banyak bahan bakar. Konsumsi bahan bakar untuk tangki dapat dibagi menjadi tiga katagori yaitu lintas negara, idle taktis dan idle dasar. Hal ini menjadikan sangat tinggi sehingga lebih akurat diukur dalam galon per jam daripada dalam mil per galon. 


Dalam idle dasar, tangki menggunakan 10 galon per jam, 30 galon per jam dalam siaga taktis dan 60 galon per jam dalam operasi lintas negara. 

Pertahanan dan Penanggulangan

Garis pertahanan M1 Abrams yang pertama adalah penyembunyian dalam berbagai patters kamuflase dan juga dapat menggunakan peluncur granat asap yang dipasang di menara untuk menyembunyikan tangki. Pada model sebelumnya, pengemudi juga dapat menggunakan generator asap yang akan menyemprotkan bahan bakar ke knalpot yang dapat menciptakan awan asap yang tebal.

Jika dengan persembunyian ini tidak berhasil, Tank tempur M1 Abrams menggunakan campuran bahan keramik keras dan serat komposit yang lebih lembut untuk membentuk bagian luar tangki. Armor ini juga mengandung uranium yang secara signitifkan dapat meningkatkan ketahannya terhadap pitaran energi kinetik. Selama Perang Teluk Persia, Tank-tank Tempur M1 Abrams dapat menerima serangan langsung dari tank-tank T-72 Soviet dengan sedikit atau tanpa kerusakan.   

M1 ABRAMS - TANK TEMPUR PALING CANGGIH DI DUNIA
Persenjataan M1 Abrams

Tank tempur M1 Abrams dipersenjatai dengan :
  • Senapan utama rifled 1 x 105mm Royal Ordnance M68A1
  • Senapan mesin berat anti pesawat 1 x 50 kaliber browning M1HB
  • Senapan mesin co-axial 1 x 7.62mm M240
  • Senapan mesin M240 dilubang Palka Loader 1 x 7.62mm
  • Pelontar granat asap 2 x 6. 
 Amunisi Tank Tempur M1 Abrams

Beban amunisi standart tank tempur M1 Abrams meliputi 40 proyektil 120mm yang tersedia dalam berbagai Sabot Pembuang Armor Piercing, High Explosive dan Canister. Tank ini juga mampu membawa 1.000 butir peluru kaliber 50mm dan 12.400 butir amunisi 7.62mm serta 12 granat asap. Selain itu tank tempur M1 Abrams dilengkapi dengan perlindungan Nuklir, Biologis dan Kimia (NCB) fan kemampuan Night Vision Pasif.

Tank tempur M1 Abrams dikembangkan pada tahun 1980-an. Tank ini pertamakalinya terlihat dalam pertempuran saat terjadinya Perang Teluk Persia pada tahun 1991. Tank ini jauh lebih unggul dari tank era Soviet yang digunakan oleh Angkatan Darat Irak, M1 Abrams mampu menghancurkan tank-tank Irak. Dari 1.849 tank tempur M1 Abrams yang dikerahkan ke Arab Saudi untuk membebaskan Kuwait, hanya 23 yang rusak atau hancur namun tidak ada yang dihancurkan oleh tembakan musuh.


Selain itu tank tempur M1 Abrams banyak juga yang digunakan dalam Perang Global Melawan Teror. meskipun penggunaannya terbatas di Afganistan karena medannya yang sulit di daerah pegunungan, Namun tank ini sangat sering digunakan di Irak. 

Tank tempur M1 Abrams masih digunakan hingga saat ini dan menjadi tank utama Angkatan Darat AS, Mesir, Kuwait, Arab Saudi, Australia dan Irak.


Editor: Rey Mahessa
Sumber : MilitaryMachine.com

 
     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook