LANGKAH-LANGKAH PERLINDUNGAN DASAR TERHADAP COVID-19

MahessaBlog | Penyakit Korona Virus 2019 atau COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 salah satu jenis dari koronavirus. Wabah ini pertamakali di catat di Wuhan, provinsi Hubei, Cina pada Desember 2019 dan telah menyebar luas dengan sangat cepat ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia.

LANGKAH-LANGKAH PERLINDUNGAN DASAR TERHADAP COVID-19

Walaupun demikian di sini Anda harus tetap mengetahui informasi terbaru tentang wabah COVID-19 yang banyak tersedia di situs who.int atau melalui otoritas publik nasional dan lokal di tempat Anda. Jaga kesehatan Anda dari bahaya COVID-19 dan lindungi orang lain dengan melakukan hal-hal berikut ini seperti yang kami lansir dari laman who.int :

1. Cuci Tangan Anda Sesering Mungkin

Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan menggunakan kandungan alkohol atau cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air.

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau yang mengandung alkohol dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.


2. Pertahankan Jarak Sosial

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter antara Anda dengan siapa saja yang batuk atau bersin.

Mengapa? Ketika seseorang batuk atau bersin, Mereka akan menyemprotkan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

3. Hindari Untuk Menyentuh Mulut, Mata dan Hidung

Mengapa? Ketika tangan menyentuh banyak permukaan yang dapat membawa virus, Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung atau mulut . Dari sana virus dapat masuk ke dalam tubuh Anda yang bisa membuat Anda tertular. 


4. Lakukan Pembersihan Pernafasan

Pastikan Anda dan orang-orang disekitar Anda, mengikuti kebersihan pernafasan yang baik, Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu atau Covid-19. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas, pergilah ke dokter untuk pemeriksaan lebih dini.

5. Tetap di Rumah

Tetap di rumah jika Anda merasa kurang sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas, cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan tempat Anda.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di wilayah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Hal ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 dan infeksi lainnya.

6. Tetap Terinformasi Dan Ikuti Saran Yang Diberikan Oleh Penyedia Layanan Kesehatan Anda.

Tetap terinformasi perkembangan terbaru tentang COVID-19. Ikuti saran yang diberikan penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 telah menyebar ke wilayah Anda dan memberikan nasehat tentang apa yang harus dilakukan orang di wilayah Anda untuk melindungi diri mereka sendiri.

Langkah-langkah perlindungan untuk orang-orang yang berada dalam atau baru-baru ini mengunjungi 14 hari terakhir di area dimana COVID-19 telah menyebar coba ikuti panduan dibawah ini:

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat bahkan seperti gejala ringan seperti sakit kepala, hidung meler sampai Anda benar-benar pulih.


Mengapa? Menghuindari kontak langsung dengan orang lain dan mengunjungi fasilitas medis akan memungkinkan lebih efektif, Membantu melindungi Anda dan orang lain dari kemungkinan terkena COVID-19 dan virus lainnya.

Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernafas, segera dapatkan saran medis karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernafasan atau kondisi serius lainnya. Hunungi dan beritahu penyedia layanan kesehatan.

Mengapa? Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Hal ini juga dapat membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 dan virus lainnya. 

Selain itu Anda juga diwajibkan untuk mengenakan masker, mengkonsumsi gizi yang seimbang dengan memperbanyak sayur dan buah, berhati-hati kontak dengan hewan, Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, Jangan mengkinsumsi daging yang tidak dimasak. Semoga Anda dan keluarga terhindar dari bahaya COVID-19 dan wabah ini segera cepat hilang dari lingkungan masyarakat. 

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook