DENEL AH-2 ROOIVALK - HELIKOPTER TERCANGGIH AFRIKA SELATAN SAAT INI


DENEL AH-2 ROOIVALK - HELIKOPTER TERCANGGIH AFRIKA SELATAN SAAT INI

MahessaBlog | Denel AH-2 Rooivalk merupakan helikopter tercanggih Afrika Selatan saat ini yang melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1990. Jenis ini kemudian didesain ulang menjadi CSH-2 (helikopter dukungan tempur no.2 Afrika Selatan) dan kemudian masih XDM (Model Pengembangan Eksperimental). Prototive kedua ADM (Advanced Development Model) terbang segera setelah ini dan ditugaskan untuk avionik dan pengembangan senjata.


Denel AH-2 Rooivalk merupakan proyek domestik sangat ambisius Afrika Selatan yang pada saat pengembanganya helikopter ini diharapkan menjadi helikopter tercanggih dan terhebat di dunia yang pernah dibuat Afrika Selatan untuk kebutuhan Angkatan Udara Afrika Selatan menjadi lebih hebat di benua Afrika.

Meskipun terlihat seperti mesin yang sama sekali baru, Rooivalk didasarkan pada helikopter utilitas Oryx Afrika Selatan yang pada gilirannya adalah versi reverse-engineered yang diupgrade dari jenis Puma Aerospatiale Perancis. Rooivalk menggunakan mesin yang sama meskipun dalam bentuk sedikit diperbaharui terutama pada rotor utamanya.


Helikopter tempur Denel AH-2 Rooivalk dilengkapi dengan Cockpand tandem stepped untuk pilot dan co-pilot serta awak penembak yang masing-masing memiliki kontrol ganda serta tiga layar LCD yang ketiga-tiganya digunakan untuk peringatan ancaman. Walaupun tidak ada tampilan head-up tetapi simbologi ditampilkan pada helm dengan warna penuh. 

DENEL AH-2 ROOIVALK - HELIKOPTER TERCANGGIH AFRIKA SELATAN SAAT INI
Turret yang distabilkan pada gyro di hidung pesawat mengandung sistem deteksi target dan pelacakan otomatis yang menggabungkan pengintai laser, kamera inframerah dan TV yang tampak ke depan. Kedua awak helikopter masing-masing memiliki sistem penglihatan yang dipasang pada helm.


Helikopter tempur tercanggih Afrika Selatan ini dipersenjatai dengan meriam ARMSCOR 20 mm yang terpasang di hidung pesawat. Selain itu helikopter ini juga dapat membawa 16 Mokopa ZT-6 yang mirip dengan Hellfire. Mokopa merupakan salah satu rudal anti-tank paling mematikan di dunia, memiliki jangkauan hingga 10 km. 

Selain itu helikopter tempur Denel AH-2 Rooivalk ini juga dapat membawa rudal anti-tank berpedoman US TOW yang lebih kecil serta rudal udara ke udara jarak pendek. Helikopter tempur ini juga sering membawa pod yang dikemas dengan 70 mm roket tidak terarah.



Editor: Rey Mahessa
Sumber: Military-Today.com

 

 

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook