CEGAH PENYAKIT KANKER DAN JANTUNG DENGAN JAMUR ENOKI


JAMUR ENOKI

MahessaBlog | Sejak zaman dahulu, jamur telah digunakan oleh manusia sebagai bahan makanan dan obat tradisional di negara Asia yang salah satunya adalah Jamur Enoki (Flammulina velutipes), salah satu jenis jamur yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Tiongkok. Bentuknya yang mirip dengan touge putih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia yang salah satunya adalah dapat mencegah penyakit kanker dan jantung 

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Jamur Enoki banyak tumbuh pada musim dingin di dekat pohon berdaun jarum. Selain banyak tumbuh liar dibawah pepohonan, Jamur Inoki juga banyak dibudidayakan oleh petani Jepang dari pohon yang telah gugur seperti pohon plum, maple atau pohon birch. 

Selain banyak digunakan dalam berbagai masakan sup Jepang, Korea, masakan Cina dan Vietnam, Jamur Enoki ternyata mengandung banyak serat, protein, vitamin B dan mineral. Satu mangkuk jamur enoki mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet.

Apa saja manfaat jamur enoki bagi kesehatan Anda? Berikut ulasannya.

Membantu Mencegah Kanker

Jamur Enoki bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker karena kandungan vitamin dan nutrisinya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Bawang Hijau Bagi Kesehatan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1989 oleh Research Institute of National Cancer pernah meneliti bahwa nutrisi jamur enoki dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa angka penyebab kematian akibat kanker berkurang di wilayah Nagano, Jepang dibandingkan dengan daerah lainnya.

Dr. Tetsuke Ikekawa, ahli Epidemologi dari Tokyo yang juga merupakan kepala penelitian ini menduga kondisi ini dikarenakan daerah Nagano merupakan pusat budidaya Jamur Enoki yang artinya masyarakat disana lebih sering mengkonsumsi Jamur Enoki dibandingan dengan masyarakat daerah lainnya.

Selain itu study yang melibatkan hewan percobaan juga menemukan bahwa jamur enoki dapat mengurangi aktivitas pertumbuhan tumor dan sel kanker hati.

Dalam penelitian lainnya, dari Oncology Reports juga memperlihatkan bahwa Jamur Enoki diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Walaupun demikian diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat jamur enoki untuk mencegah perkembangan kanker pada manusia.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Sudah bukan rahasia umum bahwa jamur memiliki manfaat yang baik untuk para penderita penyakit kardiovaskular. Tingginya serat pada jamur enoki dapat membantu proses metabolisme serta mampu menyerap kolesterol lebih banyak. Selain itu ada penelitian yang menemukan bahwa jamur enoki mengandung senyawa polisakarida dan mikosterol yang mempunyai efek dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penyakit Kanker

Hal ini dibuktikan melalui uji coba dengan menggunakan Hamster yang mengkonsumsi ekstrak jamur enoki. Dari uji coba tersebut terlihat bahwa Hamster tersebut memiliki kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol LDL yang lebih rendah.

Ketiga komponen tersebut merupakan faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi jamur enoki dapat bermanfat penting untuk mencegah penyakit jantung dan kanker pada manusia. 

Cara Mengkonsumsi Jamur Enoki

Biasanya Jamur Enoki digunakan dalam makanan - makanan berbau Asia. Selain itu jamur ini juga banyak digunakan sebagai bahan salad, sup dan juga sering digoreng bersama sayuran dan daging. 



Editor: Rey Mahessa
Sumber:ncbi.nlm.nih.gov

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook