PENEMUAN RODA KAYU BERUSIA 3.000 TAHUN DARI ZAMAN PERUNGGU

Penemuan Roda Kayu Berusia 3.000 Tahun Dari Zaman Perunggu


Penemuan Roda Kayu Berusia 3.000 Tahun  Dari Zaman Perunggu

Mahessa83 - Sebuah roda kayu berusia 3.000 tahun dari sisa-sisa kota prasejarah yang runtuh di Peterborough, Inggris Timur telah ditemukan oleh tim arkeologi. Roda kayu dari zaman perunggu ini adalah yang terbesar dan masih terawat dengan baik yang diperkirakan berasal dari 1100-800 SM.

Dengan ukuran 3 kaki (1 meter) dengan hub yang masih utuh, Roda Kayu ini di gali pada sebuah ladang pertanian di Peterborough seperti yang dilansir dari England Historic yang juga mendanai penggalian ini.

"Roda kayu yang sangat luar biasa ini walau kondisinya sudah rapuh adalah contoh lengkap paling awal yang pernah di temukan di Inggris",  kata Duncan Wilson, Chief Executive of England Historic. Dia juga mengatakan bahwa penemuan ini akan memperluas pemahaman tentang kecanggihan teknologi dari orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut pada 3.000 tahun yang lalu.

Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1999 dan telah digambarkan sebagai "Peterborough in Pompeii" . Pompeii adalah sebuah kota Romawi yang hancur ketika Gunung Vesuvius meletus pada tahun 79 M. Abu dari letusan gunung berapi ini meninggalkan kota dengan masih terawat baik dengan lukisan dan graffiti yang rumit dan masih utuh pada dinding bangunannya. Seperti Pompeii, Situs ini membeku dalam waktu yang lama karena adanya bencana.

Para arkeologi mengatakan selain menemukan rumah-rumah kayu, beberapa benda langka seperti piring kayu, peralatan dari kayu, pakaian yang terbuat dari serat pohon jeruk nipis bahkan guci yang berisi sisa-sisa makanan yang mungkin ditinggalkan waktu kebakaran terjadi.

Penemuan Roda Kayu Berusia 3.000 Tahun  Dari Zaman Perunggu

Sebagian kawasan pertanian ini juga pernah di gali pada tahun 2006 lalu , Namun situs tersebut terhenti dan dilanjutkan kembali setelah mendapatkan dana sebesar £ 1,1 juta ($. 1.580.000 AS) selama 8 bulan penggalian. Para arkeologi juga mengatakan akan menggali parit seluas 12.000 kaki persegi (1.100 meter persegi) yang sampai saat ini telah setengahnya dikerjakan.

Pada petunjuk lain, orang-orang disini sangat cerdas dalam hal transportasi. Delapan kapal juga telah ditemukan dari Zaman Perunggu dari sungai yang samap pada tahun 2011. Roda yang bru ditemukan ini menunjukkan bahwa orang-orang disini melakukan perjalanan dan memiliki hubungan dengan tanah kering di luar sungai.

Secara teknis, penemuan roda baru ini bukan yang tertua dari Zaman Perunggu yang ditemukan di Inggris. Penemuan Roda Tertua pernah ditemukan di dekat situs tersebut yang berasal dari sekitar tahun 1.300 SM. Namun artefak tersebut kurang lengkap dan lebih kecil sekitar berdiamter 2,6 kaki (0,8 meter) dibandingkan dengan yang ditemukan sekarang ini.  


sumber: LiveScience

    

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook