5 GEJALA AWAL DIABETES YANG HARUS ANDA PAHAMI

5 Gejala Awal Diabetes Yang Harus Anda Pahami  


Gejala-Awal-Diabetes

Mahessa83 - Diabetes merupakan penyakit yang bersifat kronis (menahun) yang terjadi akibat kurangnya produksi insulin oleh pankreas yang berhubungan dengan metabolisme karbohidrat yang ditandai dengan meningkatnya konsentrasi glukosa dalam darah. 

Pada umumnya Gejala Awal Diabetes Tipe 2 disebabkan oleh buang urine yang berlebihan (polyura), rasa haus (polydipsia) atau lapar yang berlebihan (polypogia) atau adanya penurunan berat badan.

Namun berikut ini ada 5 Gejala Awal Diabetes Yang Harus Anda Pahami karena tidak umum diketahui oleh banyak orang. Berikut ulasannya,

1. Perubahan Pada Kulit


Jangan biarkan jika Anda mengalami perubahan pada kulit Anda. Bila kulit Anda menjadi agak gelap, bersisik di daerah lipatan terutama pada bagian belakang leher, siku atau buku-buku jari hal ini menunjukan peringatan awal bahwa kadar gula darah Anda terlalu tinggi.

Menurut Sanjiv Saini.MD seorang dermatologi dari Edgewater University, "Meskipun genetika atau kondisi hormonal dapat menyebabkan gangguan kulit yang disebut acanthosis ningricans, namun ketika saya melihat kondisi ini, hal pertama yang saya lakukan kepada pasien ialah melakukan tes gula darah," .

Kadar insulin yang tinggi mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan melanin. Pigmen dalam sel-sel kulit akhirnya akan menimbulkan bercak-bercak hitam. Tes gula darah dapat menunjukkan apakah pasien sudah memiliki diabetes atau sekedar mendeteksi kadar gula darah sebagai cara untuk mendeteksi suatu penyakit.

2. Penglihatan Menjadi Lebih Tajam Tanpa Sebab


Jika Anda mengalami penglihatn menjadi lebih tajam tanpa sebab, sebaiknya tak berbangga hati dahulu. Gejala Diabetes bukan hanya penurunan kualitas penglihatan Anda tetapi juga kualitas peningkatan pada penglihatan.

Menurut Howard Baum.MD, Assisten profesor kedokteran dari divisi diabetes dari Vanderbilt University mengatakan, "Visi dapat berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk,".

Apa yang menyebabkan kondisi ini? Diabetes menyebabkan kadar cairan dalam tubuh bergeser termasuk pada mata Anda yang mengalami perubahan penglihatan.

3. Gatal Yang Tak Kunjung Reda


Gatal yang tak kunjung reda juga merupakan gejala dari diabetes. Hal ini terjadi karena diabetes juga dapat menggangu sirkulasi darah yang dapat memicu kulit menjadi kering dan gatal.

Jika pelembab kulit tak mampu meredakan gatal pada kulit Anda, Sebaiknya segera menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

4. Pendengaran Berkurang


Jika akhir-akhir ini Anda mengalami gannguan tanpa sebab pada telinga Anda, Sebaiknya segera menghubungi dokter Anda untuk melakukan tes gula darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Health menyebutkan, gangguan pendengaran bisa menjadi peringatan awal dari Diabetes.

Walaupun belum termasuk pada kriteria Diabetes, Orang yang mengalami kadar gula darah diatas normal memiliki resiko 30% lebih mungkin mengalami pengrusakan pendengaran ketimbang orang dengan kadar gula normal.

Para peneliti percaya bahwa Diabetes memicu kerusakan pembuluh darah dan saraf telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran.

5. Mendengkur Lebih Keras


"Sekitar setengah penderita Diabetes Tipe 2 memiliki gangguan pernafasan pada saat tidur," kata Osama Handy.MD, Direktur Management Diabetes di Joslin Diabetes Center, Boston.

Jika Anda mengalami gangguan dengkur yang lebih keras saat tidur atau sering mengalami kantuk yang amat sangat di siang hari, maka periksalah kadar gula Anda.

Sebuah penelitian di Kanda baru-baru ini menunjukkan bahwa 23% dari pasien yang didiagnosis dengan gangguan tidur yang umum beresiko mengembangkan Diabetes dalam waktu Lima Tahun kedepan.

Walaupun kaitan ini belum sepenuhnya dipahami, namun ada kemungkinan pasien dengan gangguan nafas pada saat tidur cenderung untyuk melepaskan hormon stres selama tidur yang dapat meningkatkan kadar gula darah.     


sumber:national geogrphic        

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook