DIMANAKAH MAKAM CLEOPATRA BERADA?

DIMANAKAH MAKAM CLEOPATRA BERADA?

MahessaBlog | Dalam 15 tahun terakhir, sebuah tim yang dipimpin oleh Kathleen Martinez telah hampir berhasil menemukan makam Cleopatra disebuah situs yang bernama "Taposiris Magna" yang berada sekitar 50 kilometer barat Alexandria, Mesir. Pada situs ini tim menemukan tumpukan koin yang dicetak pada masa pemerintahan Cleopatra. Laporan serupa tentang penemuan makam cleopatra di dekat situs ini juga muncul dalam berita pada tahun 2019 seperti yang kami lansir dari laman LiveScience.com.


Seperti diketahui bahwa makam Cleopatra telah hilang selama lebih dari 2.000 tahun. Ratu terakhir Mesir ini telah menjadi sumber inspirasi bagi para arkeolog dan masyarajkat dalam beberapa dekade terakhir ini. Kekasih Julius Cesar dan Marc Anthony melakukan aksi bunuh diri setelah kalah perang dan ditangkap oleh Kaisar Romawi Oktavianus pada 30 SM. Dia melakukankannya dengan cara mernyuntikannya dengan ular berbisa yang disebut asp dan kemudian dimakamkan bersama dengan Marc Anthony disebuah makam besar, klaim penulis kuno.

Tetapi menurut para peneliti dan ahli arkeolog bahwa kecil kemungkinannya Cleopatra dimakamkan di Taposiris Magna. Para ahli lainnya lebih percaya bahwa Cleopatra dimakamkan dibawah air di Alexandria. 


Menurut mantan menteri Arkeologi Mesir, Zahi Hawass, "Tidak ada bukti sama sekali bahwa makam Cleopatra bisa berada di situs Taposiris Magna". Karena selama lebih 10 tahun bekerjasama dengan Martinez di situs ini tidak menemukan bykiti bahwa Cleopatra dan Anthony dimakamkan disana. Saya lebih percaya bahwa Cleopatra dimakamkan disebelah istananya yang sekarang berada di bawah laut dan Hawass yakin bahwa makam Cleopatra tidak akan pernah dapat ditemukan.

Hal ini disebabkan karena selama 2 milenium terakhir erosi pantai telah menghancurkan bagian-bagian Alexandria termasuk menghancurkan istana Cleoptara yang sekarang berada di dasar laut. Jika makam itu tidak berada di dalam laut ada kemungkinan besar bahwa nakam Cleopatra telah dihancurkan pada suatu saat di zaman kuno atau makam Cleoptara kini telah terkubur dibawah bangunan-bangunan modern di Alexandria.

Hingga saat ini belum ada proyek pencari makam Cleopatra di dasar laut meskipun pada proyek-proyek sebelumnya telah melaihat Istana Cleopatra di dasar laut Alexandria.


Cleopatra adalah penguasa terakhir dari Ptolemeus Soter, salah satu Jenderal Alexander Agung. Cleopatra juga merupakan seorang diplomat, laksamana, administrator, poligiot dan ahli ilmu pengobatan. Cleopatra lahir pada 69 SM dan wafat pada 30 SM. meskipun para penulis kuno mengatakan bahwa Alexander dimakamkan di Alexandria, tetapi para arkeolog tidak pernah menemukannya.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook