LUKISAN FRESCO KUNO DARI NARCISSUS MYTHICAL DITEMUKAN DI POMPEII


FRESCO KUNO DARI NARCISSUS MYTHICAL
Lukisan yang baru ditemukan Fresco kuno dari Narcissus di situs Pompeii
(gambar dari Taman Arkeologi Pompeii).

MahessaBlog | Penggalian-penggalian yang dilakukan oleh para arkeolog di sebuah rumah yang didekorasi dengan mewah di Pompeii Kuno di Hari Valentine berhasil menemukan sebuah Fresco Kuno dari Narcissus, pemburu mitos yang jatuh cinta pada bayangannya sendiri.

Menurut mitologi Yunani, Narcissus adalah putra dewa sungai Cephissus dan Nimfa Liriope, seorang lelaki tampan yang terbuang secara sia-sia setelah menatap bayangannya sendiri di genangan air yang kemudian sekarang namanya identik dengan mementingkan diri sendiri.




Meskipun begitu, kemiripannya sering digambarkan dalam lukisan-lukisan yang salah satunya telah ditemukan di situs Pompeii Kuno, kota Romawi yang hancur setelah terjadinya letusan Gunung Vesivius pada tahun 79 SM. 

Penemuan Fresco Kuno dari Narcissus yang diumumkan pada tanggal 14 Februari 2019 oleh Taman Arkeologi Pompeii adalah contoh yang menakjubkan tentang bagaimana pelukis kota Pompeii menggambarkan lelaki tampan putra dewa sungai Chephissus itu seprti yang kami lansir dari laman livescience.com. 

Para arkeolog menemukan lukisan itu pada atrium sebuah rumah yang menjadi berita utama pada November 2018 lalu setelah sebuah lukisan erotis kuno  ditemukan ditempat ini. Lukisan yang ditemukan itu menggambarkan Dewa Romawi Jupiter yang menyamar sebagai Angsa ketika ia sedang menggoda Leda, Ratu Sparta yang sangat legendaris.

Kedua lukisan kuno ini ditemukan di dua kamar yang terpisah, tetapi jelas siapapun yang mendekorasi kamar-kamar ini adalah seorang penikmat seni yang sensual seperti lukisan Priapus, Dewa Kesuburan Romawi yang ditemukan di dinding.

Lukisan di dinding-dinding di ruang Leda di Pompeii juga dihiasi dengan hiasan bunga, griffin, cupid bersayap serta beberapa adegan binatang yang sedang berkelahi. Namun sayangnya langit-langit di rumah ini runtuh semua ketika Gunung Vesivius memuntahkan pecahan batu dan lahar panas.

Selain itu di atrium tempat lukisan Narcissus ditemukan, para arkeolog masih bisa melihat jejak tangga yang mengarah ke lantai atas dan pada penggalian berikutnya para arkeolog juga menemukan selusin wadah kaca, delapan stoples amphora dan corong dari perunggu yang ditempatkan diruang bawah tangga. Situla perunggu (hiasan ember) juga ditemukan ditempat ini.


Menurut arkeolog Massimo Osanaa, direktur jenderal Taman Arkeologi Pompeii, "Penemuan-penemuan luar biasa dari situs Pompeii ini akan terus berlanjut, Adegan mitos Narcissus yang sangat terkenal dan juga pernah ditemukan ditempat lain disajikan di atrium rumah. Seluruh ruangan dipenuhi dengan tema kegembiraan hidup, keindahan dan kesombongan, yang selanjutnya digarisbawahi oleh tokoh maenad (pengikut wanita Dionysus) dan satyr yang menemani pengunjung di dalam bagian umum rumah, seolah-olah bagian dari rombongan Dionysian,".

Osanna menambahkan bahwa "hiasan ini sengaja dibuat mewah yang mungkin berasal dari tahun-tahun koloni seperti yang ditunjukkan oleh kondisi pelestarian warna yang luar biasa,".      

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook