10 BANGUNAN KACA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

 
Mahessa83 | Dalam arsitektur modern, Penggunaan kaca adalah salah satu fitur yang mendominasi dan dikembangkan sebagai bahan bangunan saat ini. Beberapa Bangunan Kaca banyak yang menampilkan kecantikan menakjubkan dengan inovasi yang luar biasa seperti National Centre for the Performing Arts yang ada di kota Beijing, Dancing House di Prague atau 30 St Mary Axe yang berada di kota London yang pernah menerima Penghargaan Royal Institution of British Architects (RIBA) pada tahun 2004.

Berikut 10 Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia yang kami lansir dari laman wonderlist.com untuk Anda.

10. The Botanical Garden of Curitiba

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

The Botanical Garden of Curtiba adalah salah satu Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia yang terletak di Kota Curtiba terinspirasi oleh Istana Kristal London dari abad ke-19. Bangunan ini adalah salah satu tempat wisata utama di kota ini dimana rumah kaca membentuk bagian mani taman dimana beberapa spesies tanaman tumbuh. 

Bagian art nouveau yang luasnya lebih dari 450 meter persegi adalah rumah kaca dengan bangunan elegan yang terbuat dari kaca dan logam yang dikelilingi air mancur dan air terjun.

9. Kanagawa Institute of Technology Workshop, Tokyo

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia selanjutnya adalah Kanagawa  Institute of Technology Workshop yang terletak di kanpus Kanagawa Institute, Jepang. Bangunan ini kalau bisa disebut sebagai salah satu bangunan paling transparan di dunia yang sangat luar biasa. Bangunan ini dirancang oleh Junya Ishigami and Associates.

Bangunan ini pada dasarnya adalah salah satu ruangan berukuran sekitar 2000 meter persegi hanya terdiri dari panel kaca dan kolom baja putih dengan ukuran dan bentuk yang bervaiasi. Seluruh desain bangunan seperti di dalam hutan bkan disebuah bangunan.

8. The Farnsworth House, Plano

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

The Farnsworth House adalah Bangunan Kaca Tertua Di Dunia dalam daftar kami yang dirancang oleh arsitek Ludwig Mies van der Rohe. Terletak disepanjang Sungai Fox di dekat Kota Plano. 

Ciri utama dari bangunan ini adalah transparansi yang membawa para narapidana lebih dekat ke alam. Ini adalah bangunan satu ruangan yang selesai dibangun pada tahun 1951 untuk Dr. Edith Farnsworth sebagai tempat peristirahatan dengan nuansa alam. 

The Farnsworth House ditetapkan sebagai Landmark pada tahun 2006 oleh National Historic dan sekarang dijadikan  musem.

7. Basque Health Departement Headquarters, Bilbao

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Keindahan Basque Health Departement Headquarters mungkin akan membuat Anda berpikir bahwa itu adalah sebuah galeri seni atau museum daripada sebuah gedung perkantoran. Namun bangunan kaca ini adalah kantor pusat kesehatan Basque berlantai 13 dan merupakan salah satu Bangunan Ikonik di kota Bilbao, Spanyol. 

Basque Health Departement Headquarters ini dirancang oleh Coll-Barreu Arquitectos. Fasad kaca folihedralnya memungkinkan cahaya alami masuk kedalam dan membuat interior bercahaya memantul ke langit. Bangunan ini merupakan salah satu Tempat Wisata Terpopuler Di Bilbao.

6. Hotel W, Barcelona

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Kota-kota di Spanyol bukan saja terkenal memiliki Arsitektur Abad Pertengahan Yang Menakjubkan Di Dunia tetapi juga memiliki arsitektur modern yang menakjubkan seperti Hotel W yang terletak di tepi pantai Barcelona, Spanyol. 

Bangunan yang dirancang oleh Ricardo Boffil yang selesai pembangunanya pada tahun 2009 adalah salah satu Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia dalam daftar kami. Hotel berbintang lima ini ditutupi oleh kaca yang mentransmisikan cahaya alami . Hotel yang dirancang dengan model layar membuatnya mendapat julukan "Hotel Sela" (Sail Hotel) yang dapat memberi tamu pemandangan spektakuler Laut Mediterania dari balik dinding kaca.

5. Netherlands Institute for Sound and Vision

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Terletak di Hilversum, Netherland Institute for Sound and Vision adalah salah satu Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia dalam daftar kami. Dirancang oleh arsitek Willem Jan Neutelings dan Michiel Riedijk, Bangunan berbentuk kubus dan ditutupi oleh panel kaca cor berwarna setinggi 10 lantai ini setengahnya berada dibawah tanah. Pemandangan malam bangunan kaca ini sangat memesona dan menakjubkan.

Saat ini Netherlands Institute for Sound and Vision adalah museum yang dapat menampung arsip audiovisual yang diproduksi oleh negara ini dalam waktu yang cukup lama.


4. Louvre Pyramid, Paris.

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Louvre Pyramid mungkin yang paling dikenal sebagai Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia saat ini. Louvre Pyramid sebenarnya mendapatkan banyak kritik pada awal pemabngunanya namun banyak arsitek percaya bahwa itu adalah noda pada keindahan srsitektur klasik Museum Louvre.  Namun strukturnya yang dibangun pada tahun 1989 merupakan salah satu Bangunan Ikonik Kaca Di Dunia yang dirancang oleh arsitek M. Pei.

Louvre Pyramid dibangun sebagai pintu masuk utama ke museum yang terkenal di Paris.

3. 30 St Mary Axe, London

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

30 St Mary Axe yang juga dikenal sebagai "The Gerkin" adalah salah satu Bangunan Kaca Tertinggi Di London yang dirancang oleh Norman Foster. Bangunan yang selesai pada tahun 2003 ini sebagian besar bangunan ditutupi oleh kaca tebal yang dapat meningkatkan penggunaan cahaya dan suhu alami. 

Bangunan setinggi 41 lantai menggunakan lebih sedikit energi untuk aktivitasnya dibandingkan dengan bangunan serupa. Bangunan ini pernah menerima penghargaan Royal Institution of British Architects (RIBA) Stiring Prize pada tahun 2004.

2. Dancing House, Prague

Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

Dancing House yang dikenal juga sebagai Fred and Ginger adalah salah satu Bangunan Kaca Paling Unik Di Dunia yang dibangun pada tahun 1986. Bangunan ini terletak di Praha dekat Sungai Vitava ditengan bangunan klasik tua. 

Bentuk bangunannya menyerupai sepasang penari, sebuah penghargaan untuk Fred Astaire dan Ginger Robers ini dirancang oleh arsitek Vlado Milunic dan Frank Gehry. Meski kontroversial dalam kontruksi, Banguan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia dalam daftar kami ini mendapatkan penghargaan Design of the Year oleh Majalah Time pada tahun 1996.

1. National Centre for the Performing Arts, Beijing

10 Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia

National Centre for the Performing Arts atau yang dikenal juga sebagai National Grand Theatre adalah salah satu Bangunan Kaca Paling Menakjubkan Di Dunia dalam arsitektur modern. Bangunan kaca multiguna ini dirancang oleh arsitek Prancis Paul Andreu yang dibangun pada tahun 2007. 

Bangunan ini terbuat dari titanium dan kaca yang biasa disebut "The Giant Egg" oleh penduduk setempat karena bentuknya. Bangunan yang dikelilingi oleh danau buatan ini memiliki gedung opera, ruang konser dan aula theatre yang bisa menampung lebih dari 5000 tamu.    

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook