BELGOROD, KAPAL SELAM TERPANJANG DI DUNIA


BELGOROD, KAPAL SELAM TERPANJANG DI DUNIA
Kapal Selam Belgorod

MahessaBlog | Rusia telah meluncurkan kapal selam terpanjang di dunia. Kapal selam dengan misi khusus Belgorod dirancang untuk mendukung beberapa misi militer Rusia termasuk torpedo bertenaga nuklir strategis jangka panjang Posedeon. Kapal selam Belgorod merupakan kapal selam terbesar dari apapun yang dioperasikan oleh pasukan Angkatan Laut lainnya termasuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal selam dengan panjang 600 kaki ini dapat menyelam hingga kedalaman 1.700 kaki.

Kapal selam yang diluncurkan pada 23 April 2019 di galangan kapal Sevmash, Rusia ini disaksikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin melalui satelit.


Kapal selam Belgorod secara resmi dikenal sebagai Project-09852 yang pada awalnya merupakan kapal selam rudal jelajah Oscar kelas II yang harus diselesaikan oleh pemerintah Rusia. Hull kapal selam tersebut belum selesai hingga Moskow memutuskan untuk menyelesaikannya sebagai kapal selam dengan misi khusus.

Lambung kapal diperpanjang hingga sekitar 184 meter dan perpindahan kapal mengelembung hingga 30.000 ton terendam lebih dari lima puluh persen lebih besar dari kapal selam rudal balistik kelas Ohio milik Angkatan Laut AS. 

BELGOROD, KAPAL SELAM TERPANJANG DI DUNIA
Belgorod, Project AKA 09852

Walaupun kapal selam Belgorod merupakan kapal selam bertenaga nuklir tetapi bukanlah kapal selam tempur atau kapal selam rudal balistik. Kapal selam Belgorod merupakan kapal selam induk bagi kapal-kapal bawah laut lainnya. Kapal selam ini dapat membawa muatan dipunggungnya, dibelakang layar atau kapal selam mini kelas Losharik yang menempel dan terlepas ke bagian bawah lambung.


Menurut HI Sutton, Otoritas yang tercatat dalam perang bawah laut, Kapal selam Belgorod dapat dikawal oleh Angkatan Laut Rusia dan dioperasikan oleh GUGI, organisasi rahasia Direktorat Penelitian Deep Sea. Sutton telah menyaksikan perkembangan kapal selam Belgorod dari jauh. 

BELGOROD, KAPAL SELAM TERPANJANG DI DUNIA
Torpedo nuklir jarak jauh Poseidon

Pengamatan Sutton dari jauh sebagian besar sudah benar, tetapi ia juga memperingatkan beberapa detail kesalahan. "Rusia pada umumnya lebih sukses daripada AS dalam melindungi kapal selam terbarunya dari kamera yang tidak diinginkan". Menurut Sutton, baru minggu-minggu ini dokumen-dokumen yang diduga bocor dari pengarahan triad nuklir untuk Presiden Trump termasuk pemangkasan kapal selam rudal balistik kelas Kolombia yang belum dibangun. 

BELGOROD, KAPAL SELAM TERPANJANG DI DUNIA
Kapal selam mini Losharik

Salah satu misi utama Sutton percaya bahwa kapal selam Belgorod dimaksudkan sebagai penempatan rahasia jaringan deteksi kapal selam Harmony, sebagai sistem deteksi bawah air bertenaga nuklir. Harmony dapat membantu mengingatkan pasukan Rusia tentang kapal selam musuh yang transit pada area-area utama. 


Namun kunci dari pekerjaan mereka adalah penyebaran rahasia mereka, sesuatu yang praktis dilakukan oleh kapal selam Belgorod. Misi lain dari kapal selam Belgorod adalah melakukan operasi rahasia dengan kapal selam Losharik yang juga bertenaga nuklir sepanjang 230 kaki yang dilengkapi dengan lengan robot dan mampu menyelam pada kedalaman 1.000 meter. 

Selain itu kapal selam Belgorod juga dapat membawa kendaraan bawah air otonom Harpsichord-2P-PM  dengan mengangkutnya ke area operasi dan kemudian menggunakan sonar untuk memetakan dasar laut atau menemukan bend-benda buatan manusia.

Meskipun kapal selam Belgorod dibangun untuk melakukan spionasu bawah laut, sejauh ini misi yang paling menyeramkan bagi kapal selam Belgorod adalah sebagai kendaraan peluncuran sistem torpedo nuklir Poseidon. 


Poseidon adalah torpedo yang sangat besar dengan panjang 65 kaki dan diameter 6,5 kaki dengan jangkauan ribuan mil dengan kecepatan tertinggi hingga 60 knot. Poseidon diyakini membawa hulu ledak termonuklir 2 megaton dan rirancang untuk mengelilingi pertahanan rudal AS untuk menyerang pantai-pantai dan kota-kota di AS. Menurut HI Sutton, kapal selam Belgorod dapat membawa hingga 6 torpedo Poseidon berhulu ledak nuklir.


Editor : Rey Mahessa
Sumber : PopularMechanics.com. 

  


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook