UNESCO TETAPKAN KALDERA TOBA SEBAGAI GLOBAL GEOPARK

UNESCO TETAPKAN KALDERA TOBA SEBAGAI GLOBAL GEOPARK

MahessaBlog | Badan Eksekutif  Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada sidang ke-209 di Paris tertanggal 07 Juli 2020 menetapkan Kaldera Toba di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia sebagai Global Geopark. Melalui penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan Kaldera Toba melalui Global Geoparks Network dan Asia Pasific Geoparks Network, terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat lokal," kata Armanatha Nasir, Duta besar Indonesia untuk Perancis bersamaan dengan Andorra, Monaco dan UNESCO seperti yang kami lansir dari laman kemlu.go.id.


Selama ini Pemerintah Indonesia telah berhasil meyakinkan UNESCO bahwa Kaldera Toba memiliki potensi geologis yang menopang kehidupan masyarakat setempat sehingga membentuk budaya yang kaya, tradisi dan keanekaragaman hayati, kata duta besar Indonesia untuk Perancis. Ia juga menambahkn bahwa dalam konteks ini, negara-negara anggota UNESCO mendukung pelesatarian dan perlindungan Kaldera Toba sebagai bagian dari Global Geopark UNESCO.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Koferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia pada tanggal 31 Agustus - 2 September 2019  


Dengan ditetapkannya Kaldera Toba sebagai Global Geoparks diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan khususnya di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Dan pada saat yang sama pemerintah dan masyarakat setempat wajib melestarikan lingkungan di Kaldera Toba.

Kaldera Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia terbentuk dari ledakan super volcano gunung berapi Toba pada 74.000 tahun yang lalu. Saat ini dasar kaldera dipenuhi air dan menjadi danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba dengan luas 1.130 kilometer persegi yang saat ini sebagai salah satu tujuan wisata andalan Indonesia dan masuk dalam daftar "10 Bali Baru".


Selain Kaldera Toba, Indonesia juga sudah memiliki empat situs Global Geopark UNESCO yaitu Geopark Gunung Batur di Pulau Bali, Geopark Ciletuh di Provinsi Jawa Barat, Geopark Gunung Sewu di Provinsi Jogjakarat, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta Geopark Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook