GAUN TARKHAN : PAKAIAN TENUNAN TERTUA DI DUNIA


GAUN TARKHAN : PAKAIAN TENUNAN TERTUA DI DUNIA

MahessaBlog | Baju linen V-neck yang compang-camping ini kini tersimpan di Museum Arkeologi Mesir. UCL Petrie adalah Pakaian Tenunan Tertua Di Dunia. Pengujian radiokarbom yang dilakukan baru-baru ini yang dilakukan oleh University of Oxford telah menetapkan dengan akurasi 95 persen bahwa gaun tersebut dibuat antara tahun 3482-3102 SM. Sementara pakaian dengan usia yang sama telah bertahan hingga hari ini, tetapi pakaian ini hanya dibungkus atau disampirkan disekitar tubuh. Di sisi lain, Gaun Tarkhan adalah potongan yang disesuaikan dengan lengan panjang, V-neck dengan lipatan yang sempit dan terlihat sangat modern.


Gaun Tarkhan ditemukan oleh Egyptologist Flinders Petrie pada tahun 1913 di makam Dinasti Pertama di Tarkhan. Sebuah pemakaman kuno yang terletak sekitar 50 kilometer di selatan, Kairo, Mesir. Petrie telah menemukan sejumlah kain linen di bawah pasir di samping artefak lainnya. Alih-alih membuang linen yang tidak berharga, karena sebagian besar arkeolog pada waktu itu, Petrie memutuskan untuk melestarikan semua yang dia temukan sebagai bukti bahwa suatu hari nanti akan membantu memberi pengetahuan pada kehidupan sehari-hari orang Mesir Kuno seperti yang kami lansir dari laman amusingplanet.com

Setumpuk kain kotor yang disimpan Petrie dan terlupakan selama hampir 65 tahun. Sampai akhirnya pada tahun 1977 para ahli konservasi dari Museum Petrie sedang memilah-milah bundel mereka tersandung garmen. Sebagai konsevator trktil Sheila Landi dengan hati-hati melepaskan lumpur yang berlapis dari gaun itu. Dia sangat bersemangat ketika melihat kerutan di lengan dan di siku dan di bawah lengan yang menunjukan bahwa gaun tersebut pernah di pakai dalam kehidupan. Pakaian itu juga ditemukan di dalam - keluar karena seseorang pernah menariknya ke atas kepala.


Gaun Tarkhan terbuat dari tiga helai kain tenunan yang kokoh dengan garis abu-abu pucat alami yang dilengkapi dengan lengan dan korset dengan lipatan yang rapi. Sementara bagian bawah gaun itu hilang sehingga sulit untuk mengatakan berapa lama gaun itu dulu di pakai atau apakah gaun ini milik seorang pria atau wanita. Tetapi ukurannya menunjukkan bahwa gaun ini cocok digunakan oleh remaja putri atau wanita langsing.

GAUN TARKHAN : PAKAIAN TENUNAN TERTUA DI DUNIA

Pada saat penemuan kembali pada akhir tahun 1970-an penanggalan radiokarbon tidak dilakukan karena akan membutuhkan penghancuran sebagian besar kain pakaian. Artefak yang terkait dari Situs Tarkhan ini tertanggal, hasilnya menunjukan bahwa pakaian itu adalah milik Dinasti Pertama yang di ,ulai pada tahun 3100 SM dan membuatnya menjadi contoh paling awal dari pakaian tenunan tertua di dunia.


Kemajuan dalam penanggalan radiokarbon kini memungkinkan para periset untuk memperkirakan tekstil secara langsung dengan mengambil sampel kecil seberat 2,24 mg. Hasil baru ini tidak lagi hanya mengkonfirmasi keantikan gaun tetapi juga menunjukkan bahwa itu mungkin lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook