QADR - RUDAL BALISTIK JARAK MENENGAH IRAN PALING CANGGIH


QADR - RUDAL BALISTIK JARAK MENENGAH IRAN PALING CANGGIH

MahessaBlog | Qadr adalah rudal balistik jarak menengah Iran paling canggih yang memiliki jangkauan lebih dari 2.000 km. Rudal yang dapat membawa 700 - 1.000 kg hulu ledak ini mulai diperlihatkan kepada publik pada September 2007 dan diproduksi untuk Angkatan Bersenjata Iran pada tahun 2008. Rudal balistik jarak menengah Iran paling canggih ini didesain dan diproduksi untuk menggantikan rudal Shahab 1 dan Shahab 2 yang hanya memiliki jangkauan 350 - 500 km.


Model awal dari rudal balistik jarak menengah Qadr memiliki panjang 15,6 meter dengan diameter 1,38 meter dengan muatan hulu ledak 1.000 kg, dengan jangkauan 1.300 km dan CEP 1.000 meter. Sementara bahan bakarnya terbuat dari 27% N204 dan 73% HN03 dengan iodium inhibitor, nitrogen tetroxide dan asam nitrat.

Pada saat yang sama, Iran juga mendapat teknologi rudal Cina yang mencakup paket besar rudal jelajah, balistik, permukaan ke udara dengan sistem terkait. Iran mulai meningkatkan rudal Shahab nya sendiri dengan sistem teknologi yang lebih baru.

Rudal balistik jarak menengah Qadr didesain dan diproduksi didasarkan pada Rudal Shahab 3. Keduanya dirancang oleh fasilitas rudal Iran. Engine Qadr adalah versi upgrade dari versi mesin rudal Shahab 3 yang memiliki daya dorong lebih dengan konsumsi bahan bakar lebih sedikit. Sementara sistem eknologi juga diperbaharui sehinga Rudal Qadr dapat terbang lebih tinggi, akurasi yang lebih baik dan jangkauan yang lebih panjang.


QADR - RUDAL BALISTIK JARAK MENENGAH IRAN PALING CANGGIH
Semua rudal kelas Qadr memiliki bentuk seperti Rudal Shahab. Empat sirip diujung rudal dengan puncak berbentuk kerucut baru dengan kendaraan masuk kembali, yang ditingkatkan pada versi baru dengan sedikit lebih panjang sekitar 50 cm.

Panjangnya sekitar 15.86 meter, diameter 1,25 meter, berat 17.000 kg dengan membawa hulu ledak eksplosif dan kluster serta diyakin dapat membawa hulu ledak nuklir.

Beberapa sumber dari Israel mengatakan bahwa tes pertama rudal balistik jarak menengah Qadr dilakukan selama latihan militer pada tahun 2006. Sementara produksi versi pertama dimulai pada tahun 2008 dan tahun 2014. 


Semua Rudal Qadr menggunakan peluncuran yang sama yang didasarkan pada semitrailer dan diderek oleh truk Mercedes Benz. Kendaraan peluncuran ini memiliki jangkauan 500 km dengan kecepatan sekitar 60 km per jam. Pangkalan pelucuran rudal Qadr melalui pangkalan bawah tanah dan silo serta peluncuran rudal permukaan.

Varian Rudal balistik jarak menengah QADR

Qadr F 

Varian rudal Qadr F berdasarkan pada Shahab 3 dengan memiliki kendaraan masuk baru, mesin, bahan,bakar, dan sistem panduan yang memiliki jangkauan lebih dari 1.940 km pada ketinggian lebih dari 200 km, CEF 100 meter dengan kevcepatan Mach 10.

Qadr H

Qadr H memiliki jangkauan sekitar 2.000 km  dengan beberapa kendaraan masuk baru. Rudal ini terbang pada ketinggian sekitar 500 km dengan kecepatan sekitar Mach 14.

Qadr S

Rudal balistik jarak menengah Qadr S adalah versi yang telah ditingkatkan dengan hulu ledak Cluster.

EMAD

EMAD adalah versi terbaru dari rudal balistik jarak menengah Iran dengan kendaraan masuk generasi ke-3. Rudal ini dapat dipandu dan dikendalikan menuju target dengan memaksimalkan akurasi rudal. Saat diuji coba pada 15 Oktober 2015, Rudal EMAD menjangkau sasaran tidak terlalu jauh dari target atau hanya berjarak sekitar 50 meter.

 
Editor : Rey Mahessa
Sumber: Military-Today.com

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook