DEXA MEDICA DONASIKAN OBAT UNTUK PASIEN COVID-19 INDONESIA

DEXA MEDICA DONASIKAN OBAT UNTUK PASIEN COVID-19 INDONESIA
Bapak Hery Sutanto, Direktur PT. Dexa Medica.

MahessaBlog | Keadaan pandemi Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan seluruh dunia membuat PT. Dexa Medica merasa khawatir akan keadaan ini. Untuk itu PT. Dexa Medica terus mendukung pemerintah Indonesia untuk membantu memproduksi obat untuk penderita yang terinfeksi virus corona sesuai dengan kemampuannya.

Walaupun bahan untuk obat ini sangat sulit untuk didapatkan, Namun atas dukungan pemerintah melalui BPOM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Perindustrian bisa mendatangkan bahan obat hydroxy chloroquine yang sedang menjadi rebutan di seluruh dunia untuk bisa datang ke Indonesia. 

Saat ini PT. Dexa Medica telah mendonasikan 100.000 tablet hydroxy chlorquine 200 mg, 50.000 tablet azithromycin 500 mg untuk disalurkan ke 5000 pasien korban virus corona di seluruh Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Rumah Sakit Pemerintah yang menangani pasien Covid-19 di Indonesia. 

Selanjutnya PT Dexa Medica juga akan mendonasikan 240 ribu tablet chloroquine 250 mg  untuk 12 ribu pasien Covid-19. Dengan biaya yang mencapai sekitar Rp. 5.1 miliar itu, PT Dexa Medica juga akan mendonasikan APD kepada para dokter dan para medis yang menangani pasien Covid-19 serta mensuplai vitamin dan suplemen lainnya yang dibutuhkan untuk para garda terdepan tenaga medis kita, seperti yang dijelaskan oleh Bapak V. Hery Sutanto, Commercial Director PT. Dexa Medica dan Bapak Tarcisius Randy, Sales Director OGB-Zeta di Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, BNPB di Jakarta pada Selasa 7 April 2020 yang juga turut hadir Kepala Badan POM RI Dr. Ir Penny Kusumastuti Lukito MCP beserta jajarannya.

 Video Penyerahan Donasi dari PT. Dexa Medica

Obat-obatan ini adalah obat keras. Penggunaannya hanya untuk pasien yang sakit dan bukannya sebagai obat pencegahan, sehingga dilarang keras untuk diperdagangkan di luar rumah sakit serta jatuh ke tangan traders, spekulan atau ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Seperti diketahui bahwa hydroxy chlorquine adalah obat yang digunakan untuk mencegah penyakit malaria yang merupakan penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang membawa parasit seperti plasmodium, malariae, Plasmodium ovale, Plasmodium vivak atau Plasmodium falcifarum. Selain untuk malaria, obat ini juga digunakan untuk menangani penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh atau autoimun seperti lupus dan peradangan sendi.  

Sementara itu azithromycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk pengobatan sejumlah infeksi seperti infeksi telinga tengah, radang tenggorokan, radang paru-paru dan infeksi usus tertentu.Azitthromycin juga dapat digunakan untuk sejumlah infeksi menular seksual seperti infeksi klamida atau gonore.

Selanjutnya chlorquine adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria. Obat ini bersifat sisontosida darah dan gametosida P.vivak dan P. malariae.

Dengan filosofi Expertise for the Promotion of Health, PT Dexa Medica berharap semoga Indonesia bisa cepat segera pulih dari pandemi Covid-19.  


Editor: Rey Mahessa
Sumber: BNPB Indonesia


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook