GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

MahessaBlog | Terletak disebuah pegunungan di provinsi Shanxi di Cina, terdapat sebuah gua es terbesar di negara ini yang tidak pernah mencair sepanjang tahun. Gua berbentuk pohon pinus setinggi 85 meter ini berada di sisi gunung dengan dinding dan lantai dilapisi dengan lapisan es tebal. Sementara es besar dan stalaktit merentang dari langit-langit hingga lantai. Gua Ningwu adalah gua unik yang tetap membeku sepanjang tahun bahkan ketika sepanjang musim panas tiba.


Diseluruh benua Eropa, Asia Tengah dan Amerika Utara, banyak terdapat gua es seperti dimana musim dingin berlangsung sepanjang tahun. Sebagian gua es ini terletak di daerah yang lebih dingin seperti di Alaska, Islandia atau Rusia dimana suhu rendah berlangsung sepanjang tahun untuk menjaga gua secara alami menjadi sejuk dan tetap membeku. 

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA
Gua Es Ningwu di Cina : foto kredit : Zhou Junxiang

Sebagian besar gua ini adalah apa yang dikenal sebagai "perangkap dingin". Gua-gua ini memiliki cerobong asap yang berlokasi strategis dan keluar yang memungkinkan udara dingin masuk selama musim dingin tetapi tidak ada udara hangat di musim panas. Di musim dingin, udara dingin yang dingin mengendap di dalam gua, memindahkan udara yang lebih hangat yang naik dan keluar dari dalam gua. Di musim panas udara gua dingin tetap di tempat sebagai pemukaan udara yang relatif hangat lebih ringan dan tidak bisa masuk.

Es di dalam gua juga berfungsi sebagai penyangga yang membantu menstabilkan suhu di dalam gua. Udara hangat yang masuk ke gua segera didinginkan oleh es sebelum dapat menyebabkan pemanasan signitifkan di dalam gua. Tentu itu dapat mencairkan es, tetapi suhu sekitar di dalam gua tetap cukup konstan. Kebalikannya juga benar, di musim dingin, ketika udara sangat dingin mengalir masuk, air cair apapun di dalam gua tetap membeku, melepaskan panas dan menghentikan suhu gua dari jatuh terlalu rendah.

Agar gua es terbentuk, juga harus tersedia cukup air dalam jangka waktu yang tepat. Di musim dingin, iklim harus sedemikian rupa sehingga pegunungan cukup tertutup salju. dan di musim panas suhunya harus cukup tinggi untuk melelehkan salju tetapi tanpa pemanasan yang signitifkan dari udara yang mengalir ke dalam gua. Perlu ada keseimbangan antara semua faktor ini untuk gua es untuk membuat Gua Ningwu tetap membeku sepanjang tahun.


GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Gua es terbesar di dunia adalah gua es Eisriesenwelt yang terletak di Werfen, Austria sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Salzburg. Gua ini membentang sepanjang 42 kilometer. Foto kredit : Michael & Sophia / Flickr.
  
Sementara The Decorah Ice Cave di Iowa, AS adalah salah satu gua es terbesar di dunia yang mengandung es di Midwest, Amerika. Gua ini relatif bebas selama musim gugur dan awal musim dimgin. Selama periode ini, udara musim dingin memasuki gua dan menurunkan suhu dinding batu. Ketika salju mulai mencair di musim semi, air yang mencair merembes ke dalam gua dan membeku setelah bersentuhan dengan dinding yang masih dingin. mencapai ketebalan maksimum beberapa inci pada bulan Mei-Juni. Es tetap sering berada di dalam gua hingga akhir bulan Agustus. Sementara suhu di luar menerobos masuk ke tiga puluhan (tahun sembilan puluhan bagi orang Amerika).

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Fenomena serupa terlihat di Coundersport Ice Mine di Pennsylvania. Gambar ini adalah lubang kecil dimana es terbentuk hanya selama musim panas dan mencair di musim dingin.Kredit foto : rivercouple75 / TripAdvisor.

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN CINA
 
The Booming Ice Chasm di Canadian Rockies di Alberta dikenal karena akustiknya yang luar biasa. Dikatakan bahwa katika batu runtuh dan jatuh ke lantai gua, 140 meter dibawahnya, hal ini menyebabkan gema yang menggelegar. Gua ini baru ditemukan pada tahun 2005 di Google Earth. Foto kredt : Francois - Xavier De Ruydts.


GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA
  
Gua es Ningwu di Cina. Foto kredit : Zhou Junxiang 

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Gua Es Ningwu di Cina. Foto kredit : Zhou Junxiang

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Gua Es Ningwu di Cina. Foto kredit : Zhou Junxiang

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Gua Es Ningwu Di Cina. Foto kredit : Zhou Junxiang

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Gua Es Ningwu Di Cina. Foto kredit : Zhou Junxiang

GUA NINGWU : GUA ES YANG TIDAK PERNAH MENCAIR SEPANJANG TAHUN DI CINA

Gua Es Ningwu di Cina. Foto kredit : Zhou Junxiang


Sumber: AmusingPlanet 




Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook