GUA GARAM TERPANJANG DI DUNIA TELAH DITEMUKAN DIBAWAH GUNUNG SODOM, ISRAEL

  • Labirin stalaktit dibawah Gunung Sodom dikenal sebagai Gua Malham dan berakhir di Laut Mati yang jaraknya berdekatan.
  • Pengukuran dilakukan dengan menggunakan sinar laset sepanjang 10 kilometer menjadikan Gua Garam Malham sebagai Gua Garam Terpanjang di Dunia.

GUA GARAM TERPANJANG DI DUNIA TELAH DITEMUKAN DIBAWAH GUNUNG SODOM, ISRAEL

Penjelajah gua menunjukkan Gua Malham di dalam Gunung Sodom yang terletak di bagian selatan Laut Mati, Israel. Tempat ini diyakini sebagai gua garam terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 10 kilometer. 

MahessaBlog | Gua garam terpanjang di dunia telah ditemukan dibawah Gunung Sodom, Israel, kata para peneliti.Dengan panjang sekitar 10 kilometer, yang dikenal sebagai Gua Garam Malham labirain stalaktit  yang dikenal sebagai Gua Garam Malham berujung di laut mati yang ada didekatnya.


Garam membentuk batang bengkok yang turun dari langit-langit dan kristal garam berkilau di sepanjang dinding gua. Sementara beberapa stalaktit memiliki tetesan air yang terlihat di bagian bawag formasi yang rapuh.

Survei untuk menentukan panjang gua di lakukan oleh Universitas Ibrani Yerusalem dan juga sekumpulan ahli dari Israel, Bulgaria dan negara-negara lainnya. Boaz Langford, seorang peneliti dari Caves Research Center Universitas, dan Antoniya Vlaykova , seorang penjelajah gua dari Bulgaria dan Federasi Speleologi Eropa, memimpin ekspedisi ini seperti yang kami lansir dari laman dailymail.com.

GUA GARAM TERPANJANG DI DUNIA TELAH DITEMUKAN DIBAWAH GUNUNG SODOM, ISRAEL
Efraim Cohen dari Klub Penjelajahan Gua Israel dan tim ekspedisi pemetaan Gua Malham, memamerkan stalaktit gua garam di dalam Gunung Sodom, yang terletak di bagian selatan Laut Mati, Israel. 

"Keunikan dari Gua garam Malham dibandingkan dengan gua garam lainnya yang ada di dunia adalah bahwa gua ini merupakan gua garam terpanjang di dunia," kata Langford saat beristirahat di sebuah kamar gua yang dijuluki "Wedding Hall" karena stalaktit garamnya. Langford dan Vlaykova mengatakan bahwa mereka berencana untuk menerbitkan peta secara lengkap dari Gua Garam Malham dalam beberapa bulan kedepan.


Malham dikenal oleh para peneliti melalui karya Amos Frumkin, pendiri dan direktur Pusat Penelitian Gua Universitas Ibrani yang pada tahun 1980 memetakan sekitar 5 kilometer dari gua ini.

Namun judul Gua Garam Terpanjang di Dunia ditemukan pada tahun 2006 ketika para penjelajah memetakan lebih dari enam kilometer dari Gua N3 di Pulau Qeshm, Iran Selatan. Namun dua tahun lalu, spelunker Israel memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan meminta penjelahaj gua Bulgaria untuk membantunya dalam usahanya memetakan keseluruhan dari Gua Garam Malham.

Kemudian, Negev, pendiri Israel Cave Explorers Club, bergabung dengan Langford untuk mengatur proses pemetaan dengan delapan spelunker Eropa dan 20 penduduk lokal lainnya.Mereka menghabiskan waktu sepuluh hari untuk memetakan gua garam terpanjang di dunia ini pada tahun 2018 dan sepuluh hari ekspedisi lagi tahun ini dengan 80 spelunker lokal dan internasional.

Efraim Cohem, anggota tim yang menjelajahi jaringan gua, mengatakan kepada Jerusalem Post, "Memetakan Gua Malham membutuhkan kerja keras. Kami bekerja 10 jam sehari dibawah tanah, merangkak melalui saluran garam es, dan menghindari stalaktit garam dan kristal garam dalam gua. Di sana rasanya kita berada di planet lain".

Proses yang sulit diselesaikan dengan mengukur dan memetakan gua dan pengukuran yang cermat dilakukan dengan laser unteuk menentukan panjangnya hingga mencapai 10 kilometer.

Gunung Sodom adalah gunung terbesar di Israel dan secara efektif merupakan blok garam besar yang ditutupi dengan lapisan pelindung batu kapur yang tipis namun kuat yang terletak di atas gundukan tanah.


Hujan gurun yang langka, daerah yang hanya mendapat curah hujan 50mm setahun, menemukan jalan melalui celah-celah di batu penutup dan melarutkan garam yang ada di bawahnya yang kemudian mengalir ke laut mati dengan menyediakan pasokan garam yang konstan yang dapat meningkatkan ukuran sistem gua dan stalaktit yang bahkan dalam periode waktu yang singkat sejak pemetaan awal tahun 1980, struktur gua telah berubah banyak dan perubahan ini akan masih terus berlanjut.

Sebagian besar bagian dalam gua ditutupi oleh debu halus yang berhembus dari padang pasir. Lempengan garam dalam jumlah besar , sebagian berwarna kuningdari debu dan mineral yang menonjol dalam formasi yang dramatis.

Sebuah lempengan tipis yang tampaknya telah dirilis yang dijuluki "The Guillotine" sementara lempengan kembar di aula yang berbeda mendapatkan gelar "Sepuluh Perintah".

GUA GARAM TERPANJANG DI DUNIA TELAH DITEMUKAN DIBAWAH GUNUNG SODOM, ISRAEL
Gua Malham, Gua Garam Terpanjang Di Dunia yang disebut-sebut paling menakjubkan dan paling lengkap di Israel. 


Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Gua Garam Terpanjang di Dunia ini harus memanjat dan merangkak melewati lorong-lorong sempit sebelum mencapai aula yang lebih besar dimana ratusan stalaktit putih dengan berbagai bentuk menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook