MENUJU FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018


FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018

Mahessa Update | Festival Budaya Lembah Baliem adalah ajang penampilan seni dan kebudayaan masyarakat Pegunungan Tengah dengan penampilan atraksi utamanya "Antraksi Perang Antar Suku".

Festival Budaya Lembah Baliem merupakan Festival Tertua di Papua dimana ratusan suku tersebar di seluruh pulau dengan memamerkan budaya mereka yang menarik dan unik.Dalam festival ini wisatawan diajak untuk ikut serta dalam tarian dan berinteraksi dengan masyarakat setempat. 

BACA JUGA : 7 Wisata Sejarah Di Papua

Pada bulan Agustus 2018, sorotan dunia wisata akan kembali lagi menuju lanskap yang megah dan budaya Pulau Papua yang eksotis dan sangat menawan diujung timur Indonesia ketika Festival Budaya Lembah Baliem 2018 berlangsung dari tanggal 7 - 10 Agustus 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Walesi di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Indonesia.  

Ini adalah kesempatan yang hanya ada setiap tahun  dimana semua suku yang berbeda dari dataran tinggi Wamena dan Lembah Baliem seperti Suku Dani, Lani dan Yali berkumpul untuk merayakan festival tahunan mereka.

Festival Lembah Baliem 2018 adalah peperangan tribal kolosal yang luar biasa yang merupakan pertunjukkan spektakuler kecakapan dan ketangkasan bertempur diantara suku-suku yang melibatkan sekitar 26 kelompok yang terdiri dari 30-50 prajurit. Peperangan lebih merupakan tampilan kompentesi dan memamerkan kostum dan dekorasi daripada niat untuk menyakiti atau membunuh.

Walaupun demikian, festival ini tetap akan mendebarkan hati. Peperangan tiruan ini masih menampilkan bentrokan yang memukau diantara kelompok yang bersenjata lengkap membawa tombak panjang sepanjang 4-5 meter, busur dan juga panah.

FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018

Pertarungan pura-pura ini akan diiringi oleh musik tradisional khas Papua, Pikon, sebuah alat musik tradisional yang terbuat dari kulit pohon yang menghasilkan nada yang akan menentangkan jiwa saat di tiup.Bahkan diantara penduduk setempat tidak banyak yang dapat memainkan instrumen ini karena memerlukan ketrampilan khusus.

Selain menyajikan atraksi perang-perangan, Festival Budaya Lembah Baliem 2018 juga menyajikan berbagai tarisn tradisional, pertunjukan musik, pertunjukan teater, lomba babi lucu, lomba memanah, lempar tombak, permainan rakyat tradisional Sikoko dan Puradaan, pertunjukan memasak khas Papua, pameran kerajinan tangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terletak di dataran tinggi Pegunungan Jayawijaya di Pulau Papua, Baliem adalah lembah hijau yang cantik dan eksotis yang tersembunyi dibalik perbukitan yang menjulang. Disinilah seseorang dapat berpetualang ke titik tertinggi di Indonesia yaitu Carstensz Pyramid yang dikenal sebagai Puncak Jaya.

BACA JUGA : 7 Kekayaan Papua Barat Yang Tak Ternilai Harganya

FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018

Berada pada ketinggian 4.884 mdpl. banyak petualang dan pendaki gunung tertarik menjelajahi Carstensz Pyramid untuk mencapai gletser abadi yang sangat langka di dunia. Selain itu ditempat ini juga terdapat Danau Habema yang merupakan Danau Tertinggi Di Indonesia yang sering juga disebut "Danau Diatas Angin" dengan panorama yang sangat menakjubkan.

Terletak di jantung Pulau Papua, Lembah Baliem juga merupakan tempat dimana Anda dapat mengamati beberapa tradisi dan budaya asli Papua yang paling otentik. Disini Anda dapat melihat orang-orang memakai pakaian tradisional yang disebut Koteka, rumah tradisional Papua yang bernama Honai, tradisi memasak "Batu Bakar" atau "Batu Panas" dan banyak lagi yang lainnya.

FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018

Di dalam Lembah Baliem, Anda juga dapat melihat Mumi Tua yang berharga dari kepala desa dan bekas pertempuran yang telah diawetkan dengan cara tradisional. Ada tiga mumi disini, mampirlah ke Distrik Kurulu, Distrik Assologaima atau ke Distrik Kurima.

Perlu diketahui bahwa Festival Budaya Lembah Baliem telah menjadi tujuan favorit bagi para fotografer, baik profesional maupun amatir. Karena Festival Lembah Baliem menawarkan kesempatan langka untuk menyaksikan cara hidup asli orang Papua serta tradisi seni dan budaya mereka yang unik.

BACA JUGA : Misteri Penemuan Tembok Lurus Di Bawah Laut Papua

Video Festival Lembah Baliem 2018




Akses Menuju Lembah Baliem

Untuk sampai ke Lembah Baliem, Ambilah penerbangan dari Jakarta, Bali atau Makassar ke Jayapura, Ibukota Provinsi Papua. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju bandara Wamena yang sepenuhnya telah di modernisasi.

Jangan lewatkan kesempatan unik ini untuk melihat yang terbaik dan berbaur dengan penduduk setempat yang siap menyambut Anda dengan ramah dalam Festival Lembah Baliem 2018.
      
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook