9 TRAGEDI TERBURUK YANG MELIBATKAN TIM OLAHRAGA

9 Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga 


Mahessa83 |  Berita jatuhnya pesawat LaMia Airlines Flight 2933 yang membawa anggota tim utama klub sepakbola Chapecoence membuat kaget semua orang. Dalam peristiwa naas yang terjadi pada tanggal 29 November 2016  di daerah pegunungan dekat Medelin, Kolombia menewaskan 71 penumpang dari 77 penumpang yang ada.

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga pada peristiwa jatuhnya pesawat yang menewaskan tim sepakbola Chapocoence bukanlah yang pertama terjadi dalam sejarah dunia olahraga. Setidaknya ada 9 Kejadian serupa yang pernah terjadi ketika sebuah kecelakaan tragis hampir menewaskan seluruh tim olahraga seperti yang dialami oleh Tim sepakbola Manchester United, ketika pesawat yang ditumpanginya terjatuh dan menewaskan seluruh pemaiannya atau peristiwa jatuhnya pesawat pada tahun 1979 lalu yang menewaskan seluruh tim sepakbola nasional Zambia.

Berikut 9 Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga yang kami lansir dari laman oddee.com 

1. Tragedi Terburuk Tim Sepakbola Chapecoence

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Sebuah pesawat yang membawa tim sepakbola Chapecoence terjatuh di Rionegro dekat Medelin pada bulan November 2016 saat membawanya kesebuah pertandingan besar ke Bolivia. Dalam peristiwa naas tersebut 71 penumpang dinyatakan tewas dan 11 penumpang lainnya selamat. Menurut pihak berwenang Bek Chapecoense Alan Luciano Ruschel adalah diantara yang selamat. 

Sebanyak 43 dari 71 penumpang yang tewas adalah bagian dari delegasi Chapecoense termasuk 19 pemain, 17 anggota staff klub, 7 orang dewan direksi dan 4 orang wartawan Brasil. Peristiwa ini menjadikan bencana paling mematikan bagi sebuah tim olahraga dalam sejarah.

2. Tragedi Terburuk Tim Rugby Uruguay

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga

Pada tanggal 13 Oktober 1972, 45 penumpang pesawat Uruguay Air Force 571 terjatuh saat menabrak Pegunungan Andes yang berkabut saat terbang dari Santiago menuju Montevideo. Pada peristiwa tersebut 12 orang meninggal seketika, 5 orang beberapa jam kemudian dan 1 lagi seminggu kemudian. Bencana terjadi lagi pada 17 Oktober 1972 ketika longsoran salju menewaskan 8 orang penumpang lainnya.

Kemudian yang selamat hanya memiliki sedikit persediaan makanan dan tidak ada sumber panas dalam cuaca yang super dingin. pada ketinggian 3.600 mdpl. Dihadapkan dengan kelaparan dan berita radio yang melaporkan bahwa pencarian telah dihentikan. Mereka yang masih hidup mengubur penumpang lainnya yang telah tewas di bawah permukaan salju.

Hingga setelah 72 hari sejak terjadinya kecelakaan, Ketika Nando Parrado dan Dr. Canessa berangkat mencari bantuan dan bertemu dengan Chili Sergio yang memberi mereka makanan dan memberitahu kepada pihak berwenang.

3. Tragedi Terburuk Tim Nasional Sepakbola Zambia

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga selanjutnya terjadi pada tahun 1993, Sebuah pesawat militer yang membawa tim nasional sepakbola Zambia untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia jatuh ke laut. Dalam peristiwa tersebut 25 penumpang dan 5 awak dinyatakan tewas termasuk 18 pemain, pelatih tim dan staff pendukung.

Pada tahun 2012, Zambia memenangi Piala Afrika di Libreville yang hanya berjarak beberapa ratus kilometer dari tempat kejadian. Kemenangan tersebut didedikasikan buat prang-orang yang telah kehilangan nyawa dalam tragedi tersebut. Zambia mengalahkan Pantai Gading 8-7 dalam drama adu pinalti setelah sebelumnya kedudukan berakhir dengan skor 0-0. 

4. Tragedi Terburuk  Tim Hoki Rusia

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga ini terjadi pada tanggal 7 September 2011 lalu, Sebuah pesawat terjatuh setelah lepas landas dari bandara Tunoshna Airport. Pesawat dengan total penumpang 45 orang di dalamnya ini menewaskan 8 awak dan 37 penumpang kapal termasuk pemain, pelatih, dan dokter dari Klub Hoki Lokomotiv Yaroslav yang sedang dalam perjalanan ke ibukota Belarusia, Minsk. Semua orang dalam pesawat tersebut tewas kecuali seorang teknisi pesawat, Aleksandr Sizov. ia satu-satunya orang yang selamat dalam kecelakaan tersebut.


5. Tragedi Terburuk Tim Sepakbola Tewas Tersambar Petir

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Pada tahun 1999, Saat sebuah pertandingan sepakbola yang diselenggarakan di bagian timur Kongo berakhir dengan tragedi ketika sebuah kilatan petir menyambar 11 pemain dilapangan sepakbola dan 30 orang menderita luka bakar. Kecelakaan aneh tersebut terjadi karena terdapat paku logam dalam sepatu mereka. Dan yang lebih anehnya, tim lawan selamat tanpa terluka yang menciptakan spekulasi bahwa sihir berperan di dalamnya.

6. Tragedi Terburuk Tim Sepakbola Torino

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Tragedi Superga terjadi pada Mei 1949 ketika sebuah pesawat yang membawa seluruh tim sepakbola AC Torino (dikenal sebagai II Grande Torino) menabrak Superga Hill dekat Turin, Italia. Dalam tragedi ini 31 orang tewas seketika termasuk 18 pemain, official klub dan wartawan yang menyertainya.

II Grande Torino dikenal sebagai tim sepakbola terkuat di Italia saat itu (telah memenangkan 4 kejuaraan nasional berturut-turut (1945-1949) dan salah satu tim terkuat di dunia. Dari seluruh skuad tim yang ada, hanya tiga pemain yang tetap hidup, Sauro Toma, yang tidak ikut karena cidera, Laszlo Kubala, yang tetap tinggal bersama keluarganya dan Luigi Giuliano, yang tidak mendapatkan paspor.

7. Tragedi Terburuk Tim Sepakbola Camaron de Tejeda.

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Setidaknya 20 orang penumpang meninggal ketika bus yang membawa pemain sepakbola Meksiko jatuh dari sebuah jembatan Sungai Atoyac menuju jurang pada bulan Januari 2016 lalu. Yolanda Guttierez, Kepala kantor pertahanan sipil di negara bagian Gulf Coast dari Veracruz mengatakan, "Kecelakaan itu 20 orang dari 45 penumpang yang ada,". Perlu diketahui Bus tersebut mengangkut tim sepakbola Camaron de Tejeda ke Cordoba untuk sebuah pertandingan.

8. Tragedi Terburuk Tim  Ice Skating AS

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Pada bulan Februari 1961, 18 anggota tim ice skating AS tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Berg-Kampenhout, Belgia dal sebuah perjalanan menuju Kejuaraan Dunia  Figure Skating Championship 1961 yang diselenggarakan di Praha, Cekoslowakia.

Diantara mereka yang tewas terdapat Laurence Owen (16 tahun) yang baru saja memenangkan US Open Figure Skating Championship sebulan sebelumnya serta Bradley Long, Juara US Skating 1961, Maribel Owen (adik Laurence) dan Dudley Richards. Pasangan juara US 1961 Diane Sherbloom dan Larry Peace, 

Selain pemain Skater, 16 orang yang menyertai mereka termasuk keluarga, teman, pelatih dan tim official semuanya tewas dan 38 penumpang lainnya serta awak pesawat Sabena 548 yang meninggalkan kota New York  pada malam 14 Februari 1961 juga tewas dalam sebuah kecelakaan ketika pesawat tersebut terjatuh pada pukul 10 pagi di cuaca yang cerah ketika mencoba mendarat untuk singgah di Bandara Internasional Belgia di Brussels.

Insiden ini adalah bencana udara terburuk yang melibatkan tim olahraga Amerika Serikat sampai tahun 1970 ketia 37 pemain tim sepakbola Universitas Marshall tewas dalam kecelakaan pesawat di West Virginia.

9. Tragedi Terburuk Tim Sepakbola Manchester United

Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga


Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga lainnya adalah saat sebuah pesawat yang membawa tim sepakbola Manchester United jatuh saat lepas landas dalam perjalanan kembali dari pertandingan sepakbola Piala Eropa melawan Red Star Belgrade. Delapan pemain MU dan 15 orang lainnya tewas dalam peristiwa yang terjadi pada tahun 1958 tersebut. Peristiwa ini sekarang terkenal dengan sebutan "Tragedi Muenchen"

Nah itulah 9 Tragedi Terburuk Yang Melibatkan Tim Olahraga dari beberapa cabang di seluruh dunia yang diakibatkan dari kecelakaan pesawat atau bencana lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kita semua.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook