FENOMENA POHON DARAH DI AFRIKA SELATAN


FENOMENA POHON DARAH DI AFRIKA SELATAN
Pohon Darah (Pterocarpus angolensis)

MahessaBlog | Pterocarpus angolensis adalah sejenis pohon jati asli Afrika Selatan, Mozambik, Angola, Namibia, Tanzania, Zaire dan Zambia yang dikenal dengan banyak nama seperti Kiaat, Mukwa dan Muninga atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pohon Blodwood atau Pohon Darah. Dinamai demikian karena getah pohonnya yang berwarna merah gelap yang sangat luar biasa. Batangnya yang tergores atau cabang pohon yang rusak mulai meneteskan cairan merah, hampir seperti tubuh hewan yang terpotong.

Baca Juga : Yareta, Tanaman Berusia 3.000 Tahun

Getah merah pada pohon darah ini digunakan secara tradisional sebagai pewarna dan dibeberapa daerah dicampur dengan lemak hewani untuk membuat kosmetik untuk wajah dan tubuh lainnya. Getah pohon darah ini juga diyakini memiliki sifat magis untuk menyembuhkan tentang darah karena kemiripannya dengan darah. Selain itu pohon ini juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional lainnya diantaranya untuk menyembuhkan penyakit kurap, luka tusuk, sakit mata, malaria, demam, masalah perut, menutup luka dan juga untuk meningkatkan pasokan ASI.

FENOMENA POHON DARAH DI AFRIKA SELATAN

Selain itu kayu pohon darah juga dapat digunakan untuk membuat furniture berkualitas tinggi, karena dapat dengan mudah untuk di ukir. merekatkan dan skrup dengan baik dan membutuhkan polesan halus. Kayu ini sedikit menyusut ketika dilakukan pengeringan dari kondisi hijau dengan daya tahan yang tinggi sehingga Kayu Pohon Darah sangat cocok untuk digunakan membangun kapal, kano atau lantai kamar mandi,

Baca Juga : Zinnia, Tumbuhan Pertama Yang Dapat Hidup Di Luar Angkasa

Karena nilainya yang besar bagi masyarakat adat di Afrika tengah dan selatan, pohon-pohon ini dipanen pada tingkat yang tidak berkelanjutan yang menyebabkan semakin berkurang dalam beberapa dekade terakhir.

Pohon Darah dapat tumbuh hingga 12 - 18 meter, memiliki kulit kasar berwarna cokelat tua, mahkota yang menyebar indah berbentuk payung dan beruang bunga-bunga berwarna kuning.


sumber: amusingplanet.com

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook