BANGKAI KAPAL KUNO ROMAWI PERTAMA DITEMUKAN DI SIPRUS


BANGKAI KAPAL KUNO ROMAWI PERTAMA

MahessaBlog | Tim arkeologi dari Spyros Spyrou dan Andreas Kritiotis berhasil menemukan bangkai kapal kuno Romawi pertama saat menyelam di lepas pantai Tenggara Siprus. Para penyelam merupakan sukarelawan penyelam dengan tim riset arkeologi bawah laut dari Maritime Aecheological Research Laboratory (MARELab), Universitas Siprus,  seperti yang kami lansir dari laman LiveScience.com.


Para penyelam menemukan sisa-sisa kapal kuno ini dilepas pantai Protaras, sebuah kota resort yang terkenal dengan keindahan pantainya. Kapal kuno ini ditemukan tidak jauh dari bibir pantai dimana banyak turis berjemur dibawah sinar matahari yang menyengat. Selain menemukan bangkai kapal kuno Romawi, Para arkeolog juga menemukan sisa-sisa amphorae transportasi atau kendi kuno yang memiliki pegangan dan leher yang digunakan untuk menampung cairan berharga seperti minyak dan anggur.

Amphorae ini diperkirakan berasal dari Suriah dan Cilicia, provinsi Romawi Awal yang sekarang merupakan bagian dari Pantai Mediterania, Selatan Turki. 

Dengan ditemukannya kapal kuno Romawi Pertama ini diharapkan akan memberi penerangan baru tentang luasnya dan skala perdagangan lintas laut antara Siprus dan provinsi-provinsi Romawi lainnya di Mediterania Timur. 


Selama ini Siprus sangat terkenal dengan kekayaan arkeologi bawah lautnya. Pada tahun 2015 lalu, Tim peneliti juga menemukan makam keluarga kaya berusia 2.400 tahun yang tinggal di Siprus Utara. Di makam ini para peneliti menemukan banyak artefak seperti perhiasan, patung-patung, senjata dan juga kendi. 

Pada tahun yang sama, tim peneliti juga melaporkan sebuah jimat dua sisi berusia 1.500 tahun dengan palindrom efik 59 hurufyang ditemukan di kota kuno Nea Paphos di Siprus Barat Daya.

Sementara bangkai kapal kuno Romawi lainnya juga telah ditemukan di lepas pantai Israel, Mesir dan juga Italia.


Editor: Rey Mahessa
Sumber: LiveScience.com



Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook