MUMI PEJABAT KHUWY DITEMUKAN DI KOMPLEK PIRAMIDA DJEDKARE ISESI, MESIR

MUMI PEJABAT KHUWY DITEMUKAN DI KOMPLEK PIRAMIDA DJEDKARE ISESI, MESIR
Sisa-sisa mumi yang ditemukan dimakam Khuwy telah banyak dirampok oleh perampok zaman Mesir Kuno/Kementerian Kepurbakalaan Mesir.

MahessaBlog | Sisa-sisa mumi seorang pejabat tinggi bernama Khuwy telah berhasil ditemukan di sebuah makam kuno berusia 4.400 tahun di Selatan Saqqara, Mesir seperti yang kami lansir dari laman livescience.com.

Baca Juga : Peneliti Temukan Puluhan Makam Mumi Berusia 2.300 Tahun di Mesir

Makam kuno berusia 4.400 tahun ini berada disebuah komplek piramida yang dibangun untuk Firaun Djedkare Isesi, yang telah memerintah Mesir dari tahun 2381 SM hingga 2353 SM. Menurut tim arkeologi, Warna-warna hieroglif dan dekorasi makam ini masih terpelihara dengan sangat baik meskipun telah berusia lebih dari 4 milenium.

MUMI PEJABAT  KHUWY DITEMUKAN DI KOMPLEK PIRAMIDA DJEDKARE ISESI, MESIR
Selain menemukan Makam Khuwy, Tim peneliti juga menyelidiki Piramida Djedkare Isesi yang berada disampingnya. Sebuh prasasti yang ditemukan menunjukkan bahwa piramida ini dibangun untuk Ratu Setibhor/Kementerian Kepurbakalaan Mesir.

Selain hieroglif dan banyak gelar Khuwy seperti "pengawan khentiu-dia dari rumah besar" salah satu dari sepuluh Mesir Hulu menunjukkan bahwa dia adalah administrator senior di pengadilan firaun". 

Baca Juga : Arkeolog Temukan Makam Imam Mumi Berusia 2.300 Tahun Di Mesir

Desain terinspirasi oleh Piramida

Di dalam kompleks makam, tampak koridor yang menurun mengarah ke ruang depan (area pintu masuk yang berbetuk seperti lorong). pintu masuk di dinding selatan ruang depan mengarah ke ruang depan dengan gambar yang menunjukkan bahwa Khuwy sedang duduk di depan meja persembahan. Sementara dua pintu masuk di dinding barat ruang depan mengarah ke ruang pemakaman.

Di samping ruang pemakaman, tim arkeolog menemukan sisa-sisa sarkofagus batu kapur yang dirampok dan hampir hancur sejak zaman kuno. Sementara sisa-sisa mumi khuwy ditemuakn diruangan yang sama.

Desain kompleks makan sangat mirip dengan kamar yang dibangun di bawah piramida selama periode dinasti kelima Mesir (2465 SM - 2323 SM).

Baca Juga : Penemuan Mumi Dinasti Ke-17 Di Mesir 

Lebih Banyak Penemuan

Penemuan Mumi Pejabat Khuwy ini dipimpin oleh Mohamed Megahed, seorang arkeolog dari Kementerian Kepurbakalaan Mesir yang juga turut menyelidiki piramida yang terletak di samping Djedkare Isesi yang menemukan bahwa itu adalah milik seorang ratu bernama Setibhor.

Selain itu juga ditemukan juga sebuah prasasti dalam kolom yang berbunyi, "Orang yang melihat Horis dan Het, yang agung tongkat kerajaan, pujian yang hebat, istri raja, Setibhor yang disayanginya,".

Menurut sebuah pernyataan, para arkeologi telah mengetahui tentang keberadaan piramida itu, sampai sekarang namun mereka tidak menyadari bahwa piramida ini dibangun untuk sang ratu. "Ukuran besar komplek Piramida Ratu Setibhor dan gelarnya sebagai istri raja mengindikasikan mungkin intervensi langsungnya dalam membantu suaminya, Raja Djedkare )Isesi) naik tahta Mesir,". Menurut sebuah pernyataan dari Institute Ceko dari Egyptology.

Baca Juga : Sejarah Mumi Di Tanah Papua, Indonesia

Selain terus menyelidiki keberadaan Mumi Pejabat Khuwy, Tim juga melakukan pekerjaan restorasi pada piramida firaun Djedkare Isesi.   

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook