PENELITI TEMUKAN GAMBAR HEWAN TERTUA DI DUNIA DI GUA KALIMANTAN

MahessaBlog | Sebuah lukisan hewan berusia 40.000 tahun bergambar binatang buas misterius seperti sapi liar yang ditemukan di Gua Kalimantan, Indonesia adalah gambar hewan tertua di dunia buatan manusia yang pernah ditemukan seperti yang kami lansir dari laman livescience.com.

PENELITI TEMUKAN GAMBAR HEWAN TERTUA DI DUNIA DI GUA KALIMANTAN
Gambar hewan tertua di dunia di Gua Kalimantan, Indonesia

Penemuan ini menunjukkan bahwa seni gua figuratif merupakan salah satu inovasi paling signitifkan dalam budaya manusia. Tidak dimulai di Eropa seperti yang dipikirkan banyak ilmuwan selama ini, tetapi dimulai di Asia Tenggara selama zaman es berakhir.


Para peneliti mengumpulkan sampel kalsium-karbonat dari gambar gua Kalimantan sehingga mereka bisa melakukan penanggalan seni uranium, sebuah teknik yang dimungkinkan oleh peluruhan radioaktif ketika air hujan merembes melalui batu kapur, ia melarutkan sejumlah kecil uranium. Saat uranium (unsur radioaktif) meluruh, ia berubah menjadi elemen thorium. Dengan mempelajari rasio uranium terhadap thorium dalam kalsium karbonat (batu kapur) yang melapisi gua, para peneliti dapat menentukan berapa umur pelapisan awal gua.

Karya seni kuno meliputi gua kapur terpencil di pegunungan kasar dan terpencil di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, para peneliti telah mengetahui tentang gambar hewan tertua di dunia buatan manusia sejak tahun 1994 lalu. Tetapi para peneliti belum mengetahui kapan gambar lukisan gua ini dibuat.

PENELITI TEMUKAN GAMBAR HEWAN TERTUA DI DUNIA DI GUA KALIMANTAN
Gambar hewan di Gua Kalimantan, Indonesia

Gambar Hewan Tertua Di Dunia ini merupakan gambar binatang misterius yang kemunginanya merupakan gambar sapi liar yang pernah hidup di hutan hujan Kalimantan pada 40.000 tahun yang lalu. Sebelumnya lukisan hewan tertua di dunia yang pernah diketahui adalah gambar babirusa berusia 35.400 tahun yang terdapat di Pulau Sulawesi, Indonesia.


Hasil ini menunjukkan bahwa karya seni kuno di Kalimantan Timur dibuat dalam tiga periode yang berbeda. Fase pertama yang berasal dari antara 52.000 - 40.000 tahun yang lalu termasuk stensil tangan dan hewan yang digambar orange kemerahan yang kebanyakan bergambar banteng (bos javanicus), sejenis sapi liar yang masih hidup di hutan Kalimantan.

Perubahan besar terjadi pada budaya berakhirnya zaman es atau sekitar 20.000 tahun yang lalu yang mengarah pada gaya baru seni cadas yang berfokus pada dunia manusia. Para seniman dalam fase ini menyukai warna ungu gelap dan stensil tangan yang di cat, tanda-tanda abstrak dan figur mirip manusia yang mengenakan hiasan kepala yang rumit yang sedang terlibat dalam berbagai kegiatan seperti berburu, menari dan lain sebagainya.

Kami tidak tahu apakah berbagai jenis seni gua ini berasal dari dua kelompok manusia yang berbeda atau apakan ini mewakili evolusi budaya tertentu? Para peneliti sedang merencanakan penggalian arkeologis di gua-gua lainnya di Pulau Kalimantan untuk menemukan lebih banyak informasi tentang seniman yang tak dikenal ini yang telah menciptakan lukisan hewan tertua di dunia.

Lokasi lukisan hewan tertua di dunia.

PENELITI TEMUKAN GAMBAR HEWAN TERTUA DI DUNIA DI GUA KALIMANTAN
Lukisan hewan di Gua Pulau Sulawesi, Indonesia

Selama zaman es berakhir, Pulau Kalimantan yang merupakan pulau terbesar ketiga di dunia berada di tepi paling timur Eurasia dan sekarang tampaknya dua provinsi seni gua purba muncul pada waktu yang sama di sudut-sudut terpencil Paleolitik Eurasia, satu di Eropa dan satunya lagi di Indonesia di ujung dunia zaman es ini. 

Ada kemungkinan bahwa seni cadas menyebar dari Eurasia ke Pulau Sulawesi, tempat gambar babirusa berada, sebelum menjajah manusia yang menyebarkanya lebih jauh ketempat-tempat lainnya seperti ke Australia.

Lokasi lukisan kuno binatang dan stensil tangan ini mungkin menandai perjalanan manusia pertama ketika mereka bergerak melalui daratan Asia dan keluar ke Pulau Wallacea yang terletak diantara daratan dan Sahul kontinental (Australia dan New Guinea saat ini).


Seni lukisan gua yang baru ditemukan ini cocok dengan gambar manusia purba yang muncul. Homo Sapiens meninggalkan Afrika antara sekitar 70.000 - 60.000 tahun yang lalu. Dan begitu mereka tersebar di Eurasia, mereka berkembang dan setelah sekitar 40.000 tahun yang lalu kemampuan mereka untuk membuat seni figuratif. 

PENELITI TEMUKAN GAMBAR HEWAN TERTUA DI DUNIA DI GUA KALIMANTAN
Gambar hewan di Gua Apollo 11, Namibia.

Temuan lukisan hewan tertua di dunia di negara Indonesia ini menambah pengetahuan kita tentang evolusi seni figuratif yang mungkin yang pertama di Asia yang kemudian berlanjut ke Eropa dan Afrika. (seni figuratif tertua di Afrika dimulai sekitar 30.000 tahun yang lalu di Gua Apollo 11 di Namibia).

              
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook