OTAK PALING TERKENAL DI DUNIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Otak Paling Terkenal Di Dunia  


Mahessa83 | Otak yang terlihat pada gambar dibawah ini dianggap sebagai Otak Paling Terkenal Di Dunia. Otak miliki seorang pria bernama Henry Gustav Molaison yang juga dikenal sebagai "Pasien HM" ini menjadi Otak Paling Terkenal Di Dunia karena memiliki ingatan hanya beberapa menit saja akibat operasi otak yang dilakukannya pada tahun 1953 untuk menyemuhkan penyakit epilesi yang dideritanya.

Otak Paling Terkenal Di Dunia
 Otak paling terkenal di dunia dalam cetakan Gelatin

Kini Otak Paling Terkenal Di Dunia miliki Molaison berada pada cetakan plexiglass yang menunggu disematkan di gelatin, dibekukan, diiris, dicelup, dipasang dan dipindai.

Henry Molaison lahir pada tanggal 26 Februari 1926 dan menderita epilesi yang sangat parah akibat kecelakaan sepeda yang terjadi pada saat ia berusia 9 tahun. Molaison menderita kejang selama bertahun-tahun sebelum akhirnya dirujuk ke ahli bedah saraf di Rumah Sakit Hartford.

Kemudian Henry Molaison menjalani operasi pada tahun 1953. Walaupun penyakit epilesinya dapat disembuhkan tetapi dia tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan memori baru dalam otaknya, sebuah kondisi yang dikenal dengan sebutan amunisi anterograde. Henry Molaison hidup selama 55 tahun berikutnya setelah menjalani operasi tanpa bisa membentuk memori baru dalam otaknya dan pada saat itu otak Henry Molaison dipelajari oleh Komunitas Ilmiah untuk mengetahui penyebab Otak Henry Molaison tidak dapat menyimpan memori baru.

Otak Henry Molaison menjadi Otak Paling Terkenal Di Dunia karena sangat penting bagi para ilmuwan untuk mengetahui bagian mana dari otak yang dapat menyimpan memori baru pada manusia dan juga dapat mengetahui posisi yang tepat dari mana fungsi memori otak berasal (hippocampos).

Terlepas dari kehilangan memori otak, Henry Molaison masih bisa belajar banyak hal seperti menjadi lebih baik dalam bekerja melalui labirin meskipun ia tidak pernah ingat pernah melakukan labirin. Dia juga bisa mengingat sebagian dari hidupnya dari sebelum operasi yang menunjukkan bahwa ada berbagai jenis ingatan (jangka panjang, jangka pendek, sadar dan tidak sadar) dan semuanya tidak terlokalisasi di hippocampus. Ingatan adalah konsep yang benar-benar abstrak.


Ketika Henry Molaison meninggal pada bulan Desember 2008, Dia setuju untuk menyumbangkan otaknya ke The Brain Observatory di UC San Diego. Sejak saat itu Otak Molaison telah di iris menjadi 2.401 dengan ketebalan tujuh puluh mikron dan saat ini telah dipindai dengan resolusi sangat tinggi sehingga otak Molaison menjadi Otak Paling Terkenal Di Dunia.

Nah itulah Otak Paling Terkenal Di Dunia milik Henry Molaison yang kami lansir dari laman Amusing Planet dan semoga dapat menambah wawasan kita semua.   

        

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "OTAK PALING TERKENAL DI DUNIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.