HARIMAU MEDIUM TANK, KENDARAAN TEMPUR TERBARU INDONESIA


HARIMAU MEDIUM TANK, KENDARAAN TEMPUR TERBARU INDONESIA

MahessaBlog | Seiring dengan besarnya kebutuhan pertahanan negara, Indonesia juga telah melengkapi jajaran alutisista di darat, udara dan laut dengan beragam peralatan militer canggih yang salah satunya adalah Harimau Medium Tank, kendaraan tempur terbaru Indonesia untuk kebutuhan Angkatan Darat Republik Indonesia mengantikan kendaraan tempur AMX-13 buatan Perancis yang sudah tua.


Harimau Medium Tank Kanon 105 mm adalah kendaraan tempur terbaru Indonesia yang didesain dan dikembangkan oleh PT. Pindad Indonesia dengan FNSS Turki untuk memenuhi kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kendaraan tempur seharga 30 juta dolar AS ini didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7.62 mm untuk daya tempur maksimalnya. 

Selain itu Harimau Medium Tank telah dilengkapi dengan sejumlah peralatan canggih lainnya sebagai pelindung pasukan seperti STANAG 4569 Level 4 dari tembakan peluru balistik berproyektil 14.5 mm dan STANAG 4569 lEVEL 5 untuk bertahan serangan peluru kaliber 25 mm yang menggunakan teknologi penembus lapis baja (armour piercing discarding sabot-tracer).

Harimau Medium Tank juga dilengkapi dengan mode anti radiasi nuklir (a chemical , biological, radiological anf nuclear (CBRN) protection system), pemindai laser dan granat asap untuk kiondisi darurat.

Harimau Medium Tank menggunakan mesin diesel dengan transmisi fully automatic. Kendaraan tempur terbaru Indonesia ini diawaki oleh tiga orang personel yakni komandan, driver dan penembak (loader). Mesin diesel yang digunakan pada kendaraan tempur ini memiliki kecepatan 70 km / jam berdaya jangkau hingga 450 km. 


Sebagai rakyat Indonesia, kita seharusnya bangga dengan keberhasilan PT.Pindad, Indonesia membuat kendaraan tempur canggih untuk memperkuat persenjataan Indonesia. Keberadaan kendaraan tempur Harimau Medium Tank menjadi bukti bahwa kekuatan teknologi militer Indonesia tidaklah kalah dengan negara-negara maju lainnya di dunia.

Spesifikasi :

Awak : 3 orang
Berat : 30-35 ton
Kecepatan : 70 km / jam
Persenjataan : Turret 105 mm, Smoke Grenade, senapan mesin Coaxial 7.62 mm.  


Editor: Rey Mahessa
Sumber: pindad.com


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook