8 ALASAN TERJADINYA PERUT KEMBUNG

8 Alasan Terjadinya Perut Kembung 


Perut-Kembung

Mahessa83 - Jika perut Anda mengalami kembung setiap hari, Sekarang saatnya memecahkan masalah tersebut. Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Hal ini bukan saja akibat pola makan yang salah, Ada beberapa faktor lain yang membuat Anda mengalami perut kembung setiap hari. 

Walaupun perut kembung bukanlah masalah yang serius, tetapi dapat mengakibatkan efek samping jangka panjang. Selain mengalami perasaan yang tidak nyaman, kram perut pada Anda, Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, alergi, autoimun dan dalam beberap kasus dapat menyebabkan kanker. 

Berikut ini 5 Alasan Anda Merasa Kembung Setiap Hari

1. Makan Terlalu Banyak Atau Terlalu Cepat


Terlalu banyak makan adalah alasan utama orang mengalami perut kembung. Tetapi ketika Anda makan terlalu banyak atau terlalu cepat Anda akan menelan gelembung udara bersama makanan Anda. Tidak mengunyah makanan secara tidak merata dapat mengakibatkan karbohidrat pada pencernaan menjadi buruk.

Solusinya adalah makanlah secara perlahan-lahan dan mengunyah makanan secara merata, mengurangi porsi makanan Anda. Ingat dibutuhkan waktu 15-20 menit bagi perut untuk memberitahu otak.

2. Gaya Hidup


Apakah Anda bekerja di rumah atau di kantor? Gaya hidup Anda dapat menyebabkan perut kembung kronis. Kemungkinannya adalah Anda sedikit sekali melakukan latihan olahraga. Hal ini dapat menyebabkan memperlambat sirkulasi pada sistem pencernaan Anda. Para peneliti membuktikan bahwa orang-orang yang mengalami gaya hidup tanpa olahraga cenderung umurnya lebih pendek daripada orang-orang yang rajin berolahraga.

Jika Anda mengalami perut kembung setiap hari, perbaikilah gaya hidup Anda. Anda tidak harus pergi ke gym setiap hari untuk berolahraga tetapi cukup tambahkan olahraga ringan yang membutuhkan gerakan disela-sela kesibukan Anda yang juga dapat mencegah masalah kesehatan lainnya seperti sembelit dan osteochondrosis perut kembung.

3. Ngemil Di Waktu Malam


Ketika larut malam, sulit rasanya menghindari makan sesuatu seperti sandwich atau salad atau makanan ringan lainnya. Hindarilah oleh Anda melakukan ngemil di malam hari karena ini membuat perut kembung dan tidak nyaman karena keberadaan lemak ekstra di pinggang Anda.

4. Menelan Terlalu Banyak Udara


Permen Karet, Minum melalui sedotan, menghisap permen dengan keras atau meminum minuman bersoda adalah alasan perut Anda mengalami kembung. Hindarilah kebiasaan ini jika Anda mengalami perut kembung yang disebabkan oleh gas.

5. Minum Kafein Terlalu Banyak


Kafein banyak ditemukan pada kopi dan teh yang dapat menyebabkan dehidrasi, memperlambat gerakan makanan di usus yang dapat menyebabkan perut kembung. Karena meminum minuman berkafein yang terlalu banyak dapat menstimulasi saluran pencernaan Anda yang juga dapat menyebabkan kejang parah. Jika Anda menderita radang lambung, mag atau sindrom iritasi usus, minuman berkafein dapat memperburuk penyakit Anda.

6. Makanan Mengandung Gas


Kacang-kacangan, Kubis, Brokoli, Apel, Alpukat, Kembang Kol, Wortel, buah aprikot dan susu adalah makanan yang mengandung gas yang dapat menyebabkan perut kembung. Memantau semua makanan yang Anda makan dan bagaiman reaksinya setelah itu akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang harus Anda hindari dari rencana makan Anda.

7. Pil KB


Pil KB yang mengandung estrogen yang sangat tinggi mungkin mejadi alasan juga Anda mengalami perut kembung. Bicarakan dengan dokter Anda untuk memecahkan masalah ini. Mereka mungkin akan menyarankan Anda untuk memilih alat KB lainnya dengan dosis estrogen yang lebih rendah.

8. Stres


Stres adalah penyebab lain mengapa Anda mengalami perut kembung setiap hari. Karena stres banyak menyebabkan masalah dalam kesehatan termasuk perut kembung. Mencari cara untuk mengurangi tingkat stres adalah cara terbaik untuk menghilangkan perut kembung Anda. Olahraga, Yoga atau Meditasi adalah beberapa cara populer untuk mengurangi stres.

Janganlah diabaikan jika Anda mengalami perut kembung karena ini bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius. Jadi jika Anda mengalami perut Anda tidak nyaman dan kembung setiap hari, mencari alasan terjadinya perut kembung dan mengatasi masalahnya adalah cara terbaik sebelum Anda bertemu dengan dokter Anda.


sumber:womenitely     



     Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook