PENELITI TEMUKAN CUMI MISTERIUS PALING ANEH DI TELUK MEXICO


Cumi Misterius Paling Aneh
Ribuan meter dibawah permukaan laut, Cumi-cumi Misterius Paling Aneh Di Teluk Mexico melakukan tarian berbalik.
Credit : NOAA Office of Ocean Exploration and Research, Teluk Mexico 2018. 

Mahessa Update | Pada tanggal 17 April 2018, Mike Vecchione, seorang ahli zoologi penelitian di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) berhasil menemukan Cumi Misterius Paling Aneh Di Teluk Mexico. Cumi misterius yang dikontradisi ini mungkin menjadi Cumi Paling Aneh yang pernah dilihat manusia. 
Mahluk laut dalam yang tidak biasa yang terlihat untuk pertama kalinya dalam sebuah penyelaman di Teluk Meksiko. Mike melihat sebuah penampalan seekor cumi-cumi yang telah berubah bentuk menjadi sedemikian rupa sehingga nyaris tidak menyerupai cumi-cumi sama sekali.

Baca Juga : 10 Hewan Terpintar Di Bumi

Penyelaman ini adalah bagian dari misi eksplorasi samudra untuk menyelidiki habitat laut dalam di Teluk Meksiko. Ekspedisi ini menggunakan kapal penelitian NOAA "Okeanos Ekplorer" yang berlangsung dari tanggal 11 April hingga 3 Mei 2018.

Dari kapal Okeanos para peneliti mengirim kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) untuk menangkap video komunitas laut beresolusi tinggi dan memetakan geografi habitat laut di dasar samudra. Peneliti Okeanos ini sering berbagi pembaruan dari penyelaman mereka seperti foto, video dan mempostingnya di web mereka.

Video yang dibagikan di Youtube oleh Okeanos menunjukan Cumi-cumi yang saat itu melayang terbalik di air dekat gundukan bawah laut pada kedalaman sekitar 850 meter. Menurut perwakilan NOAA, Spesies Cumi Misterius ini dianggap dari genus Discoteuthis.

Dalam video tersebut, Tubuh Cumi Misterius Paling Aneh ini tampaknya melengkung ke dalam sangat dramatis. lengan dilipat kedalam, seolah-olah dalam posisi bertahan. tetapi dengan empat anggota badan diperpanjang dengan kaku di luar. Apa yang sedikit bisa dilihat dari tubuh dan bentuk tungkainya agak mirip dengan Cumi-cumi dari genus Psychroteuthidae. Sementara untuk postur pertahanannya yang terlihat meringkuk umum terdapat pada cumi-cumi, dalam hal ini ia tidak terlihat seperti cumi-cumi lagi," kata Vecchione.

Selama dalam penyelaman para ilmuwan Okeanos melihat cumi-cumi bengkok. Mereka juga memata-matai mahluk aneh lainnya pada kedalaman sekitar 675 meter. Lobster Buta (Acanthacaris caeca) terlihat pada ekornya menyebarkan penjepit yang lebar dalam pose yang umum yang terdapat pada spesies ini. Dan Gosefish yang terlihat sangat pemarah yang diratakan atau dipipihkan/ Lophiodes beroe sejenis anglefish muncul pada kedalaman 640 meter dengan umpan pemikat yang memikat dari wajahnya.

Sorotan dari ekspedisi Okeanos termasuk ikan yang berjalan di dasar laut seperti gurita pucat yang mungkin mewakili genus barudan satu-satunya pengamatan dari midmeal bintang laut yang lapar mengunyah makan malamnya.

Untuk saat ini, spesies dan perilaku cumi-cumi misterius tetap menjadi teka-teki yang menarik bagi para ilmuwan.

"Ini pengamatan yang sangat luar biasa," kata Vecchione dalam video Cumi Misterius Paling Aneh itu. "Kami berharap bisa memberitahumu tentang Cumi Misterius Paling Aneh Di Dunia itu", kata Vecchione lebih lanjut.

Berikut Video Cumi Misterius Paling Aneh ini.



Sumber: LiveScience
    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook