RUSIA SIAP KIRIM PESAWAT TEMPUR SU-35 KE TURKI


PESAWAT TEMPUR SU-35 RUSIA

MahessaBlog | Perusahaan Rusia, Rostec, siap mengirimkan pesawat tempur Su-35 ke Turki jika Ankara menyatakan berminat untuk membeli Su-35, kata ketua Rostec, Sergei Chemezov seperti yang kami lansir dari laman tass.com

"Jika rekan-rekan di Turki kami menyatakan minat, Kami siap untuk membahas pengiriman Su-35," kata layanan pers Rostec mengutip Chemezov.


Pada 17 Juli 2019, juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa keputusan Turki untuk membeli sistem pertahanan rudal Rusia S-400 membuat Ankara tidak mungkin untuk tetap dalam program pesawat tempur F-35 Lightning II generasi kelima bertekhnologi siluman paling canggih di dunia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyatakan bahwa jika AS menolak memasok pesawat tempur F-35 Lightning II ke Turki, Ia akan mempertimbangkan untuk menandatangani kontrak dengan negara lain, termasuk Rusia.  


Pesawat tempur supersonik Su-35S generasi 4++ melakukan penerbangan pertamanya pada 19 Februari 2008. Pesawat canggih Rusia ini merupakan turunan dari pesawat tempur Su-27. Pesawat yang memiliki bobot seberat 19 ton ini dapat terbang pada ketinggian maksimal 20.000 km dengan dapat mengembangkan kecepatannya hingga 2.500 km / jam. Pesawat Su-35 memiliki satu awak pilot.

Pesawat tempur tercanggih Rusia ini juga dilengkapi dengan persenjataan seperti senapan mesin 30 mm hingga 8 ton muatan senjata lainnya seperti rudal, misil dan bom dari berbagai jenis pada 12 titik bawah sayap. Pesawat tempur SU-35 telah beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia sejak tahun 2015 lalu.

Cina telah menjadi negara asing pertama yang membeli pesawat tempur Su-35 dari Rusia. Kontrak bernilai sekitar $ 2,5 miliar pada pengiriman 24 jet tempur Su-35 ke Cina yang ditandatangani pada tahun 2015. Dalam kontrak juga menetapkan pengiriman peralatan darat dan mesin cadangan.


Sementara Indonesia adalah negara asing kedua yang membeli pesawat tempur Su-35. Laporan ini muncul pada awal tahun 2018 bahwa Rusia telah menandatangani kontrak dengan Indonesia untuk pengiriman 11 pesawat tempur Su-35. Di bawah kontrak, Rusia akan mengirimkan pesawat tempur Su-35 ke Indonesia pada akhir tahun 2019 ini. Pemenuhan kontrak dengan Indonesia menghadapi beberapa kesulitan yang salah satu diantaranya terkait dengan sanksi AS.

       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook