APAKAH TABUT PERJANJIAN ITU?


APAKAH TABUT PERJANJIAN ITU?

MahessaBlog | Apakah Tabut Perjanjian itu? Tabut Perjanjian adalah peti yang berisi loh yang diukir dengan sepuluh perintah.

Menurut Alkitab Ibrani, bahtera itu dibuat oleh seorang Israel ketika mereka berkemah di Gurun Sinai, setelah mereka meninggalkan Mesir. Alkitab tidak menyebutkan secara spesifik kapan mereka melarikan diri dari Mesir, Di sini ada perdebatan antara para sarjanatentang apakah pernah ada eksodus dari Mesir? Bahtera menghilang ketika Babel menaklukan Yerusalem pada tahun 587 SM seperti yang kami lansir dari laman livescience.com.


Bahtera itu diyakini memiliki sejumlah kekuatan yang tampaknya ajaib. Menurut Alkitab Ibrani dalam satu cerita, Sungai Yordan berhenti mengalir dan tetap diam, sementara sekelompok pendeta membawa Tabut Perjanjian menyeberangi sungai. Kisah-kisah lain menggambarkan bagaimana orang Israel membawa Tabut Perjanjian ke dalam pertempuran dimana kekuatan Tabut membantu orang Israel mengalahkan musuh-musuh mereka.

Ketika Bahtera berada pada orang-orang Filistin, wabagh tumor dan penyakit menimpa mereka. memaksa orang Filistin mengembalikan tabut kepada orang Israel. Beberapa kisah menggambarkan bagaimana kematian akan datang kepada siapa saja yang menyentuh bahtera atau melihat kedalamnya.

Ada dua cerita Alkitab yang menggambarkan kontruksi bahtera, Versi pertama dan paling terkenal ditemukan dalam Kitab Keluaran dan menjelaskan bagaimana sejumlah besar emas digunakan untuk membangun bahtera. ersi kedua ditemukan dalam Kitab Ulangan, yang menjelaskan secara singkat kontruksi bahtera yang terbuat dari kayu.

Memahami seputar kisah-kisah seputar bahtera itu menantang karena perbedaan kisahnya. Beberapa sarjana percaya bahwa banyak bahtera mungkin telah dibangun dan digunakan pada waktu yang sama atau pada waktu yang berbeda.

Bahtera Yang Rumit

Kisah tentang pembangunan bahtera yang diceritakan dalam Kitab Keluaran menggambarkan dengan sangat terperinci bagaimana Allah SWT memerintahkan Nabi Musa AS untuk memberitahu bangsa Israel untuk membangun sebuah bahtera dari kayu dan emas. dengan Tuhan yang memberikan perintah yang sangat tepat.

"Mintalah mereka membuat sebuah Tabut Perjanjian yang terbuat dari kayu Akasia dengan panjang dua setengah hasta atau 1,1 meter, lebar satu setengah hasta atau 0,7 meter dan tinggi satu setengah hasta atau 0,7 meter dengan dilapisi emas murni pada bagian dalam dan luar dan buatlah cetakan emas disekitarnya. "Keluaran 25: 10-11.


Tiang-tiang yang terbuat dari kayu akasia dan emas digunakan untuk mengangkut tabut dan dua kerub (malaikat) harus diukir dari emas dan ditempatkan pada tutup bahtera. "Kerubin itu harus membuat sayapnya terangkat keatas , menaungi sampulnya . Kerubin harus saling berhadapan, memandang ke arah sampul," Keluaran: 25:20. tablet yang diukir dengan Sepuluh Hukum ditempatkan di dalam bahtera.

Alkitab Ibrani memerintahkan agar Tabut Perjanjian ditempatkan di dalam kuil yang dapat digerakan yang dikenal sebagai Tabernakel. Sebuah tirai yang mencegah orang untuk melihat Tabut Perjanjian dibuat di dalam tabernakel dan sebuah altar dan pembakar dupa ditempatkan di depan tirai . Dupa terbuat dari getah damar, onycham, galbanum, dan kemenyan dan harus dibakar oleh Nabi Harun AS, saudara Musa dan putra-putranya pada pagi dan sore hari.

Seorang pria bernama Bezalel dipilih oleh Tuhan untuk membangun Tabut Perjanjian dan perabotan yang terletak di dalam tabernakel, menurut Alkitab Ibrani. "Aku telah mengisinya dengan Roh Allah, dengan kebijaksanaan , dengan pemahaman, dengan pengetahuan dan dengan semua jenis ketrampilan dengan membuat desain artistik untuk pekerjaan dalam emas, perak dan perunggu, untuk memotong dan mengatur batu, untuk bekerja di kayu, dan untuk terlibat dalam semua jenis kerajinan, Keluaran 31: 3-5. Oholiab dipilih oleh Allah untuk menjadi asisten Bezalel , dengan pengrajin yang trampil membantu mereka, kata Alkitab Ibrani.

Pada masa pemerintahan Raja Solomon, kuil pertama yang merupakan tempat paling suci dalam Yudaisme dibangun di Yerusalem dan Tabut Perjanjian diletakkan di tempat perlindungan bagian dalam yang dilapisi emas, menurut Alkitab Ibrani.

APAKAH TABUT PERJANJIAN ITU?

Bahtera Sederhana

Di sisi lain, Kitab Ulangan menceritakan keisah pembangunan Tabut Perjanjian yang jauh lebih sederhana. Buku itu mengatakan bahwa pada satu titik orang Israel menyembah anak lembu emas bukannya Tuhan. Musa sangat marah dengan hal ini sehingga Dia menghancurkan loh batu yang diukir dengan Sepuluh Perintah. Tuhan memerintahkan Musa untuk membantu membuat loh baru yang diukir dengan Sepuluh Perintah dengan menciptakan bahtera kayu yang dapat mereka letakkan.


"Pahatlah dua loh batu seperti yang pertama dan datang kepadaku di gunung. Juga buatlah tabut kayu, Aku akan menuliskan pada loh itu kata-kata yang ada pada loh pertama, yang kamu langgar. Maka kamu harus meletakannya di dalam bahtera," Ulangan 10: 1-2.

"Jadi Aku (Musa) membuat tabut dari kayu akasia dan memahat dua loh batu seperti yang pertama, dan aku naik ke gunung dengan dua loh ditanganku. Tuhan menulis pada loh-loh ini apa yang telah ditulisnya sebelum ini. Sepuluh Perintah yang telah dia nyatakan padamu di gunung..." Ulangan 10; 3-4. Musa kemudian meletakkan tablet-tablet itu di dalam bahtera kayu.

Beberapa arks?

Mungkin saja ada beberapa bahtera yang bisa digunakan pada waktu yang sama atau berbeda.

"Sebelum semua urusan kultus bangsa Israel terkonsentrasi secara eksklusif di ibu kota Yerusalem, ada arks, mungkin dari jenis yang berbeda. di manapun (Tuhan) disembah , "Tudor Parfitt, seorang profesor agama di Florida International University yang telah melakukan penelitian yang luas tentang Tabut Perjanjian, menulis dalam bukunya, "Tabut Perjanjian Yang Hilang: Memecahkan Misteri Tabut Alkitab yang Beragama yang berumur 2.500 tahun " (Harper Collins 2008).

Bahtera awal ini akan menjadi "wadah kayu sederhana" tulis Parfitt. Setelah penyenbahan Israel menjadi terpusat di Yerusalem, kisah itu mungkin diceritakan kembali untuk menggambarkan satu Tabut Perjanjian yang rumit yang terbuat dari emas, tulis Parfitt.

APAKAH TABUT PERJANJIAN ITU?

Kisah Hidup

Tidak diketahui apa yang terjadi pada bahtera setelah Kuil Pertama dihancurkan oleh Babel. Menurut Kitab Makabe, bahtera itu disembunyikan di sebuah gua di Gunung Nebo oleh Nabi Yeremia, yang mengatakan bahwa "tempat ini akan tetap tidak dikenal sampai Allah SWT mengumpulkan ummat_Nya kembali dan menunjukkan belas kasihan_Nya," 2 Makabe 2:7.


Kisah lain menceritakan tentang bagaimana bahtera itu dibawa ke Ethiopia dan sekarang di Gereja Bunda Maria Maria Sion di Axum. Seharusnya hanya Guardian of the Ark diizinkan untuk melihat bahtera ini, tetapi Live Science baru-baru ini melaporkan bahwa seorang sarjana bernama Edward Ullendorrff melihat bahtera selama Perang Dunia II dan menemukan bahwa itu bukanlah Tabut Perjanjian yang asli.

Ada banyak kisah lain tentang bahtera yang selamat yang Parfitt sebutkan dalam bukunya. Ada cerita tentang bagaimana itu tersembunyi di dekat Yerusalem, di kota Mekkah atau bahkan di Pulau Papua, Indonesia.

Satu teks yang disebut "Risalah Kapal" mengatakan bahwa tabut itu "tidak akan diungkapkan sampai hari kedatangan Mesias putra Daud...." dan Kitab Wahyu menyatakan bahwa bahtera tidak akan terlihat lagi sampai akhir zaman.

"Kemudian bait suci Allah di surga di buka , dan di dalam pelipisnya terlihat Tabut Perjanjian_Nya. Dan datanglah kilatan petir, gemuruh guntur, gempa bumi dan badai es yang sangat parah," Wahyu: 11:19.

                   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook