10 SUNGAI TERBESAR DI DUNIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Sungai Terbesar Di Dunia


Mahessa83 | Sungai sangatlah penting dalam membentuk sejarah dunia. Mayoritas masyarakat lama dan sangat maju telah terbentuk dan tumbuh di sepanjang beberapa Sungai Terbesar Di Dunia ini. Selain itu sungai-sungai ini telah menjadi saksi turunnya berbagai kerajaan dan juga sebagai tempat pertempuran yang dimenangkan dan sebagian lainnya telah hilang. 

Sungai sangat bermanfaat bagi manusia karena mereka menyediakan sumber makanan, air minum, sarana pengangkutan barang berharga dari satu negara ke negara lain dan juga menyediakan lahan yang subur. Sungai juga merupakan rumah bagi berbagai jenis hewan. Dalam artikel ini kami akan membawa Anda menuju 10 Sungai Terbesar Di Dunia berdasarkan panjangnya, area drainase serta debit air rata-rata seperti yang kami lansir dari laman wonderlist.com.


10. Sungai Amur

Sungai Amur

Panjang : 4.444 kilometer
Area Drainase :  1.855.000 kilometer persegi
Debit Rata-rata : 11.400 kubik per detik.

Sungai Amur berada pada posisi sepuluh sebagai Sungai Terbesar Di Dunia dan paling menonjol di Federasi Rusia. Sungai ini terletak di perbatasan Rusia dan China. Panjangnya sekitar 4.444 kilometer. Amur memiliki 20 anak sungai namun yang utama ada disebelah kiri Bureya, Zeya, Amgen dan Shilka. Sementara yang berada disebelah kanannya adalah Ergune, Huma, Songhua dan Ussuri. 

Sungai Amur adalah rumah bagi banyak burung teutama Orientak White Stalks dan juga sturgeon Kaluga yang menabrak kapal nelayan dan menenggelamkan nelayan. Sungai ini juga memiliki sekitar 120 jenis ikan.

9. Sungai Kongo

Sungai Kongo

Panjang : 4.700 kilometer
Area Drainase : 3.680.000 kilometer persegi
Debit rata-rata : 41.800 kubik per detik

Selain sebagai Sungai Kesembilan Terbesar Di Dunia, Sunga Kongo juga merupakan Sungai Terdalam Di Dunia dengan kedalaman mencapai 230 meter dibawah permukaan bumi. Sungai ini sebelumnya dikenal sebagai Sungai Zaire yang panjangnya sekitar 4.700 kilometer dengan cekungan drainasenya sekitar 3.680.000 kilometer persegi dengan jumlah air yang dilepaskan.Sungai ini mengalir sepanjang Hutan Hujan Terbesar Kedua Di Dunia.

8. Sungai Parana

Sungai Parana

Panjang : 4.480 kilometer
Area Drainase : 2.582.672 kilometer persegi
Debit rata-rata : 18.000 meter kubik per detik

Sungai Parana merupakan Sungai Kedelapan Terbesar Di Dunia dalam daftar kami yang memiliki area drainase sekitar 2.582.672 kilometer persegi. Panjangnya sekitar 4.480 kilometer yang dapat Anda temukan di Amerika Selatan. Sungai Parana berasal dari bahasa Tupi atau yang berarti "laut". Ia mengalir melewati tiga negara yaitu Pataguay, Argentina dan Brasil. Di antara sungai di Amerika Selatan, Sungai Parana merupakan Sungai Nomor dua setelah Sungai Amazon. Ini menggabungkan dengan Sungai Paraguay terlebih dahulu dan kemudian dengan Sungai Uruguay dibagian hilir membentuk Rio de la Plata. Sungai Parana kemudian mengalir ke Samudra Atlantik.

7. Sungai Ob

Sungai Ob

Panjang : 5.410 kilometer
Area drainase : 2.990.000 kilometer persegi
Debit rata-rata : 12.800 meter kubik per detik

Sungai Ob merupakan Sungai Ketujuh Terbesar Di Dunia. Panjangnya sekitar 5.410 kilometer dan area drainasenya sekitar 2.990.000 kilometer persegi dengan debit rata-rata sekitar 12.800 kubik per detik. Ini adalah salah satu Sungai Siberia yang mengalir ke Samudra Arktik. Di Altai Krai barat daya Biysk dipertemuan Sungai Biya dan Sungai Katun yang membentuk 16 mil. Ini dibagi menjadi tiga bagian menurut jaringanya. Formasi rezim air dan kondisi pasokan. Bagian atas sungai dapat ditemukan di pegunungan dan anak sungainya adalah Sungai Anouilh, Sungai Aley, Sungai Sandy, Sungai Katun, Sungai Biya dan Sungai Charysh.

6. Sungai Kuning

Sungai Kuning

Panjang : 5.464 kilometer
Area Drainase: 745.000 kilometer persegi
Debit rata-rata :2.110 meter kubik per detik.
Sungai Kuning adalah sungai terbesar keenam di dunia dan sungai terpanjang ke-2 di Cina. Sungai ini memiliki panjang sekitar.5.464 kilometer dan area drainase 745.000 kilometer persegi dan debit rata-rata sekitar 2.110 meter kubik per detik. Daerah hulu terbentang di Pegunungan Kunlun yang ditemukan di Provinsi Qinhai di sisi barat laut di sepanjang Laut Bohai melewati sembilan provinsi. Bagian atas sungai di mulai di Provinsi Qinhai sampai Hekouzhen. Orang-orang di daerah ini menggunakan air dari sungai untuk irigasi hingga berakhir di Delta Laut Bohai.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei

Panjang : 5.539 kilometer
Area drainase : 2.580.000 kilometer persegi
Debit rata-rata : 19.600 meter kubik per detik
Sungai Yensei merupakan salah satu Sungai Terbesar Di Dunia dan juga merupakan Sungai Terbesar Kedua Di Cina dengan panjang sekitar 5.539 kilometer dan area drainase sekitar. 2.580.000 kilometer persegi dengan debit air rata-rata sekitar 19.600 meter kubik per detik. Di sebut sungai kuning karena airnya berlumpur berwarna kuning. Ia membawa kira-kira 1.6 juta ton lumpur yang sangat subur yang dapat mendukung pertandian kapas dan gandum di Cina.


4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi

Panjang : 6.275 kilometer
Area drainase : 2.980.000 kilometer persegi
Debit rata-rata : 16.200 meter kubik per detik
Sungai Mississippi adalah Sungai Terbesar Keempat Di Dunia yang mengaliri seluruh wilayah Amerika Serikat. Sungai Mississippi mengalir dalam belokan memutar perlahan-lahan sejauh 2.320 mil ke selatan dan naik ke Minnesota barat. Anak-anak sungai utama adalah Sungai Missouri yang berada di barat dan Sungai Ohio yang ada di timur. Sungai ini mengalir ke 31 negara bagian di AS dan dua provinsi di Kanada. Sungai ini juga merupakan salah satu jalur air komersial yang paling aktif di dunia dengan banyak mofifikasi dan kontrol manusia.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Panjang : 6.300 kilometer
Area drainase: 1.800.000 kilometer persegi
Debit rata-rata ; 31.900 meter kubik per detik

Sungai Yangtze adalah Sungai Terbesar Ketiga Di Dunia dan Sungai Terbesar Di Cina. Sungai ini adalah sungai yang sangat menarik bagi perhatian wisatawan. Dengan memiliki Wisata Budaya dan cerita sepanjang hayatnya. Panjangnya sekitar 6.300 kilometer dengan luas drainase sekitar 1.800.000 kilometer persegi dan debit rata-rata sekitar 31.900 kubik per detik. 

Yangtze berasal dari Tanggula dan di Cina Barat di sebuah provinsi bernama Qinhai dan melewati sebalah daerah lainnya yaitu Shanghai, Chongqing, Yunnan, Hunan, Tibet, Jiangsu, Sichuan, Hubei, Qinghai dan Anhui hingga bermuara ke Laut Cina Selatan.

2. Sungai Nil

Sungai Nil

Panjang : 6.853 kilometer
Area Drainase : 3.254.555 kilometer persegi
Debit rata-rata : 2.800 meter kubik per detik

Sungai Nil adalah Sungai Terbesar Kedua Di Dunia dengan panjang 6.853 kilometer. area drainasenya sekitar 3,254.555 kilometer persegi dan debit rata-rata sekitar 2.800 meter kubik per detik. Ia mengalir melalui Gurun Sahara dan bermuara ke Laut Mediterania. Hanya ada dua anak sungai yaitu Sungai Biru Nil di Etiopia dan Sungai Nil Putih di Rwanda yang bertemu di Sudan.

Pemukiman utama di sekitar sungai ini adalah di Luxor. Khartoum, Kairo dan Aswan. Sungai ini juga mengaliri sebelas negara yaitu Kenya, Sudan, Burundi, Sudan Selatan, Kongo, Eritrea, Uganda, Rwanda, Tanzania, Mesir dan Etiopia.

Sungai Nil pada umumnya dianggap sebagai Sungai Terpanjang Di Dunia, Namun sumber konflik lainnya mengutip pada sebuah penelitian di tahun 2007 yang memberi judul bahwa Sungai Amazon di Amerika Selatan adalah Sungai Terpanjang Di Dunia.

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Panjang : 8.992 kilometer
Area drainase : 7.050.000 kilometer persegi
Debit rata-rata : 209.000 meter kubik per detik

Sungai Amazon adalah Sungai Terbesar Di Dunia dengan luas dan jaraknya hampir 30 mil melewati Hutan Hujan Amazon. Sungai ini merupakan rumah bagi beragam jenis ikan, pepohonan, tumbuhan dan hewan. Sungai ini memiliki panjang sekitar 8.992 kilometer dengan area drainase sekitar 7.050.000 kilometer persegi dan luas debit rata-rata sekitar 209.000 meter kubik per detik dan bermuara ke Samudra Atlantik.

Namun perubahan iklim mempunyai dampak yang sangat besar pada sungai kita. Juga merupakan ancaman yang signitifkan terhadap sumber daya sungai dan pasokan air bagi miliaran orang di seluruh dunia. Pemanasan Global telah memberikan kontribusi yang signitifkan terhadap kekurangan air di seluruh dunia mengenai kekeringan.

Oleh karena itu diperlukan tindakan yang harus dilakukan untuk menghentikan kerusakan lebih lanjut pada Sungai Terbesar Di Dunia yang sangat berharga milik kita ini.


Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 SUNGAI TERBESAR DI DUNIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.