TIM ARKEOLOGI TEMUKAN HARTA KARUN DEWA SUPERNATURAL DI DANAU TITICACA ANDES

TIM ARKEOLOGI TEMUKAN HARTA KARUN DEWA SUPERNATURAL DI DANAU TITICACA ANDES
Seorang penyelam melakukan pencarian di dasar Danau Titicaca/Teddy Seguin


MahessaBlog | Tim penyelam arkeologi baru-baru ini telah berhasil menemukan harta karun dewa persembahan di Danau Titicaca Andes berupa puma yang diukir dari batu permata berlapis lazuli biru, medali emas dan liontin batu pirus di dasar danau yang mungkin dipersembahkan untuk dewa supernatural pada ratusan tahun yang lalu oleh orang-orang dari Budaya Tiwanaku, sebuah suku yang membentuk negara besar pertama di Pegunungan Andes seperti yang kami lansir dari laman livescience.com.


Selain menemukan harta karun Dewa Supernatural, para penyelam juga menemukan sebuah pulau kecil di dekat tengah Danau Titicaca yang saat ini berada dibawah permukaan air danau yang diyakini oleh para peneliti sebagai tempat persembahan di danau ini.

Menurut Christine Hastorf, seorang profesor antropologi dari University of California, Berkeley, "Sangat mudah untuk melihat mengapa pulau kecil ditengah danau ini menjadi tempat persembahan yang sangat sakral karena tempat ini berada di pusat danau yang luas,".

Danau Titicaca Surga Para Penyelam

Para penyelam sebenarnya telah mengetahui sejak puluhan tahun yang lalu bahwa Dasar Danau Titicaca menyimpan banyak harta karun. Danau Tertinggi di Dunia yang melintasi batas antara Peru dan Bolivia. 

Baca Juga : 7 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia


TIM ARKEOLOGI TEMUKAN HARTA KARUN DEWA SUPERNATURAL DI DANAU TITICACA ANDES
Para peneliti menemukan artefak batu semimulia, seperti patung puma berlapis lazuli di dasar Danau Titicaca/Teddy Seguin

Penemuan harta karun di dasar Danau Titicaca pertama kalinya terjadi pada tahun 1977, ketika penyelam amatir Jepang di Bolivia menemukan daerah berbatu yang dikenal sebagai Khoa Reef di Pulau Matahari di Danau Titicaca. Terumbu karang di dasar danau memiliki artefak yang sangat luar biasa. Pecahan pembakar dupa keramik berbentuk seperti kucing dan kotak-kotak berisi patung mini yang dibuat dari Cangkang Spondylus, tiram berduri ditemukan di dasar danau.

Ekspedi penyelaman selanjutnya dilakukan pada tahun 1988 dan 1989 - 1992  Di Khoa Reef dan berhasil menemukan 385 artefak yang sangat luar biasa seperti tulang llama, keramik, batu, emas dan perak. Beberapa artefak yang ditemukan ini juga berasal dari Suku Inca (Suku Inca menganggap Danau Titicaca sebagai pusat kosmos dan asal-usul umat manusia, jadi tidaklah mengherankan jika merekajuga mempersembahkannya). 

Baca Juga : 10 Hewan Mengerikan Penghuni Sungai Amazon

Namun karena karang berbatu telah menghasilkan sedimen dan bergeser dari waktu ke waktu yang cukup lama, Ketua peneliti studi Christophe Delaere, seorang arkeolog dari Pusat Oxford di Inggris dan rekan-rekannya memutuskan untuk melakukan penggalian sistematis di situs Danau Titicaca.

Pada tahun 2013, Penyelaman yang dilakukan oleh tim arkeolog berhasil menemukan banyak artefak yang bisa menjelaskan akan kepercayaan dan ritual keagamaan Tiwanaku, kata peneliti studi Jose Capriles, assisten profesor antropologi di Penn State University yang salah satunya adalah penemuan arang di situs bawah air Danau Titicaca yang menunjukkan bahwa bidaya Tiwanaku telah membakar beberap persembahan.

Selain pembakar dupa kucing, para peneliti juga menemukan ornamen dari logam seperti medali emas yang diukir dewa berwajah sinar Tiwanaku dan artefak dari batu semimulia. Selain itu para penyelam juga menemukan tulang peliharaan dari llma (Llama glama) yang berasal dari tahun 794 - 964 masehi, waktu yang sesuai dengan berdirinya negara Tiwanaku.

Pada bagian karang juga terdapat tulang-tulang burung air seperti teal dan burung kormoral, katak, killifish dan lele yang munkin karena mati disana secara alami bukan sebagai hewan persembahan. Namun hewan lainnya mungkin diperlakukan sebagai hewan persembahan seperti Spondylus yang berasal dari perairan lautan hangat di lepas pantai Ekuador yang berjarak sekitar 2.000 kilometer dari Danau Titicaca. 


Studi ini terbilang spektakuler karena termasuk tiga penggalian sistematis daripada daripada mengambil secara acak dari bawah air, yang merupakan apa yang kita miliki sebelumnya. Selain itu penemuan ini menunjukkan keragaman bahan yang dianggap cukup layak untuk ditawarkan kepada para dewa yang bahkan hingga hari ini orang-orang Aymara menganggap Danau Titicaca memiliki kekuatan mistis

         
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook