PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018


PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018

Mahessa Update | Sejak tahun 1999 hingga kini, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Indonesia memulai sebuah pertunjukkan sebagai daya tarik wisata melalui pelestarian atraksi seni dan budaya dalam bentuk pagelaran "Festival Budaya Lembah Baliem". Peserta yang terlibat adalah seluruh warga masyarakat dari 40 Distrik di Kabupaten Jayawijaya dengan menampilkan berbagai bentuk atraksi seni dan budaya sebagai sarana daya tarik wisata, baik wisatawan lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Untuk acara Festival Budaya Lembah Baliem 2018 ini akan dipusatkan di Lembah Baliem, Wamena, Kabupaten Jayawiajaya, Provinsi Papua, Indonesia pada tanggal 7 - 9 Agustus 2018. 

Nah bagi Anda yang tertarik menikmati alam Papua sekaligus mendalami seni dan budaya Papua, berikut Panduan Lengkap Menyaksikan Festival Budaya Lembah Baliem 2018.


PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018
Bandara Wamena

Untuk mengunjungi kota Wamena (Lembah Baliem) hanya dapat dicapai melalui jalur transportasi udara dari Bandara Santani (Jayapura) Ibukota Provinsi Papua. Cukup banyak maskapai penerbangan udara dan pelayaran laut yang dapat melayani perjalanan Anda menuju Pulau Papua. Bandar Udara Dantani di Jayapura merupakan pusat transportasi udara yang melayani semua rute penerbangan di Papua, termasuk menuju Kabupaten Wamena. 

Selanjutnya dari Bandar Udara Sentani perjalanan dilanjutkan ke Wamena dengan menggunakan jasa penerbangan komersial jenis boeing atau ATR seperti Trigana Air Service, Wings Air, Express Air dan juga jasa penerbangan jenis Cessna seperti Susi Air, MAF Aviation dan AMA Aviation. Jadwal penerbangan dari Bandar Udara Sentani menuju Wamena dimulai pada pukul 08.00 WIB - 14.00 WIT dengan pelayanan 4 kali penerbangan setiap harinya.

Harga tiket pesawat dari Bandar Udara Sentani menuju Wamena bervariasi antara Rp. 599.000 - Rp. 924.000. Harga ini sudah termasuk airport tax di Bandara Jayapura.

Informasi pembelian tiket bagi PT. Trigana Air Services dan Lion Air Group sudah dapat dibeli secara online namun jasa penerbangan lainnya belum dapat dilakukan secara online dan harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Maka sebaiknya Anda sudah melakukan pembelian tiket PP (Sentani-Wamena-Sentani) dari tempat asal Anda.

Setibanya di Bandara Wamena, ada banyak taksi bandara yang menawarkan jasa mengantarkan Anda menuju penginapan atau hotel maupun ke lokasi wisata lainya. Harga sewa untuk sekali jalan dari Bandara Wamena menuju penginapan paling jauh dalam kota harga sekitar Rp.50.000,- - Rp. 150.000,-. Sementara harga sewa kendaraan roda empat (pukul 06.00 WIT - 18.00 WIT) tergantung jarak dan jauhnya perjalanan berkisar antara Rp. 800.000 - 1 juta rupiah. 

Jasa transportasi darat lainnya di Wamena adalah Becak dan Ojek yang harganya sewanya disesuaikan dengan jauh dekatnya jarak yang Anda tempuh dengan perhitungan biaya per orang. Kisaran harga terdekat Rp. 10.000,- selebihnya akan dikenakan lipatan Rp. 5.000 atau Rp. 10.000,-  tergantung Anda pintar-pintar menawar harga.

Semua harga jasa transportasi tersebut sebaiknya melakukan penawaran dan kesepakatan bersama sebelum Anda menggunakan jasa angkutan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadi kesalahpahaman dan kekecewaan.

AKOMODASI Menuju Festival Budaya Lembah Baliem 2018

Hotel

PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018
Baliem Valley Resort

Jumlah akomodasi hotel dan penginapan di Wamena sebanyak sekitar 20 penginapan seperti Baliem Valley Resort dan Baliem Pilamo Hotel yang menyediakan fasilitas kamar dan pelayanan yang lebih baik. Baliem Pilamo Hotel terletak di jalan Trikora atau berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Wamena.  

Biaya

Baliem Pilamo Hotel menawarkan pelayanan dengan menyediakan klarifikasi harga kamar standart berkisar Rp. 450.000/malam dengan menawarkan kuliner spesial kota Wamena yaitu masakan "Udang Selingkuh" dan "Jus Terong Belanda".

PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018
Baliem Pilamo Hotel

Sementara di Baliem Valley Resort, 1 bungalow dapat menampung 2-5 orang dengan kisaran harga sekitar Rp. 800.000,- s/d 1.200.000,-. dengan fasilitas 1 bed untuk 2 orang, kamar mandi dalam, shower air panas dingin, ruang tamu dan American Breakfast serta ada pelayanan extra bed.

Selain fasilitasnya cukup lengkap, kedua hotel ini di dukung oleh panorama yang masih tetap terjaga keasriannya dengan pemandangan pegunungan  yang cantik menawan.

Sementara bagi Anda yang ingin bermalam ditempat yang jauh dari keramaian dan hingar bingarnya kota, Baliem Valley Resort bisa menjadi pilihan Anda. Penjemputan atau pengantaran dapat dilakukan dari Bandara Wamena.

Restoran dan Cafe

Seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Wamena juga memiliki beberapa rumah makan (restaurant) yang dapat dijadikan pilihan bagi Anda. Rumah makan yang ada juga menawarkan kuliner khusus jenis kuliner kota Wamena. Kuliner tersebut terkenal dengan masakan "Udang Selingkuh". Disebut Udang Selingkuh karena kuliner ini berasal dari Sungai Baliem yang memiliki capit yang salah satunya berbentuk capit udang sementara capit lainnya berbentuk capit kepiting. Kata selingkuh menandakan bahwa jenis udang ini merupakan hasil turunan jenis udang yang berselingkuh dengan kepiting.

BACA JUGA : Kemegahan Banyuwangi Ethno Carnival 2018

PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018

Udang Selingkuh

Makanan tradisional Wamena lainnya yang dapat Anda cicipi adalah Bakar Batu Wam (daging babi panggang) namun tidak semua rumah makan menyediakan masakan tradisional ini, hanya beberapa rumah makan saja yang melayani jenis masakan yang menggunakan daging babi ini (wam).

Sementara kuliner Indonesia lainnya dapat juga Anda jumpai di Wamena seperti Coto Makassar, Nasi Pecel, Nasi Campur, Rumah Makan Padang dan lain sebagainya. Hampir sebagian besar rumah makan di Wamena menyajikan makanan halal, jadi Anda tidak perlu kuatir untuk menikmatinya.

PANDUAN LENGKAP MENYAKSIKAN FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM 2018
Lembah Baliem


Jadwal Lengkap Festival Budaya Lembah Baliem 2018

Selasa, 7 Agustus 2018

08.30 - 09,30  Persiapan Menuju Lokasi

09.30 - 10.00  Menuju Lokasi Kegiatan

10.00 - 10.30  Pembukaan
  1. Pembukaan oleh MC
  2. Menyanyikan lagu "Indonesia Raya".
  3. Pembacaan Do'a
  4. Laporan Ketua Panitia
  5. Sambutan Bupati Jayawijaya dan Menteri Pariwisata Republik Indonesia.
10.30 - 11.00  Prosesi Adat Nikah Massal yang diikuti 100 pasutri.
11.00 - 11.30  Penyerahan 100 akte nikah kepada pasutri
11.30 - 11.45  Penyerahan Rekor MURI untuk proses nikah massal terbanyak.
11.45 - 12.00  Kunjungan ke Lokasi Pemeran Budaya
12.00 - 13.00  Istirahat
13.00 - 16.00  Atraksi Perang-Perangan

Rabu, 8 Agustus 2018
09.00 - 16.00  Atraksi
  1. Bakar Batu
  2. Perang-Perangan
  3. Tarian Tradisional
  4. Permainan Musik Pikon
  5. Permainan Sikoko dan Puradan
  6. Permainan Musik Witawo
  7. Menyulam Tradisional
  8. Karapan Babi
  9. Lempar Tombak
Kamis, 9 Agustus 2018
09.00 - 12.00  Atraksi Perang-Perangan
12.00 - 13.00  Istirahat
14.35 - 15.00  Persiapan Penutupan
15.00 - 16.00  Penutupan Festival Budaya Lembah Baliem 2018
  1. Pembukaan oleh MC
  2. Laporan Ketua Panitia
  3. Sambutan dan Penutupan Bupati Jayawijaya
  4. Penyerahan hadiah secara simbolis
  5. Pembacaan Do'a
  6. Penutup
 


sumber:festivallembahballiem.id      


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook