8 CARA LATIHAN FISIK UNTUK MENGUATKAN OTAK

8 Cara Latihan Untuk Menguatkan Otak  


Latihan-fisik

Mahessa83 - Tidak ada yang meragukan bahwa dengan olahraga secara teratur sangat baik untuk kesehatan serta umur panjang. Olahraga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fungsi kognitif. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Neurology menunjukkan bahwa dengan olahraga teratur dapat membantu memperlambat atau mencegah penyusutan otak pada orang-orang yang terkena gejala Alzheimer.

Pada penelitian lain juga banyak yang menyatakan bahwa aktivitas fisik dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan otak secara keseluruhan serta meningkatkan produktivitas dan ketenangan.

Jika Anda takut atau ragu-ragu melakukan aktivitas fisik, Mudah-mudahan Anda akan berubah pikiran setelah membaca alasan 8 Cara Latihan Untuk Menguatkan Otak  berikut ini yang kami lansir dari laman womenitely.

1. Mengurangi Resiko Penurunan Kognitif


Ketika kita masih muda, Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi pada otak kita setelah berumur 60-70 tahun. Olahraga secara teratur telah terbukti dapat mencegah kerusakan sel-sel otak serta hilangnya kordinasi terkait dengan Penyakit Parkinson. Melakukan kebisaan latihan fisik di usia 20-an akan membantu Anda mempertahankan fungsi kognitif sampai usia Anda mencapai 70 tahun atau lebih.

2. Meningkatkan Memori Otak


Berdiam diri memiliki resiko lebih tinggi terkena demensia dan kehilangan memori otak dariopada orang-orang yang berkerja setiap hari. Bersepda, lari, jogging dan jalan santai adalah pilihan terbaik. Namun menurut sebuah study yang dilakukan oleh Dr. Scott Small dari National Academy of Sciences. Latihan aerobik dapat meningkatkan memori otak Anda secara tajam.

Study ini menunjukkan bahwa mengikuti program latihan aerobik selama 3 bulan tampaknya menghasilkan neuron baru di hippocampus yaitu bagian dari otak yang berfungsi untuk memori.

3. Membuat Otak Tetap Muda


Kita tidak bisa terhindar dari penuaan. Tetapi kita memperlambatnya untuk tetap tampil muda. Dengan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar faktor neurotropik di otak. Hal ini dapat membuat dan  meregenerasi  sel-sel saraf pada orang dewasa serta mendukung fungsi kognitif.

BDNF (protein penting yang mempengaruhi sistem dan fungsi otak perifer) dapat membantu meperlambat penuaan otak dan mencegah penyakit Alzheimer.Usahakan Anda tetap melakukan latihan fisik minimal 20 menit sehari.

4. Meningkatkan Kosentrasi


Apakah Anda mengalam kesulitan kosentrasi pada saat tugas-tugas penting? Gerakan tubuh Anda, Karena olahraga dapat membantu menjernihkan pikiran serta menenangkan saraf Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Illionis, 60 menit melakukan latihan fisik sehari dapat meningkatkan kosentrasi pada anak-anak.

5. Menurunkan Tingkat Emosi


Latihan fisik dapat menyebabkan emosi menjadi lebih baik serta merasakan ketenangan dan kesehatan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa aktivitas fisik secara teratur membantu Anda untuk melawan stres, kecemasan, perubahan suasana hati dan depresi. Berjalan adalah salah satu latihan fisik paling efektif yang dapat membantu Anda dari rasa emosi.

6. Meningkatkan Kinerja Mental


Mahasiwa yang bekerja akan lebih baik dalam pelajaran daripada mereka yang mengahbiskan malam dengan buku-buku tanpa olahraga. Daripada meminum seangkir kopi, alangkah baiknya jika Anda juga melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan, yoga atau pergi berenang. Ini tidak hanya dapat meningkatkan kinerja mental Anda tetapi juga dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan energi Anda secara alami.

7. Latihan Fisik Dapat Membantu Anda Dari Keputusan Sulit


Jika Anda mengalami masalah dalam sebuah keputusan yang sulit, Pertimbangkanlah untuk melakukan latihan fisik selama 20 menit. Masalahnya, Olahraga dapat membantu Anda berpikir lebih cepat dan jelas. Akibatnya Anda banyak memiliki kesempatan untuk membuat keputusan yang sulit menjadi lebih cepat daripada ketika pikiran Anda terbebani dengan berbagai pikiran dan ide-ide yang berbeda.

8. Membuat Anda Merasa Bahagia


Bukan menjadi rahasia bahwa orang-orang yang hidupnya bahagia cenderung memiliki hidup yang panjang daripada orang-orang yang selalu pesimis. Latihan fisik dapat meningkatkan kadar serotonin, endorfin dan bahan kimia otak lain yang langsung dapat meningkatkan mood Anda untuk membuat Anda merasa bahagia.

Nah itu adalah salah satu manfaat dari melakukan olahraga setiap hari. Disini Anda tidak harus memiliki perlatan olahraga atau ikut sebagai anggota gym untuk meningkatkan kekuatan otak Anda. Carilah beberapa aktifitas latihan fisik yang Anda suka dan melakukannya secara teratur. Apa saja bisa Anda laukan seperti berjalan, lari atau melompat. Apapun yang Anda pilih, Gerakanlah tubuh Anda dan nikmati pikiran yang sehat setiap hari.   

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook