APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG MENINGITIS, PENYEBAB GLENN FREDLY MENINGGAL

MahessaBlog | Musisi tanah air Glenn Fredly telah tutup usia pada usia 44 tahun akibat penyakit meningitis. Pihak keluarga Glen menyatakan bahwa sejak satu bulan terakhir, Beliau mulai merasa tidak nyaman atas penyakit yang dideritanya sehingga memutuskan untuk menjalani perawatan pengobatan. Meski kondisinya menurun dalam tiga hari terakhir, Namun masih bisa berinteraksi sebelum akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 8 April 2020, ungkap Mozes Latuihamalo, perwakilan dari keluarga Glenn seperti yang kami lansir dari laman kompas.com.

APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG MENINGITIS, PENYEBAB GLENN FREDLY MENINGGAL
Pasien Meningitis

Jadi apakah meningitis dan seberapa bahayakah penyakit ini sebenarnya?

Meningitis adalah peradangan pada selaput yang menutupi sumsum tulang belakang dan otak. Ada banyak kemungkinan penyebabnya seperti virus, jamur, parasit, obat-obatan dan kanker. Tetapi jenis yang sering muncul dalam berita adalah bentuk bakteri yang disebut meningitis meningokokus yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis.


Menurut Aileen Marty, MD, Profesor penyakit menular Fakultas Kedokteran Universitas Internasional Florida, Herbert  Wertheim College of Medicine, seperti yang kami lansir dari laman health.comMeningitis dapat menyebabkan kerusakan otak dan gangguan pendengaran. Dalam kasus yang sudah parah penyakit ini dapat menyebabkan kematian hanya dalam beberapa jam saja.

Meski gejala awalnya mirip dengan flu, Meningitis tetap harus diwaspadai, karena juga dapat menimbulkan kejang atau kaku pada leher. Pada bayi, penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di kepala. 


Meningitis biasanya ditularkan dari kontak dekat dengan seseorang yang sebelumnya telah terinfeksi atau melalui kontak air liur orang yang terinfeksi yang dapat terjadi ketika Anda hidup bersama atau saat mencium, kata Jessica MacNeil, seorang ahli epidemiologi di Divisi Penyakit Bakteri di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Walaupun demikian, penyakit ini tidak seperti masuk angin atau flu, Bakteri tidak dapat menyebar melalui kontak biasa, berada di ruangan yang sama dengan seseorang yang telah terinfeksi atau menghirup udara dimana seseorang telah terinfeksi penyakit meningokokus karena bakteri tidak dapat hidup lama di luar tubuh. Jadi Anda tidak dapat tertular penyakit meningitis dengan hanya menyentuh bagian permukaan luar tubuh.

Gejala bagi mereka yang telah terinfeksi penyakit Meningitis adalah demam mendadak, sakit kepala dengan leher yang sangat kaku. Gejala lainnya adalah merasa mual dan muntah, kebingunagn, kelelahan dan peka terhadap cahaya. 

Cara terbaik mencegah terinfeksi penyakit meningitis adalah melindungi diri sendiri dengan cara mencuci tangan dengan cara yang benar, kata Dr. Marty. "Mencuci tangan memang sangat diremehkan tetapi itu sangat penting," kata Dr Marty. 


Di bawah air mengalir, gosok semua celah tangan Anda selama setidaknya 20 detik. Bilas, lalu keringkan dengan handuk bersih. Cuci tangan Anda setelah pergi ke kamar mandi, sesudah makan, dan setiap kali ketika Anda berada disekitar orang sakit.

Penyakit Meningitis bisa dicegah dengan menjalani hidup sehat dan menghindari kondisi yang dapat memicu penyebaran infeksi. Guna meningkatkan kekebalan tubuh dari bakteri penyebab meningitis, lakukan vaksinasi seperti vaksin PVC  sesuai anjuran dokter.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook