DUA MENU BUKA PUASA INI SANGAT DIANJURKAN OLEH RASULULLAH SAW


DUA MENU BUKA PUASA INI SANGAT DIANJURKAN OLEH RASULULLAH SAW

MahessaBlog | Berbuka Puasa merupakan waktu yang sangat ditunggu bagi ummat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Dalam berbuka puasa, seluruh ummat Islam dianjurkan untuk makan dan minum secukupnya seperti anjuran Rasulullah SAW yang hanya menyarankan dua menu buka puasa yaitu memakan dengan kurma atau air putih.

Di kutip dari NU Online, dalam hadist riwayat At-Tirmizi mengatakan bahwa:

"Apabila kamu ingin berbuka, berbuka dengan Kurma, Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci," (HR. At-Tirmizi).


Disini dikatakan bahwa ada dua menu berbuka puasa yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu kurma dan air putih. Kedua menu ini biasa beliau kosumsi pada saat berbuka puasa.

Sejalan dengan penelitian kesehatan modern, setelah diteliti bahwa zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh pada saat puasa adalah glukosa yang salah satunya banyak terkandung dalam kurma.


Oleh sebab itu kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun bila tidak ada kurma, kosumsilah makanan lain untuk berbuka puasa yang juga mengandung glukosa atau cukup diawali dengan meminum segelas air putih.

Seperti diketahui bahwa kurma adalah salah satu makanan yang dapat menguatkan tubuh, terutama untuk menyegarkan mata setelah seharian berpuasa.


Demikian pula dengan air putih yang maha suci dan bersih. Air putih sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu berbuka puasa lainnya. 

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook