PARA ARKEOLOG TEMUKAN BATU MISTERIUS BERBENTUK MANUSIA BERUSIA 4.000 TAHUN

BATU MISTERIUS BERBENTUK MANUSIA
Salah satu batu misterius berbentuk manusia yang ditemukan di Finstown, Orkney / @Orkney.Com

MahessaBlog | Para arkeolog menemukan sembilan benda pahatan batu misterius yang tersebar disekitar perapian kuno di Daratan Orkney, sebuah kepulauan di lepas Pantai Skotlandia. Batu-batu misterius berbentuk manusia ini diperkirakan berasal dari 4.000 tahun yang lalu dan menyerupai sosok manusia dengan tubuh besar, leher, dan kepala yang berbeda.
Batu-batu yang memiliki tinggi 1,6 kaki (0,5 meter) ini ditemukan dalam struktur yang terdiri dari tiga batu, semacam struktur penguburan berbentuk kotak, dua perapian dan cincin parsial dari lubang-lubang yang diisi dengan pecahan batu seperti yang kami lansir dari laman LiveScience.com.

Walaupun tidak diketahui apa tujuan bangunan ini dibangun, Tetapi benda-benda berbatu berukir yang baru ditemukan ini cukup penting, karena mereka tergabung dalam struktur salah satu perapian dan fondasi untuk salah satu batu berdiri.

Selain itu masih tidak begitu jelas apakah batu misterius berbentuk manusia ini berasal dari tahun 2.000 SM sengaja dibuat menyerupai manusia atau dibentuk seperti itu unutk tujuan lainnya. Batu-batu ini diukir dengan bentuk seperti kepala, bahu dan tubuh dengan menggunakan teknik yang disebut mematuk yaitu memotong batu dengan alat runcing yang beberapa diantaranya sangat mirip dengan bentuk manusia sementara yang lainnya lebih datar seperti natu tegak yang digunakan sebagai beban. Bobot batu-batu ini bisa digunakan sebagai penahan tali yang dapat membantu menahan atap bangunan.

Baca Juga : Misteri Penemuan Batu Tertua di Dunia Berusia 3,3 Juta Tahun

"Sebelumnya masih sangat jarang orang menemukan representasi tentang struktur prasejarah di Orkney dan ketika ditemukan mereka biasanya ditemukan secara individu atau dalam kelo,pok yang sangat kecil," kata Collins Richards dari University of the Highlands dan Istitute Arkeologi Kepulauan dalam sebuah pernyataan. "Jika mereka adalah patung-patung, untuk menemukan sembilan angka dalam satu struktur tentunya sangat menarik,".

Selain menemukan patung batu misterius berbentuk manusia, Tim arkeologi juga menemukan tanda-tanda bahwa orang-orang kuno bekerja di tanah 4.000 tahun yang lalu. Di parit terdekat, mereka menemukan tanda silang panjang yang kemungkinan dibuat oleh orang Ard atau pembajak prasejarah.   


Editor: Rey Mahessa
Sumber: LiveScience.com

    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook