POMANDER WATCH, JAM TANGAN TERTUA DI DUNIA

POMANDER WATCH, JAM TANGAN TERTUA DI DUNIA

MahessaBlog | Pomander Watch telah diyakini sebagai jam tangan tertua di dunia setelah pemeriksaan mendalam oleh komite dari berbagai ahli di bidangnya. Dipastikan bahwa Pomander Watch dibuat pada tahun 1505 oleh Peter Henlein yang juga dinobatkan sebagai penemu jam tangan.


Meskipun Pomander Watch bukan jam tangan seperti sekarang ini, Namun ini adalah jam tangan portabel kecil. Jam tangan Pomander Watch pertamakali ditemukan pada tahun 1987 dan berganti kepemilikan beberapa kali karena pada awalnya diyakini sebagai pemalsuan. Meskipun banyak ahli banyak memberikan bukti kuat bahwa Pomander Watch dibuat pada tahun 1505 dan ditandatangani oleh Henlein, tetapi masih banyak orang yang ragu akan keasliannya bahwa arloji itu sebenarnya dibuat oleh Henlein.

Peter Henlein, Penemu Jam Tangan

Peter Henlein (1485 - 1542) adalah seorang tukang kunci dan pembuat jam dari Nurenberg, Jerman adalah penemu arloji pertama di dunia. Dia adalah pengrajin pertama yang membuat jam tangan dengan hiasan kecil yang sering dipakai sebagai liontin atau melekat pada pakaian. Penemuannya ini dikenal sebagai Jam Tangan Pomander yang dianggap sebagai jam tangan pertama dalam sejarah untuk ketepatan waktu.


Pada tahun 1505, Peter Henlein menemukan arloji pertama di dunia, Watch 1505, Pomander berlapis emas. Pada bulan November 1509, ia menjadi master di guild tukang kunci kota. Ia dikenal sebagai pembuat jam kuningan hias pegas bertenaga kecil portabel yang sangat langka dan mahal yang hanya digunakan oleh para bangsawan pada masa itu. 

Peter Henlein disebutkan dalam catatan kota sebagai pemasok jam kecil yang digerakkan oleh pegas yang diberikan sebagai hadiah untuk orang-orang penting. Dia adalah pengrajin pertama yang membuat jarum jam menjadi "Bisamkopfe" yang juga disebut "Pomander", wadah kecil yang dibuat dari bahan logam mulia untuk wewangian atau desinfektan. Menurut catatan lainnya, Pada tahun 1524, Peter Henlein menjual jam tangan Pomander Watch nya.


Pada tahun 1529, Henlein melakukan perjalanan ke Strasbourg atas nama Dewan Nurenburg, untuk sebuah globe langit. Enam tahun kemudian ia membuat arloji untuk Dewan Kota Nurenburg. Selain tiu ia juga membangun jam menara untuk Kastil Lichtenau pada tahun 1541 dan dikenal sebagai pembangun instrumen astronomi canggih.

Peter Henlein meninggal pada Agustus 1542 dan dimakamkan di Katharinenkirche, Nurenberg, Jerman.    

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook