10 ARTEFAK BERSEJARAH YANG SANGAT LUAR BIASA

10 Artefak Bersejarah Yang Sangat Luar Biasa  


Mahessa83 | Kami telah menempuh perjalanan jauh sejak dari awal.  dan sejarah kolektif kami menawarkan banyak cerita, mitos dan juga legenda. Tapi bagaimana kita mempelajarinya? Tapi kita mungkin menemukan beberapa jawaban dengan memeriksa artefak sejarah ini dari sejarah manusia yang pernah ditemukan seperti The Antikythera Mechanism, Perangkat Mekanik Kuno yang membantu orang-orang Yunani belajar lebih banyak tentang Astronomi atau Nebra Sky Disk, Peta ruang angkasa tertua yang pernah ditemukan.

Berikut 10 Artefak Sejarah Yang Sangat Luar Biasa yang kami lansir dari laman oddee.com.

1. The Antikythera Mechanism


The Antikythera Mechanism

Artefak Bersejarah Mekanisme Antikythera adalah perangkat mekanik kuno yang membantu orang-orang Yunani belajar lebih banyak tentang Astronomi.

Pada tahun 1900, The Antikythera ditemukan di sebuah karam karam di dekat Pulau Antikythera, Yunani. Artefak Sejarah ini ditemukan oleh sekelo,pok penyelam yang sedang mencari artefak seperti patung, koin, perhiasan dan lain-lain. Sedikit yang mereka tahu bahwa yang mereka temukan adalah komputer Yunani kuno yang dirancang untuk memprediksi posisi astronom.

Mekanisme yang ditemukan ini terbungkus didalam kotak kayu berukuran 340mm X 180mm X 90mm adalah mesin yang sangat rumit dengan lebih dari 30 roda gigi perunggu. Ia berasal dari tahun 150-100 SM yang membuktikan bahwa orang-orang Yunani Kunomemiliki ilmu pengetahuan yang sangat tinggi.

2. Battery Bagdad

 Battery Bagdad

Baterry Bagdad adalah pengisi daya berusia 2.000 tahun dengan seperangkat pot keramik, tabung logam dan batang. Bagian atas batang besi dipisah dari tembaga melalui aspal.

Artefak Sejarah Battery Bagdad tersebut dikatakan berasal dari Periode Parthia disuatu tempat yang hidup antara 250-224 SM.  Asal dan tujuannya tetap menjadi misteri, namun beberapa teori mengatakan beberapa percaya bahwa Battery Bagdad digunakan sebagai sel galvanik untuk lempeng listrik. Mereka yang mendukung hipotesis ini juga berpikir bahwa jus lemon atau cuka digunakan untuk menghasilkan listrik.

3. Peta Piri Reis

Peta Piri Reis

Artefak Bersejarah Peta Piri Reis adalah sebuah peta yang menunjukkan Antartika sebelum ditemukan. Peta Piri Reis digambar pada tahun 1513 oleh Laksamana Ottoman Piri Reis. Peta ini tidak hanya menunjukkan lokasi Eropa, Afrika dan Brasil secara akurat, Beberapa bahkan percaya bahwa peta ini menunjukkan Antartika yang baru ditemukan berabad-abad kemudian . Para ilmuwan bagaimanapun telah membantahnya, karena reprentasi terlihat samar-samar di peta.

Meskipun hanya spertihga dari peta yang berhasil diselamatkan, Ini menunjukan tingkat eksplorasi global yang dilakukan oleh peradaban lama yang mengetahui lebih banyak tentang dunia baru daripada yang dipikirkan sebelumnya.

Menurut dokumen sejarah, Peta Piri Reis dibuat dengan menyisir informasi yang terdapat dalam Peta Arab dan Peta India.

4. The Quipu of Caral  


 The Quipu of Caral

The Quipu of Caral adalah simpul yang mengungkap salah satu peradaban Amerika yang paling kuno. Kota Caral berkembang pesat di Amerika lebih dari 5.000 tahun yang laludan dikenal sebagai kerajaan yang sangat damai. Penduduk desa membangun monumen raksasa seperti piramida atau plaza dan menggunakan sistem kompleks untuk perhitungan dan pencatatan informasi.

Sistem yang rumit ini terungkap setelah ditemukannya Quipuyang merupakan perangkat yang digunakan untukpencatatan data. Dibuat dengan Benang Spun dan benang yang dipintal berwarna. digunakan unruk menjaga catatan pajak, data militer dan bahkan informasi jumlah penduduk.

Akord memiliki nilai numerik yang dikodekan untuk simpul dalam basis sepuluh. Seseorang bisa menguraikan data dengan melihat jenis wol yang digunakan, warna simpul dan variabel lainnya yang mengarah ke narasi tertentu. Bagi peradaban yang sangat primitif, Mereka memeiliki cara yang sederhana untuk mencatat semua data yang dibutuhkan.

5. Nebra Sky Disk

Nebra Sky Disk

Artefak Bersejarah Nebra Sky Disk adalah peta ruang angkasa tertua yang pernah ditemukan. Artefak perunggu ini ditemukan pada tahun 1999 oleh Henry Westphal dan Mario Renner saat berburu harta karun. Artefak Bersejarah ini berasal dari tahun 1600 - 1560 SM atau sebelum periode ini.

Nebra Sky Disk memiliki simbol emas yang timbul dipermukaannya yang menyerupai matahari, bulan dan bintang. Hal ini diyakini sebagai penggambaran tertua alam semesta kita dalam sejarah manusia.

Baca Juga : Arkeologi Temukan Patung Ratu Mesir Didekat Piramida Giza

6. Gulungan Laut Mati

Gulungan Laut Mati

Gulungan Laut Mati adalah karya seni ilmu pengetahuan yang mengubah dunia. Gulungan ini ditemukan dalam serangkaian gua di dekat laut mati antara tahun 1947-1956. Para missives menawarkan informasi tentang peristiwa-peristiwa alkitab dan non alkitab termasuk kata-kata terakhir dari Yusuf, Yehuda, Lewi dan Amram. 

Sebagian besar gulungan ini ditulis ribuan tahun sebelum Perjanjian Baru dan berisi beberapa manuskrip dari versi yang lebih tua.

7. The Mask of Agamemnom   


The Mask of Agamemnom

The Mask of Agamemnom ini kemungkinannya bukti bahwa Perang Troya benar-benar terjadi. Topeng pemakaman emas ini ditemukan pada tahun 1876 oleh Heinrich Schliemann yang ditempatkan diatas wajah tubuh disebuah pusat pemakaman di Mycenae. Pada saat ditemukan, Tubuh tersebut diyakini milik Agamemnon, Pemimpin Yunani yang sangat legendaris. Namun setelah diperika lebih lanjut, diketahui bahwa topeng tersebut berasal dari tahun 1550-1500 SM yang sepertinya jauh dari Agamemnom hidup.

Topeng tersebut membuktikan bahwa Perang Troya terjadi dan bukan hanya kisah dari Yunani Kuno saja.

8.The Rosetta Stone


The Rosetta Stone

The Rosetta Stone adalah batu yang mengilhami penelitian bahasa kuno yang ditemukan pada tahun 1799 oleh salah satu tentara Napoleon di Mesir. Batu Rosetta berisi teks yang ditulis dalam tiga bahasa yang berbeda yaitu Bahasa Yunani, Demotik dan Hieroglyphics.

Dibutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk menguraikan terjemahan Bahasa Yunani dan Hieroglyphics selama 20 tahun untuk menerjemahkannya. Batu Rosetta memicu minat baru dalam bahasa kuno, Dan inilah salah satu alasan mengapa para ilmuwan dapat memahami bahasa orang Mesir Kuno saat ini.

9. Bust of Nefertiti


Bust of Nefertiti

Artefak Bersejarah Bust Nefertiti adalah patung seorang wanita paling berpengaruh di dunia dalam sejarah. Penemuan payudara itu penting dalam banyak hal. Hal ini telah diyakini dibuat pada tahun 1345 SM oleh seorang pematung Mesir bernama Thutmose. 

Bust of Nefertiti ditemukan oleh sebuah tim arkeologi asal Jerman pada tahun 1912 dengan gayanya yang sangat berbeda dibandingkan dengan seni tradisional Mesir, Karena suami Nefertiti merupakan orang yang memiliki karakter mengubah agama mereka. Dia benar-benar ingin merombak kesenian yang ada saat itu dan mendorong para seniman untuk membuat inovasi baru.

10. The Mask of Tutankhamun


The Mask of Tutankhamun

Artefak Bersejarah Yang Sangat Luar Biasa terakhir dalam daftar list kami adalah The Mask of Tutankhamun yaitu sebuah artefak yang menceritakan tentang anak laki-laki Raja Mesir yang ditemukan pada tahun 1925 oleh Howard Carter. Artefak ini adalah topeng pemakaman Firaun Tutankhamun dari Mesir Kuno yang terbuat dari emas murni seberat 24 kilogram.

Patung ini dibuat setelah Raja Tutankhamun meninggal. Dengan berbagai aspek desain Burung Bangkai di atas alis yang melambangkan kedaulatan Firaun Tutankhamun atas Mesir. Sementara ular Cobra yang ditempatkan disamping Burung Nasar menunjukkan bahwa Ia memerintah lebih rendah di Mesir.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook