B-2 SPIRIT, PESAWAT BOMBER PALING CANGGIH DI DUNIA


B-2 SPIRIT, PESAWAT BOMBER PALING CANGGIH DI DUNIA

MahessaBlog | Dunia penerbangan militer terus berkembang dari waktu ke waktu, dan beberapa kekuatan militer yang muncul di dunia seperti AS, Rusia dan Cina sedang berusaha mengembangkan pesawat bomber berbasis siluman. Ketika kemampuan mereka berkembang, Intelijen AS mengumpulkan lebih banyak informasi tentang apa yang mereka ingin lakukan. 


B-2 Spirit adalah pesawat bomber paling canggih di dunia berteknologi siluman (stealth). Pesawat yang didesain oleh perusahaan Northrop Grumman ini dibuat dari bahan thermoplastic ini digunakan oleh Angkatan Udara AS (USAF) sejak tahun 1989 menjadi andalan Angkatan Udara AS untuk operasional jarak jauh karena pesawat ini ternasuk sebagai salah satu pesawat bomber strategis yang telah diakui kemampuannya oleh kalangan militer. Kemampuannya yang unik, termasuk karateristik silumannya memungkinkan pesawat pembom strategis ini menembus pertahanan musuh yang paling ketat sekalipun. Kebolehan B-2 Spirit telah ditunjukannya dalam operasi militer Perang Irak beberapa tahun yang lalu.

B-2 SPIRIT, PESAWAT BOMBER PALING CANGGIH DI DUNIA

Pesawat bomber B-2 Spirit dirancang untuk menghancurkan basis atau pangkalan militer musuh tanpa terlihat oleh radar. Kecanggihan B-2 adalah mampu menembus perisai pertahanan udara (radar) yang canggih. Pesawat ini mampu menyerang target dari ketinggian sekitar 50,000 kaki (16.656 km). Dengan jangkauan lebih dari 6.000 km tanpa mengisi bahan bakar (unrefueled) dan lebih dari 10.000 km dengan satu kali pengisian bahan bakar, memberikan kemampuan bagi B-2 Spirit untuk terbang ke titik manapun di dunia dalam beberapa jam saja.  


Pesawat bomber hampir selalu dirancang dengan pertimbangan luas, tetapi desain unik yang ada pada pesawat bomber B-2 Spirit dapat beroperasi pada jarak jauh yang ekstrem. Tanpa mengisi bahan bakar, B-2 Spirit memiliki jangkauan terbang lebih dari 6.000 mil. Prinsipnya B-2 Spirit dapat menjangkau titik yang dihuni dimanapun di planet ini. Hal ini memberi Angkatan Udara AS kemampuan yang tak tertandingi untuk mengirimkan rudal jelajah konvensional atau nuklir ke seluruh penjuru dunia dengan cepat.

B-2 SPIRIT, PESAWAT BOMBER PALING CANGGIH DI DUNIA

Selain sebagai pesawat bomber paling canggih di dunia, B-2 Spirit juga didesain memiliki sistem siluman. Dengan sedikit lembaran logam di kulit pesawat, B-2 mengandalkan campuran lebih dari 200 bahan kimia, lembaran bahan komposit dan cat berteknologi tinggi. Setiap celah diisi dengan busa ekspansif yang terbuat dari formula yang dirahasiakan.    

B-2 SPIRIT, PESAWAT BOMBER PALING CANGGIH DI DUNIA
Pada awalnya B-2 Sprit  dipersenjatai dengan enam belas rudal jelajah AGM-129 ACM yang merupakan rudal jelajah siluman pertama di dunia.  Rudal ini memiliki jangkauan hingga 3.000 km dengan dilengkapi oleh hulu ledak nuklir 5-150 kT. Rudal ini dikembangkan karena kekhawatiran bahwa pesawat siluman membutuhkan rudal siluman agar efektif melawan sistem pertahanan rudal Rusia yang paling canggih. Rudal ini diproduksi oleh USAF pada tahun 1990. Namun secara mengejutkan USAF secara resmi mengumumkan keputusan untuk menpensiunkan dan menghancurkan semua rudal AGM-129 yang rencananya selesai pada tahun 2013.

Saat ini B-2 Spirit membawa 16 rudal AGM-158A JASSM dan meningkatkan rudal peluncur udara JASSM-ER AGM-158B. Rudal siluman ini dirancang khusus untuk menembus sistem pertahanan udara canggih Rusia seperti rudal S-300. Selain itu rudal AGM-158A memiliki jangkauan 370 km sedangkan rudal AGM-158B memiliki jangkauan hingga sejauh 940 km. Kedua rudal pada B-2 Spirit memiliki hulu ledak konvensional.


Senjata lain yang dibawa oleh B-2 Spirit adalah bom jatuh bebas termonuklir, bom penetrasi, bom terpandu dan bom luncur presisi AGM-154C JSOW.

Saat ini hanya 20 unit pesawat bomber B-2 Spirit yang dioperasikan oleh Angkatan Udara AS (USAF).


Editor: Rey Mahessa
Sumber: MilitaryMachine.com

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook