DUA RUMAH KUNO BERUSIA 4.500 TAHUN DITEMUKAN DI DEKAT PIRAMIDA GIZA


DUA RUMAH BERUSIA 4.500 TAHUN DITEMUKAN DI DEKAT PIRAMIDA GIZA
Kredit : Hak Cipta 2016 oleh Asosiasi Riset Kuno Mesir


Mahessa Update | Para arkeolog di Mesir telah berhasil menemukan dua rumah kuno berusia 4.500 tahun di dekat Piramida Giza, Mesir. Bangunan ini mungkin merupakan tempat tinggal pejabat yang bertanggung jawab untuk mengawasi konsumsi makanan untuk para pekerja bangunan piramida lebih dari 4.500 tahun yang lalu.


Para arkeolog menemukan dua bangunan ini di sebuah pelabuhan kuno di Giza yang berkembang pada saat Piramida Menkaure sedang dibangun di Giza. (Menkaure adalah seorang firaun yang memerintah Mesir Kuno dari sekitar 2490 SM sampai 2472 SM).

Salah satu dari bangunan ini mungkin telah ditempati oleh pejabat yang bertugas mengawasi pemeliharaan dan penyembelihan hewan untuk makanan. Sementara seorang imam yang merupakan bagian dari sebuah lembaga yang disebut "Wadaat" mungkin telah tinggal di rumah lain, kata para arkeolog.

Segel yang ditemukan di dekat tempat tinggal pastor yang dicurigai menyebutkan wadaat, sebuah lembaga Mesir Kuno yang pendetanya bisa menjadi pejabat tinggi di pemerintahan, kata Mark Lehner, direktur Penelitian Mesir Kuno, organisasi yang memimpin penggalian dua rumah berusia 4.500 tahun tersebut. Kediaman ini melekat pada bangunan yang mungkin telah digunakan untuk malting yang menunjukkan bahwa penghuninya mengawasi operasi pembuatan bir dan memanggang pada saat itu, kata Lehner.

Kedua Rumah Berusia 4.500 tahun terletak di dekat serangkaian bangunan yang disebut geleri, yang mungkin umtuk menampung pasukan paramiliter di Giza, kata Lehner. Galeri-galeri ini mungkin dapat menampung sekitar 1.000 orang. Setiap makanan yang di produksi di dekat dua tempat tinggal itu mungkin dimaksudkan terutama untuk orang yang tinggal di galeri, meskipun beberapa makanan bisa mencapai orang yang bekerja di Piramida Menkaure, kata Lehner.


Hanya makanan yang diperlukan untuk memberi makan mereka yang tinggal di galeri akan sangat besar. Jumlah gandum yang dibutuhkan emmer mungkin mencapai 877.54 kilogram per hari., Di hitung Claire Malleson, archaeobotanist dengan Mesir Kuno Research Associates, dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam buku "Exploring the Materiality of Food Stuffs" (Routledge, 2017).

Orang-orang harus memanggang gandum yang enak ini dan mengubahnya menjadi roti. Mereka yang tinggal di galeri dan bekerja di Piramida Menkaure juga akan membutuhkan banyak daging.

Pelabuhan Kuno

Kedua rumah berusia 4.500 tahun tersebut terletak di tempat yang diyakini Lehner sebagai "pelabuhan nasional pada masanya' dengan barang dan bahan yang berasal dari seluruh Mesir dan Mediterania Timur.

Para arkeolog sebelumnya telah menemukan tempat tinggal lain di pelabuhan kuno ini seperti rumah dengan 21 kamaryang digunakan oleh juru tulis yang bekerja di pelabuhan.

Sebuah pelabuhan kemungkinan juga beroperasi di Giza ketika Piramida Besar sedang dibangun atas nama Firaun Khufu yang memerintah Mesir Kuno sekitar 2551-2528 SM. Sebuah buku catatan yang ditulis oleh seorang inspektur yang bernama Merer, yang hidup selama tahun ke-27 pemerintahan Khufu. tampaknya mengandung referensi ke pelabuhan tersebut. Saat ini  buku catatan ini masih dalam proses dipecahkan.


Selanjutnya penggalian Dua Rumah Berusia 4.500 Tahun ini akan dilanjutkan pada tahun 2019.

   
Sumber : LiveScience.com


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook